IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) ULUL ALBAB TARAKAN

Warsini Warsini, Dedi Kusnadi, Agustinus Toding Bua

Abstract


The type of research is a qualitative research with a descriptive approach carried out at SDIT Ulul Albab Tarakan, in 2019/2020. The study aim to implement character values, determine the inhibiting and supporting factors in the implementation of character values in fourth grade students. Data collection techniques used were interviews, observation and documentation. The main instrument is the researcher using tools in the form of assessment sheets ranging from planning to closing. Data analysis was performed using the Miles and Huberman model, namely data reduction, data presentation, and conclusion drawing. With the technique of checking the validity of the data using triangulation techniques. The results showed that the implementation of character values was applied starting from planning, implementation, to evaluation. The learning plan used by the teacher is a plan made and developed by adjusting the character values that will be applied in learning. In the implementation, the teacher implements character values through learning activities and learning methods that have been adjusted previously. In this study, 5 class-based character values are used: Religious, nationalist, independent, mutual cooperation, and integrity. The inhibiting factors for the implementation of student character values are the lack of time available, the lack of use of instructional media, and environmental factors where students live. Then the supporting factors for the implementation of the character values of educators are still easy and the support of parents of students.

 

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang dilaksanakan di SDIT Ulul Albab Tarakan, pada tahun 2019/2020. Tujuan untuk mengimplementasikan nilai-nilai karakter, mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi nilai karakter pada siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen utama adalah peneliti dengan menggunakan alat bantu berupa lembar penilaian mulai dari perencanaan hingga penutup. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman yaitu dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dengan teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai-nilai karakter diterapkan mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi. Perencanaan pembelajaran yang digunakan guru merupakan perencanaan yang dibuat dan dikembangkan sendiri dengan menyesuaikan nilai karakter yang akan diterapkan dalam pembelajaran. Pada pelaksanaan, guru mengimplementasikan nilai karakter melalui kegiatan pembelajaran dan metode pembelajaran yang telah disesuaikan sebelumnya. Pada penelitian ini digunakan 5 nilai-nilai karakter berbasisi kelas yaitu: Religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas. Faktor penghambat implementasi nilai-nilai karakter siswa yaitu kurangnya waktu yang tersedia, kurangnya pengunaan media pembelajaran, dan faktor lingkungan tempat tinggal siswa. Kemudian faktor pendukung implementasi nilai karakter tenaga pendidik yang masih mudah dan dukungan orang tua siswa


Full Text:

PDF

References


Anwar, M. Rubei. 2015. Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran PKn Untuk Mengembangkan Kemandirian Siswa di MTS. Mathlaul Anwar Kota Pontianak. Pontianak. IKIP.

Amiruddin. 2016. Perencanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu

Hestiningtyas dan Wibowo. 2017. Implementasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV SDN Tamansari 2 Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas PGRI Yogyakarta.

Hudaifah, Nur. 2015. Implementasi pendidikan karakter terintegrasi dalam pembelajaran tematik kelas IV C Sekolah Dasar Insan Amanah Malang. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Irwantoro, Suryana Y. 2016. Kompetensi Pedagogik. Sidoarjo: Genta Group Production.

Kadir, Abd., Hanun, Asrohah. 2014. Pembelajaran Tematik. Jakarta: Pt Rajagrafindo persada.

Kusnadi, D., Tahmir, S., Minggi, I., 2014, Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Matematika di SMA Negeri 1 Makassar, Online. Jurnal Matematika dan Pembelajaran 2: 2354-6883

Mahartie, Ristika. 2014. Analisis Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Tematik dengan Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Kelas 4 SDN Mojolangu 01 Kota Malang. Malang: Universitas Muhammadiah Malang.

Milles, Matthew B dan Huberman A. Michael. 2014. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press.

Mulyaningsih, Irma. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV SD Negeri Prembulan Galur Kulon Progo. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Peraturan Presiden. 2017. Peraturan Presiden No 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Republik Indonesia.

Permendikbud. 2016. Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan nomor 24 tahun 2016 bab 1 pasal 1. Jakarta: Republik Indonesia.

Sugiyono. 2016. Metode Penilitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yusuf, Muri. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Warsini, Desi Kusnadi, Agustinus Toding Bua



Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar by Universitas Borneo Tarakan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/judikdas/index.

Contact Person:

A. Wilda Indra Nanna

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Jl. Amal Lama No.1

Tarakan, North Kalimantan (Kalimantan Utara)

Indonesia

Hp: 081253670923