Komunikasi Interpersonal Siswa (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri Tarakan)

Indah Indah, Siti Rahmi, Nurul Fadilah

Abstract


Komunikasi Interpersonal merupakan proses penyampaian informasi yang dilakukan oleh komunikator kepada komunikan secara tatap muka sehingga menimbulkan komunikasi timbal balik atau dengan kata lain orang yeng menerima informasi tidak hanya seorang tapi bisa lebih dari seorang. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan komunikasi interpersonal siswa yang menjadi subjek kunci di Madrasah Aliyah Negeri Tarakan. Penelitian ini mendeskripsikan kurangnya komunikasi interpersonal pada siswa yang menjadi subjek kunci, hal tersebut dipicu oleh sistem sekolah yang berbasis agamais dengan menerapkan segregasi gender, selain itu minimnya interaksi antar sesama warga sekolah hingga saling tidak mengenal satu sama lain. Fokus dalam penelitian ini adalah pemenuhan komunikasi interpersonal pada subjek kunci berdasarkan pada indikator keterbukaan, sikap positif dan empati. Jenis penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, terdiri dari 1 informan kunci dan 2 informan pendukung. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, metode Miles dan Huberman: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dengan mendeskripsikan hasil penelitian ini berdasarkan wawancara dan dokumentasi yang ada, maka kurangnya komunikasi interpersonal pada siswa tidak menjadikan siswa terbelakang dari siswa aktif lainnya dari segi kepribadian diri maupun sisi akademiknya di sekolah.

Full Text:

PDF

References


Aestetika, Nur Magfirah. 2021. Buku Ajar Komunikasi Interpersonal. Sidorajo: UMSIDA PRESS

Afrilia, A. M., & Anisa, S. A. 2020. Buku Ajar Komunikasi Interpersonal. Magelang: Pustaka Rumah C1nta.

Ahmadi, R. 2020. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: AR – RUZZ Media.

Agustriyana, N.A., & Suwanto, I. 2017. Fully Human Being Pada Remaja Sebagai Pencapaian Perkembangan Identitas. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 2(1), 9-11.

Anggraini, Citra., dkk. 2022. Komunikasi Interpersonal. Jurnal Multi Disiplin Dehasen, Vol. 1, No. 3.

Assyakurrohim, Dimas., dkk. 2023. Metode Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains dan Komputer, Vol 3, No. 1.

Dermawan, Abdul Aziz. 2018. Komunikasi Interpersonal Guru dan Siswa dalam Proses Pembelejaran Pendidikan Agama Islam di SMP Swasta AL-Hikmah Marelan. Skripsi. UIN Sumatera Utara. Sumatera Utara.

Desmita. 2017. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fadilah, N. 2022. Bimbingan Kelompok Dengan Metode Halaqah Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa. Bisma The Journal of Counseling, 6(3).

Hurlock, Elizabeth. B. 1991. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

Nabila, S. F. 2022. Perkembangan Remaja Adolescence.

Rahmi, Siti. 2021. Komunikasi Interpersonal Dan Hubungannya Dalam Konseling. Aceh: Syiah Kuala University Press.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhanti, I. Y., Puspitasari, dkk. 2020. Keterampilan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa UM. In Seminar Nasional Psikologi Klinis (pp. 37-39).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Inspirasi Bimbingan dan Konseling