WORKSHOP PENDIDIKAN LITERASI MEDIA DALAM MENANGKAL HOAX DI MEDIA SOSIAL KEPADA “KOMISI PEMILIHAN UMUM KOTA TARAKAN†KALIMANTAN UTARA

Rita Kumala Sari, Siti Sulistyani Pamuji, Eva Apriani

Abstract


Literasi  secara umum adalah kemampuan individu mengolah dan memahami informasi saat membaca atau menulis.  Literasi tidak hanya pada persoalan membaca dan menulis, tetapi kemmpuan untuk memahami media merupakan salah satu jenis literasi. Literasi media merupakan seperangkat perspektif yang digunakan secara aktif saat mengakses media masa untuk menginterpretasikan pesan yang di hadapi. Meskipun beragam definisi tentang literasi media telah dikemukakan oleh banyak pihak, namun secara garis besar menyebutkan bahwa literasi media berhubungan dengan bagaimana khalayak dapat mengambil kontrol atas media. Literasi media merupakan skill untuk menilai makna dalam setiap jenis pesan, mengorganisasikan, dan kemudian membangun pesan untuk disampaikan kepada orang lain. Tujuan dalam program Program Kemitraan Masyarakat ini, yaitu untuk melalukan workshop pendidikan literasi media dalam menangkal hoax kepada komisi pemilihan umum kota tarakan. Target Khusus yang ingin dicapai dalam kegiatan pengabdian ini adalah pemahaman terhadap penyebaran hoax di medsos kpada kpu kota tarakan. Publikasi Ilmiah dalam bentuk Jurnal maupun poster. Metode yang akan dicapai dalam pencapaian tujuan pengabdian kepada masyarakat adalah dengan melakukan workshop pendidikan literasi media yaitu dengan memberikan pemahaman terhadap pentingnya pendidikan literasi bagi komisioner komisi pemilihan umum.

Keywords


Workshop; Pendidikan; Literasi Media; Hoax

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar.2017. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

James Potter. 2011. Media Literacy, Fifth Edition. Los Angeles, London, New Delhi Singapore, Washington DC: Sage Publication.

Sadiman, Arief S. 2011. Media Pendidikan Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta Bandung.

Sugiono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta Bandung.




DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v4i1.1486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2579-9797

P-ISSN : 2615-4323

Contact Person:

Gusriani: 082188737351

Email : jpmb.ubt@gmail.com

Website : http:// jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb