PERAN ORANGTUA SISWA DALAM MENYIKAPI PERKEMBANGAN ANAK YANG BERADA DI KELAS AUTIS SLB NEGERI KOTA TARAKAN

Yanti Ramadhani, Nurul Fadilah, Emmy Ardiwinata

Abstract


Peran orangtua sangat penting bagi kehidupan anak terutama pada anak berkebutuhan khusus dalam mengasuh, mendidik, membimbing serta bertanggung jawab terhadap perkembangan anak. Akan tetapi kenyataannya orang tua masih merasa malu ketika mengetahui bahwa perilaku dan komunikasi anaknya berbeda dengan anak pada umumnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran orangtua siswa dalam menyikapi perkembangan anak yang berada dikelas autis SLB Negeri Kota Tarakan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek terdiri dari dua orang yaitu, wali kelas dan orangtua. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini wawancara dan dokumentasi, serta teknik analisis data yang digunakan metode yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini peran orangtua dalam menyikapi perkembangan anak autis sangat penting dan sangat diperlukan dalam perkembangan anak. Terutama dalam gangguan komunikasi, perilaku dan emosi pada anak autis. Peran orangtua dalam komunikasi masih kurang dikarenakan kurangnya perhatian serta bimbingan secara khusus yang diberikan oleh orangtua, gangguan perilaku orangtua bersikap acuh dan tidak acuh terhadap anaknya, tidak peduli terhadap perilaku yang terjadi pada anak, gangguan emosi anak orangtua belum mengetahui dan belum memiliki cara khusus untuk membuat rasa nyaman dan mengendalikan emosi anak dengan sendiri, orangtua masih memerlukan bantuan dari beberapa ahli dalam perkembangan komunikasi, perilaku dan emosi yang terjadi pada anak.


Full Text:

PDF

References


Aquarisnawati, P. (2005). Deteksi Gangguan Emosi Pada Anak Autisme Melalui Bender Gestalt. Fakultas Psikologi Universitas 17 Agustus 1945.

Bahi, T., Tasik, F., & Mumu, R. (2021). Peranan Orangtua Dalam Menunjang Tingkat Pendidikan Anak Pada Masa Pandemi Covid 19 di Desa Saolat Kecamatan Wasile Selatan Kabupaten Halmahera Timur. Jurnal Holistik.

Desiningrum, D. R. (2016). Psikosain. Yogyakarta.

Dewi, R., Inayatillah, & Yullyana, R. (2018). Pengalaman Orangtua Dalam Mengasuh Anak Autis di Kota Banda Aceh. Psikoislamedia Jurnal Psikologi, Volume 3 Nomor 2, ISSN:2548-4044.

Lakshita, N. (2013). Panduan Simpel Mendidik Anak Autis. Yogyakarta: Perpustakaan Nasional Katalog dalam Terbitan (Javalitera).

Muniroh, S. M. (2010, November). Dinamuka Resiliensi Orang Tua Anak Autis. Jurnal Penelitian, 7.

Nuha, F., Putri, A., & Triswanti, N. (2020, September). Hubungan Antara Karakteristik Orangtua Dengan Stres Pengasuhan Pada Orangtua Anak Gangguan Spektrum Autisme. Jurnal Psikologi Malahayati, Volume 2, No.2, 36-47.

Pardede, N., & Febrianti, R. (2019). Studi Kasus Terhadap Peran Orangtua Dalam Menangani Anak Bekebutuhan Khusus (AUTIS) di Dusun Garonggang Desa Marisi Kecamatan Angkola Timur. Ristekdik (Jurnal Bimbingan dan Konseling), Vol 4, No.2, hlm.122-126.

Puspita, D. (2003). Kiat Praktis Mempersiapkan dan Membantu Anak Autis Mengikuti Pendidikan di Sekolah Umum.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Kualitatif dan Kuantitatif Cetakan Ke-23. Alfabeta.

Sugiyono, P.D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&d dan Penelitian Pendidikan). Bandung.

Syaputri, E., & Afriza, R. (2022, November). Peran OrangTua Dalam Tumbuh Kembang Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme). Educativo: Jurnal Pendidikan, Vol. 1 No.2, 559-564.

Tarigan, R. (2020). Peranan Orangtua Dalam Menanamkan Kedispilinan Pada Anak Usia Remaja di Lingkungan XII Kelurahan Kwala Berkala Kota Medan. Universitas Quality.

Veskarisyanti, G. (2008). 12 Terapi Autis Paling Efektif & Hemat. Yogyakarta: Pustaka Anggrek.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Inspirasi Bimbingan dan Konseling