EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN TRADISIONAL CONGKLAK TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA (MTK) SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstract: The purpose of this study is to analyze traditional Congklak media in increasing mathematics learning interest (MTK) in elementary school students and to introduce and improve numeracy skills related to the addition and subtraction of elementary school students through Congklak games, and to determine the effect of using Congklak media on interest student learning in mathematics learning. This type of research method used is a meta-analysis of research that has been done before. This study uses a qualitative method. The purpose of this research is to find out the effectiveness of traditional Congklak learning media in improving elementary students' numeracy skills. In collecting this data, research conducted by searching journals through Google Scholar. Keywords used for journal tracing are: Effectiveness, learning media, traditional congklak games, mathematics, elementary school students. The results of the analysis show that the use of traditional learning media in Congklak has increased the interest in learning starting from the lowest at 17.11% to the highest at 135.74% with an average of 44.37%. Keywords: Effectiveness; learning media; traditional congklak games; mathematics; elementary school students.
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis media permaianan tradisional congklak dalam meningkatkan minat belajar matematika (MTK)pada siswa sekolah dasar dan untuk mengenalkan dan meningkatkan kemampuan berhitung terkait operasi penjumlahan dan pengurangan siswa sekolah dasar melalui permainan congklak, serta untuk mengetahui pengaruh penggunaan media congklak terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika . Jenis metode penelitian yang digunakan adalah meta analisis dari penelitian yang telah dilakukan sebelumnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dari penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivitasan media pembelajaran permainan tradisonal congklak dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa sekolah dasar. Dalam pengumpulan data ini, penelitian melakukan dengan mencari jurnal melalui Google Cendekia. Kata kunci yang digunakan untuk penelusuran jurnal adalah:Efektivitas, media pembelajaran, permainan tradisional congklak, matematika, siswa sekolah dasar. Hasil analisi menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran permainan tradisional congklak mengalami peningkatan minat belajar mulai yang paling rendah yaitu 17,11% hingga yang paling tinggi yaitu 135,74% dengan rata-rata sebesar 44,37%.
Â
Full Text:
PDFReferences
Agusti, F. A., Zafirah, A., Anwar, F., & Syafril, S. (2018). The Implantation of Character Values toward Students through Congklak Game. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(2), 133–141.
Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. PT RajaGrafindo Persada. Jakarta.
Barokah, L. U., Wulandari, M. D., Psi, S., & Psi, M. (2018). Efektifitas Permainan Tradisional Congklak Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas II SDIT Al Falaah Sambi (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta). http://eprints.ums.ac.id/66074/
Depdiknas. (2011). Pedoman permainan berhitung permulaan di Taman Kanak-Kanak. Jakarta : Depdiknas Direktorat Pembinaan TK dan SD
Dewi, P. C. (2019). Penggunaan Media Permainan Congklak Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Tentang Konsep Perkalian Pada Siswa Kelas Ii Sdn 30 Rejang Lebong (Doctoral dissertation, IAIN Curup). http://e-theses.iaincurup.ac.id/311/
Fitria, S. R. (2018). Efektivitas alat peraga Congklak pada pembelajaran Matematika materi pembagian (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Mataram). http://etheses.uinmataram.ac.id/1556/
Gerlach, Vernon S. & Ely, Donald P. (1980). Teaching and Media a Systematic Approach: Second Edition. New Jersey, U.S.: Prentice-Hall.
Gustiany, T. (2014). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BERHITUNGPENJUMLAHAN MELALUI PERMAINAN CONGKLAKMODIFIKASI PADA SISWA CEREBRAL PALSY. Jurnal Pendidikan Khusus, 4(1). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-khusus/article/view/6
Hayuningtyas, H. (2014). Pemanfaatan sumber belajar dengan limbah kardus untuk mengembangkan konsep matematika permulaan anak usia 5-6 tahun (studi eksperimen di TK Taman Indria Semarang). BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(1).
Nataliya, P. (2016). Efektivitas penggunaan media pembelajaran permainan tradisional congklak untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(2), 343-358. http://202.52.52.22/index.php/jipt/article/view/3536
Putra, A., & Hasanah, V. R. (2018). Traditional Game to Develop Character Values in Nonformal Educational Institution. International E-Journal of Advances in Education, 4(10), 86–92.
Ritonga, R., & Ramadhani, S. P. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN CONGKLAK (TRADISIONAL INDONESIA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN SISWA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Basicedu, 3(4), 2025-2036.http://www.jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/246
Rosida, N. (2018). Peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui penerapan permainan tradisional congklak di kelas II SDN 3 Bentek Filial Serungga Desa Bentek Kecamatan Gangga Tahun Pelajaran 2017/2018 (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Mataram).http://etheses.uinmataram.ac.id/1313/
Sulowaty, T. (2017). Penggunaan Modifikasi Permainan Congklak untuk Meningkatkan Kecepatan Menghitung dalam Operasi Penjumlahan Bilangan Bulat pada Siswa Kelas I SD Negeri 028226 Binjai Tahun Pelajaran 2015/2016. Keguruan, 5(2). https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Keguruan/article/view/842
Setiyowati, R. (2017). Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Perkalian Menggunakan Media Permainan Congklak pada Siswa Kelas II SD Negeri 182/I Hutan Lindung.https://repository.unja.ac.id/2243/
Wulandari, H., Siswanto, J., & Purnamasari, V. PENGARUH MEDIA KOLINGTAR (DAKON LINGKARAN PINTAR) PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BAMBOO DANCING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III SD JS (JURNAL SEKOLAH), 2(4), 270-275
DOI: https://doi.org/10.35334/judikdas%20borneo.v2i1.1450
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Erlin Prasetyo, Nyoto Hardjono
Contact Person:
A. Wilda Indra Nanna (Hp: 081253670923)
Ady Saputra (Hp: 082329693700)
Alamat Sekretariat:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jl. Amal Lama No.1 Kota Tarakan, North Kalimantan (Kalimantan Utara) Indonesia
Â
View My Stats