PENGEMBANGAN PROFESI GURU ANGGOTA MGMP BAHASA INGGRIS DI BIDANG PENELITIAN DAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH

Sueb Sueb, Slamet Setiawan, Ali Mustofa

Abstract


Guru sebagai suatu profesi di Indonesia baru dalam taraf sedang tumbuh (emerging profession) di mana tingkat kematangannya dan kemampuannya belum sampai pada level yang telah dicapai oleh profesi-profesi. Keberadaan majelis guru mata pelajaran (MGMP) dinilai masih belum berpengaruh signifikan pada pengembangan profesionalisme guru sebagaimana tertuang dalam UU Nomor 14 tahun 2015 tentang Guru dan Dosen. Padahal pada kenyataannya, tuntutan bagi guru sangat tinggi dan membutuhkan kinerja profesional. Untuk meningkatkan profesionalisme guru diperlukan pendidikan dan latihan lanjutan khusus (advanced education and special training). Stigma bahwa penelitian lebih melekat pada dosen perlu diubah. Faktanya, guru sebagai garda terdepan dalam implementasi kebijakan di bidang pendidikan perlu melakukan penelitian terutama di bidang pengajaran. Melalui pendampingan di bidang penelitian dan penulisan ilmiah, guru diajak aktif untuk memahami pola isu-isu dalam pengajaran, merefleksikan dan memformulasikan solusi atas masalah yang dihadapi selama proses pengajaran melalui tindakan kelas. Di akhir pendampingan, guru diajak untuk merefleksikan pengaruh pendampingan atas peningkatan profesionalisme di bidang penelitian dan penulisan ilmiah, di mana guru lebih produktif dan dapat menemukan solusi atas masalah pengajaran serta menuangkannya dalam tulisan ilmiah.


Keywords


MGMP; pengembangan profesi guru; penelitian; penulisan ilmiah

Full Text:

PDF

References


Danim, S. (2002). Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Joyce, B. dkk. (2009). Models of Teaching International Edition. New York: Pearsons.

Kumaravadivelu. (2006). Understanding Language Teaching: From Method to Postmethod. Mahwah, New Jersey, Lawrence Erlbaum Associates.

Kunandar. (2011). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ondi, S. & Aris, S. (2010). Etika Profesi Keguruan. Bandung: Refika Aditama.

Satori, D. dkk. (2007). Profesi Keguruan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Supriyadi, D. (1999). Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Peraturan Presiden nomor 74 tahun 2008 tentang Guru sebagai Profesi.

Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.




DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v4i1.1489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2579-9797

P-ISSN : 2615-4323

Contact Person:

Gusriani: 082188737351

Email : jpmb.ubt@gmail.com

Website : http:// jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb