SANGGAR SENAM DISMENOREA DENGAN TEHNIK NON FARMAKOLOGI MELALUI MEDIA MUSIC TERAPI ALQURAN SEBAGAI UPAYA PENURUNAN TINGKAT NYERI HAID DI PANTI ASUHAN SEJAHTERAH AISYIYAH

Wilda Rezki Pratiwi, Nurul Hesti, Ayuni Wulandari, Sri Rahayu

Abstract


Kabupaten Sidenreng Rappang (sering disingkat dengan nama Sidrap) adalah salah satu kabupaten di provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Sidenreng. Kabupaten Sidenreng Rappang memiliki luas wilayah 2.506,19 km2 dan berpenduduk sebanyak kurang lebih 264.955 jiwa. Berdasarkan data dari berbagai negara, angka kejadian dismenore didunia cukup tinggi, diperikrakan sekitar 50 % dari seluruh wanita yang mengalami dismenore dalam siklus menstruasi, data dari Panti Asuhan  Sejahtera Aisyiyah diperkirakan hampir 95% wanita disana mengalami dismenore berat setiap bulannya yang menyebabkan mereka tidak mampu melakukan kegiatan sehari – hari  dan sering  tidak hadir sekolah dengan alasan tidak dapat berkonstarsi dalam belajar karena rasa nyeri yang mereka rasakan  begitu hebat. Keadaan tersebut menyebabkan menurunkannya kualitas hidup wanita.Masalah ini biasanya tidak terdiagnosa dan tidak tidak diberikan perawatan. Metode pelaksanaan  yang digunakan  yaitu penyuluhan kesehatan reproduksi, perkenalan gerakan senam dismenore, sekaligus peresmian sanggar senam Dismenore. Langkah selanjutnya adalah pelaksanaan senam di sanggar senam dismenore setiap dua kali dalam seminggu dengan menggunakan media terapi Al’Quran. Hasil Akhir pelaksanaan kegiatan ini akan di evaluasi tingkat nyeri haid yang dirasakan remaja putri yang rutin melakukan senam pada saat menstruasi. Hasil yang didapatkan Penurunan tingkat nyeri dismenore yang dirasakan remaja putri di panti asuhan sejahtera Aisyiyah dan penggunaan obat – obatan anti nyeri tidak lagi manjadi alternatif pilihan bagi remaja putri untuk mengatasi nyerinya pada saat haid. Ini di buktikan pada saat evaluasi kegiatan 2 remaja yang menggunakan obat anti nyeri sudah tidak lagi mengkomsumsi obat anti nyeri.


Keywords


Alquran; Dismenore; Senam; Remaja Putri; Terapi

Full Text:

PDF

References


Calis, A.K 2011. Dysmenorea.: http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/31657/4/Chapter%20II.pdf.

Prawirohardjo, Sarwono. 2009. Pelayanan Kesehatan Maternal Dan Neonatal. Jakarta: PT Bina Pustaka.

Harry, W 2005. Hubungan Kemampuan Aerobik dan Kondisi Psikologi Pada Pelajar Laki – laki SMU Negeri 1 Pramulih. Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya. http://klikharry.files.wordpress.com/2007/02/1.doc%20+%20endorphin%20+%20dalam%20+20%tubuh.

Hafidah, 2015. Mahasiswa UMY bentuk Sanggar Senam Dismenore dengan Metode Relaksasi Murrotal Qur’an. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. http://www.umy.ac.id/mahasiswa-umy-bentuk-sanggar-senam-dismenore-dengan-metode-relaksasi-murrottal-quran.html. diakses 04 Desember 2018.

Profil panti asuhan sejahtera Aisyiyah, 2018. http://pasaisyiyah-pangsid.com/tentang-kami. diakses 05 Desember 2018.




DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v4i1.1482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2579-9797

P-ISSN : 2615-4323

Contact Person:

Gusriani: 082188737351

Email : jpmb.ubt@gmail.com

Website : http:// jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb

Â