MEMPERKENALKAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK KEPADA GURU SEKOLAH DASAR MELALUI PELATIHAN SINGKAT

Listiani Listiani, Arief Ertha Kusuma

Abstract


Abstrak: Perkembangan zaman dan teknologi menuntut manusia untuk selalu berkembang, begitu juga dengan dunia pendidikan. Sebagai akibat dari perkembangan tersebut maka kebijakan – kebijakan pendidikan pun terus mengalami perubahan. Salah satunya adalah dengan diterapkannya kurikulum baru yaitu kurikulum 2013. Kurikulum ini memberikan wacana untuk memperkenalkan siswa – siswi sekolah dasar dalam berfikir secara ilmiah sejak dini yaitu melalui suatu metode yang disebut dengan pendekatan saintifik. Namun, belum banyak guru sekolah dasar yang mengetahui tentang berfikir secara ilmiah atau saintifik. Oleh karena itu pelatihan tentang penerapan strategi pembelajaran dengan pendekatan saintifik dilaksanakan supaya para guru sekolah dasar memiliki wawasan tentang pendekatan saintifik sehingga mereka menjadi guru – guru yang profesional.

Abstract: The development of era, science, and techology requires the society to develop as well, and so do the education. As the result of those developments, there are many new policies especially in educations that have been changed and renewed. One of the new policies is the implementation of a new curriculum called as curriculum 2013. This new curriculum provides a new discourse in introducing students especially elementary school students with scientific thinking in their early age through a method called as a scientific approach. However, there are many elementary school teachers who experience lack of information about scientific thinking and how to teach student scientifically. Therefore a training on the implementation of teaching strategy with scientific approach is important for teachers in order to give information and improve teachers’ profesionalism.


Keywords


Pelatihan; pendekatan saintifik; guru sekolah dasar; Training; scientific approach; elementary school teachers

Full Text:

PDF

References


Barsihanor dan Hafiz, A. (2017). Pelatihan Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Saintifik Pada Kelompok Kerja Guru di Kecamatan Mekarsari Kabupaten Barito Kuala. Jurnal Al-Ikhlas. Vol. 2 No. 2, Ha; 1 – 12.

Budiyanto, M.A.K., Waluyo, L., dan Mokhtar, A. (2016). Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran di Pendidikan Dasar di Malang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi FKIP UNS 2016.

Deden (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri pada Mata Pelajaran Ekonomi. Prosiding seminar nasional 9 Mei 2015.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 kunci sukses implementasi kurikulum 2013. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Machin, A. (2014). Implementasi Pendekatan Saintifik, Penamaan Karakter dan Konservasi pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Vol. 3 No. 1. Hal 28-35

Sudrajat, A. (2008). Pengertian Pendekatan, STrategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran. Artikel Pendidikan.




DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v1i1.235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JPMB (Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2579-9797

P-ISSN : 2615-4323

Contact Person:

Gusriani: 082188737351

Email : jpmb.ubt@gmail.com

Website : http:// jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb

Â