Pengaruh Teknik Self-Regulation Terhadap Sikap Sopan Santun Siswa

Juliana Arshy, Cici Ismuniar, Ni Made Diah Padmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan bimbingan kelompok dengan teknik Self-Regulation terhadap sikap sopan santun siswa. Sikap sopan santun merupakan perilaku seseorang yang menghargai, tidak sombong dan berakhlak mulia dengan cara menghormati orang yang lebih tua, menyapa jika bertemu dengan orang lain, berbicara dengan nada lembut dan bahasa yang santun. Ciri cirinya tidak permisi atau menegur saat berpapasan dengan guru, memanggil teman dengan nama binatang dan menyanggah guru ketika sedang berbicara, dan Self-Regulation merupakan proses metakognisi yang mengatur proses perencanaan, pemantauan/monitoring, dan evaluasi diri dalam aktivitas belajar seperti cara berfikir, pemantauan proses belajar, mengulangi pelajaran agar tercapai tujuan belajar, penguasaan pengetahuan dan keterampilan bagi individu serta pengaturan jadwal belajar guna untuk mencapai tujuan dalam belajar. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design, dengan populasi sebanyak 100 siswa dan menggunakan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling sebanyak 10 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah skala sikap sopan santun. Teknik analisis data dari hasil hipotesis paired sample t-test yang diperoleh Ha diterima dikarenakan nilai signifikan 0.000 < 0,05 dan nilai t hitung -6.688 < 1.833. Sehingga ada pengaruh bimbingan kelompok dengan teknik Self-Regulation terhadap sikap sopan santun siswa.


Full Text:

PDF

References


Fahrudin, Faiz. (2018). Penanaman Karakter Sopan Santun di SDN Ngabeyan 03 Kartasura. (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Inzlicht, M., Werner, K. M., Briskin, J. L., & Roberts, B. W. (2021). Integrating models of self-regulation. Annual review of psychology, 72, 319-345.

Ismuniar, Cici. (2018). Rancangan Intervensi untuk Meningkatkan Self Regulation sebagai Upaya Preventif Terhadap Perilaku Seksual Pra Nikah Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (Studi Kasus Pada Siswa SMP Swasta X Di Kota Tarakan). (Tesis). Universitas Padjadjaran: Sumedang.

Kamal Pasaribu, Ira. (2017). Pengaruh Bimbingan Kelompok terhadap Sopan Santun Siswa Kelas XI Mas PP Irsyadul Islamiyah Tanjung Medan Kabupaten Labuhanbatu Selatan. (Skripsi). Universitas Islam Negeri: Medan.

M. Yasdar; Muliyadi. (2018). Penerapan Teknik Regulasi Diri (self regulation) untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa Program Studi Bimbingan Konseling STKIP Muhammadiyah Enrekang. Edumaspul – (Jurnal Pendidikan), 2(2).

Moffitt, T. E., Arseneault, L., Belsky, D., Dickson, N., Hancox, R. J., Harrington, H., ... & Caspi, A. (2011). A gradient of childhood self-control predicts health, wealth, and public safety. Proceedings of the national Academy of Sciences, 108(7), 2693-2698.

Novita Sari, Dewi.. (2023). Pengaruh Teknik Self Management Terhadap Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas VIII SMP Negeri 14 Tarakan (Skripsi). Universitas Borneo Tarakan : Tarakan.

Nur Ramadhani, Firdayanti dkk. (2022). Penerapan Teknik Self Regulation Learning untuk Meningkatkan Kedisplinan Belajar Siswa. Cakrawala Ilmiah Mahasiswa – RIEN: Makassar. 2(1).

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6).

Rahman,A., Munandar, S.A, dkk. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1).

Sitorus, Rosita. (2021). Upaya Meningkatkan Sikap sopan Santun Siswa melalui Layanan Bimbingan Kelompok pada Siswa Kelas XI. Journal of Education Action Research: Sumatera Utara. 5(1).

Subagja, Slamet dkk. (2021). Upaya Guru BK dalam Membentuk Karakter Sopan Santun Peserta didik Kelompok A di Taman Kanak Kanak Labora Islam: Jambi. 1(1).

Wardah, F., Hastuti, D., & Krisnatuti, D. (2019). Pengaruh Metode Sosialisasi Orangtua Dan Kontrol Diri Terhadap Karakter Sopan Santun Remaja. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Inspirasi Bimbingan dan Konseling