PENDAMPINGAN PENYUSUNAN KARYA TULIS ILMIAH BAGI GURU IPA SMP DI KOTA TARAKAN

Ratna Yulinda, Silfia Ilma, Alfi Suciyati

Abstract


Abstrak: Pengembangan karir guru dan peningkatan kompetensi bagi guru dilakukan dalam rangka menjaga kompetensi keprofesiannya agar sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya dan olah raga sesuai PP No. 74 Tahun 2008.Pengembangan keprofesian guru ini dikembangkan dengan perolehan angka kredit baik melalui kegiatan pengembangan diri maupun menulis karya ilmiah.Hasil observasi disekolah mitra diketahui permasalahan yang mereka hadapi antara lainkurangnya pengetahuan dan keterampilan Guru IPA mengenai penyusunan karya tulis ilmiah yang menyebabkan guru kesulitan mengajukan kenaikan pangkatnya, maka dari itu perlu dilakukan pendampingan penyusunan karya tulis ilmiah bagi guru di sekolah mitra. Target dan Luaran dari kegiatan ini yakni meningkatnya pemahaman guru IPA sekolah mitra terhadap karya tulis ilmiah dan menghasilkan produk berupa karya tulis ilmiah dalam bentuk draf.Pelaksanaan kegiatan Pendampingan Penyusunan Karya Tulis Ilmiah ini dilaksanakan melalui tahapan 1) Pemberian informasi dan 2) Pendampingan penyusunan karya tulis ilmiah.Hasil evaluasi pelaksanaan pendampingan penyusunan karya tulis ilmiah dalam kategori baik.Hasil evaluasi terhadap pengetahuan guru dalam menyusun karya tulis ilmiah 2 (dua) orang tergolong kategori baik, 1 (satu) orang dalam kategori sedang, dan 2 (dua) orang dalam kategori kurang. Hasil evaluasi keterampilan guru dalam menyusun karya tulis ilmiah telah memenuhi kriteria  karya tulis ilmiah dalam kategori baik.

Abstrak: Teachers’ career need to be developed and improved in order to maintain their professionalism and competence that should be related to the development of science, technology, arts, and physical exercise based on PP No. 74 year of 2008. The development of teachers’ professionalism can be implemented using a credit point either through self development activities or writing a scientific paper. observation results on several schools show that the major problem that they face is science teachers are lack of knowledge and skills in writing a scientific paper that can result in the difficulties in submitting their preferment, therefore it is important to accompany those teachers in writing scientific paper through a short training. The target and output of this activity is that the science teachers can improve their writing skill in writing scientific paper and resulting a scientific paper draft.This activity consists of two stages (1) giving information and (2) accompaniment in writing scientific paper. The results show that the evaluation on accompaniment can be categorized as good. The evaluation on teachers’ knowledge in writing scientific paper can be categorized as good (two teachers), medium (one teacher), and not good (two teachers). The evaluation on teachers’ skill in writing scientific paper shows that they are able to write a scientific paper that can be categorized in good level.


Keywords


pendampingan; KTI; Guru IPA; SMP Kota Tarakan; Accompaniment; scientific paper; science teachers; secondary school at Kota Tarakan

Full Text:

PDF

References


Abbas, Saleh. (2006). Pembelajaran Bahasa Indonesia yang efektif di sekolah dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Akhadih, Sabar, dkk. 1997. Menulis 1. Jakarta : Departemen pendidikan dan kebudayaan

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:Rineka Cipta.

Depdiknas Dirjen Dikdasmen Direktorat Tenaga Kependidikan. 2001. Pedoman Penyusunan Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan dan Angka Kredit Pengembangan Profesi Guru. Jakarta.

Firmansyah, Dhony. 2007. Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Disampaikan dalam Pelatihan “Sukses membuat Proposal Penelitian yang Bermutu”. FMIPA Universitas Negeri Surabaya, 8 Desember 2007.

PermenPANRBNo. 16. 2009.Tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya Tahun 2009 Tanggal 10 November 2009.Jakarta.

Peraturan Bersama Mendiknas dan Kepala BKN Nomor 14. 2010.Tentang petunjuk Pelaksanaan Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.Jakarta.

Undang-Undang Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003.2003 . Jakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. 2005 Jakarta.

Slameto, 2011. Proses belajar mengajar. Jakarta:Bumi Aksara.

Zulkifli. 2010. Pengertian Pendampingan. http://bintan-sweb.id(diakses tanggal 4 Agustus 2016).




DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v1i1.236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JPMB (Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2579-9797

P-ISSN : 2615-4323

Contact Person:

LPPM Universitas Borneo Tarakan

Jl. Amal Lama No.1, Kelurahan Pantai Amal, Kota Tarakan

Email : jpmb.ubt@gmail.com

Website : http:// jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb