PELAKSANAAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA KELAS V SDN 9 RANGKANG

Margaretha Lidya Sumarni

Abstract


Model pembelajaran numbered heads together (NHT) merupakan salah satu model pembelajaran kooperatif yang menjadi salah satu alternatif untuk guru memberikan pembelajaran yang lebih bervariasi kepada siswa di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengimplementasikan dan melihat dampak model numbered heads together (NHT) terhadap hasil belajar yang siswa peroleh. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri 9 Rangkang, Kecamatan Bengkayang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V dengan  jumlah 35 siswa pada kelas eksperimen dan 34 siswa pada kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi teknik observasi langsung dan teknik pengukuran. Uji kualitas instrumen yang dilakukan adalah validitas instrumen, reliabilitas instrumen, tingkat kesukaran butir soal dan daya beda soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Implementasi model NHT pada siswa kelas VA Sekolah Dasar Negeri 9 Rangkang memberikan dampak positif terhadap siswa sehingga menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran; 2) Model pembelajaran NHT memiliki dampak paling tinggi pada pembelajaran siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata post-test model pembelajaran NHT siswa mendapat perolehan nilai yang tinggi yakni sebesar 85,61, jika dibandingkan dengan nilai post-test model pembelajaran konvensional yakni 70,06.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Nurgiyantoro, B. Gunawan, M. (2015). Statistik Terapan untuk Penelitian Ilmu-ilmu Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Mulyatiningsih. E. (2012). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nawawi. H. (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yoyakarta: Gajah Mada University Press.

Hopskins, K.R. (2010). Teaching how to learn in a what to learn culture. San Fransisco. CA: Jossey Bass.

Mahardika, dkk. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SD Gugus V Kintamani Tahun Pelajaran 2017/2018. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Mimbar PGSD Vol: 6 No: 1 Tahun: 2018.

Jones, K. (2000). Teacher knowledge and professional development in geometry. Proceedings of the British Society for Research into Learning Mathematics. 20, (3), 109-114.

Nursyamsi, SY, dkk. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 1 Muara Badak. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 1(10).

Purwanto. (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2010). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Margaretha Lidya Sumarni



Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar by Universitas Borneo Tarakan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/judikdas/index.

Contact Person:

A. Wilda Indra Nanna

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Jl. Amal Lama No.1

Tarakan, North Kalimantan (Kalimantan Utara)

Indonesia

Hp: 081253670923