BIMBINGAN TEKNIS INVENTARISASI IDENTIFIKASI TUMBUHAN BAGI SDN 045 TARAKAN MELALUI PEMBUATAN HERBARIUM BERBASIS POTENSI LOKAL EKOSISTEM HUTAN TROPIS

Fadhlan Muchlas Abrori, Aidil Adhani, Darius Rupa

Abstract


Tarakan merupakan salah satu kota di Kalimantan Utara yang memiliki kekayaan biodiversitas, terutama keragaman tumbuhan di hutan tropis.  Berbanding terbalik dengan luasnya hutan dan banyaknya sumber daya, pembelajaran di Sekolah Dasar di Kota Tarakan sangat kurang kontekstual dalam memperkenalkan kekayaan hutan kepada siswa.  SDN 045 Tarakan sebagai sekolah mitra berlokasi di sekitar hutan tropis, akan tetapi pembelajarannya sangat jarang memanfaatkan potensi hutan tropis. Penanggulangan permasalahan kurang kontekstualnya pembelajaran di Sekolah Dasar adalah dengan memberikan bimbingan teknik pengembangan media berbasis potensi lokal dalam bentuk herbarium. Metode pelaksanaan kegiatan ini terdiri dari 5 tahapan, yaitu: observasi, persiapan, penyusunan panduan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil kegiatan ini didapatkan bahwa pada tes identifikasi tumbuhan pada guru terdapat kenaikan nilai dari rata-rata nilai 35 (pre-test) dan 85.4 (pos-test). Penilaian psikomotorik (keterampilan) pembuatan herbarium guru didapat nilai yang baik, dengan rata-rata nilai tiap aspek >80. Penilaian produk herbarium juga didapatkan nilai yang sangat baik dengan rata-rata nilai tiap aspek >80.

Keywords


Herbarium, Potensi Lokal, Hutan Tropis, Bimbingan Teknis

Full Text:

PDF

References


Abrori, F.M., Yulida, R., Adhani, A., Wijarini, F., dan Nugroho, E.D. (2016). Media Pembelajaran Biologi. Yogyakarta : Genom

Abrori dan Adhani (2017). Pengembangan Buku Ajar Berbasis Potensi Lokal Keragaman Tumbuhan Paku di Daerah Tarakan. Seminar Salingdidik 4 : 328-332

Greening Australia (2012) Collect, Prepare, and Preserve Plant Specimens. Australia : Aboriginal Landcare Education Program. Australian Government

Lavoide, C. (2013). Biological collections in an ever changing world: Herbaria as tools for biogeographical and environmental studies. Perspectives in Plant Ecology, Evolution and Systematics 15: 68–76

Tucker, A.O. dan Calabrese, L. (2005). The Use and Methods of Making a Herbarium/Plant Specimens : An Herb Society of America Guide. Kirtland : The Herb Society of America

Soepadmo, E., Latif, A., Kiew, R., Lee, H.S., Saw, L.G., dan Chung, R.C.K. (2002). Tree Flora of Sabah And Sarawak Volume Four. Forest Research Institute Malaysia, Sabah Forestry Department Malaysia and Sarawak Forestry Department Malaysia

Stenis, C.G.G.V. (2008). Flora. Jakarta : PT. Pradnya Paramita.

Sudarmono. (2010). Ensiklopedia Flora. Jakarta : PT. Kharisma Ilmu.

Sugiyanto (2012). Penerapan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Sekolah Dasar Negeri 01 Pontianak Utara. Artikel Publikasi. Universitas Tanjungpura Pontianak.

Supinah. 2008. Pembelajaran Matematika SD dengan Pendekatan Kontekstual dalam Melaksanakan KTSP. Yogyakarta : Depdiknas

Tjitrosoepomo, G. (2009). Taksonomi Tumbuhan Schizophyta, Thallophyta, Bryophyta dan Pteridophyta. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Tjitrosoepomo, G. (2009) Taksonomi Tumbuhan Spermatophyta. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Victor, E.J., Koekemor, M. dan Fish, L. 2004) Herbarium Essentials. South Africa : The Project Coordinator Southern African Botanical Diversity Network.




DOI: https://doi.org/10.35334/jpmb.v2i1.432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JPMB (Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN : 2579-9797

P-ISSN : 2615-4323

Contact Person:

Gusriani: 082188737351

Email : jpmb.ubt@gmail.com

Website : http:// jurnal.borneo.ac.id/index.php/jpmb