PELATIHAN DAN BIMBINGAN PEMBUATAN KARYA TULIS ILMIAH BERBASIS PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) DI SD MUHAMMADIYAH 1 TARAKAN

Zulfadli Zulfadli, Ferryansyah Ferryansyah

Abstract


Abstract: Pengabdian pada masyarakat pada kegiatan ini adalah memberikan wawasan pengetahuan tentang penulisan karya ilmiah. Pelatihan pengabdian ini tujuannya adalah mendampingi para guru dalam menulis karya ilmiah penelitian tindakan kelas secara benar dan mendampingi guru dalam prosedur penulisan karya ilmiah dalam jurnal.Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian adalah metode ceramah, diskusi dan praktik. Metode ceramah untuk menyampaikan tentang penulisan karya ilmiah berbasis penelitian tindakan kelas dan prosedur penulisan karya ilmiah dalam jurnal. sedangkan metode praktik untuk memberikan kesempatan berlatih kepada peserta untuk membuat tulisan karya ilmiah. Hasil kegiatan pengabdian secara keseluruhan dapat dinilai cukup baik, dilihat dari keberhasilan target jumlah peserta pelatihan dinilai baik (90%), prosedur pelaksanaan dalam melaksanakan penelitian tindakan kelas di nilai baik mencapai (76%), dan ketercapaian tujuan pelatihan dalam penulisan artikel dinilai cukup baik (50 %).

Abstract: Community devotion to this activity is to provide insight into the knowledge of the writing of scientific papers. This devotional training is aimed at assisting teachers in properly writing scientific research on classroom action research and accompanying teachers in publication procedures of scientific papers in journals. The methods used in devotional activities are lecture, discussion and practice methods. Methods of lectures and discussion to convey about the writing of scientific papers based on classroom action research and scientific journal writing procedures in journals. While practice methods to provide the opportunity to participants  practice writing scientific papers. The results of overall devotion activities can be considered good enough, seen from the success of the target number of trainees is considered good (90%), implementation procedures in conducting classroom action research in good grades reached (76%), and the achievement of training objectives in the article writing is considered quite good (50%).


Keywords


Pelatihan penulisan karya ilmiah; Penelitian tindakan kelas; Training of writing scientific papers; Classroom action research

Full Text:

PDF

References


Aina, M., Bambang, H.,Retni,S.S., Afreni, H.,& Sadikin, A., (2015). Pelatihan Penulisan Karya ilmiah Bagi guru-guru sma 8 kota jambi. Jurnal pengabdian pada masyarakat,30 (3)

Noorjannah,L. (2014). Pengembangan profesionalisme Guru Melalui Penulisan karya tulis ilmiah bagi guru profesional di SMA Negeri 1 Kauman Kabupaten Tulungagung I Jurnal Humanity, 10 (1), 97-114

Sanjaya, W. (2011) Penelitian Tindakan Kelas Jakarta: Kencana

Mulyasa, H.E. (2009) Penelitian Tindakan Sekolah Bandung: Remaja Rosdakarya.

Departemen Pendidikan Nasional, 2005. Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005. tentang guru dan dosen Jakrta: Depdiknas.

Rusman, (2011) Model-model Pembelajaran Jakarta: Rajagarfindo Persada

Trianto, (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v1i1.240

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 JPMB (Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2579-9797

P-ISSN : 2615-4323

Contact Person:

Gusriani: 082188737351

Email : jpmb.ubt@gmail.com

Website : http:// jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb

Â