DESKRIPSI KESULITAN MENULIS SISWA KELAS IV PADA MUATAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SDN 035 TARAKAN

Erda Jayanti Sandala'bi', Ady Saputra, Irianto Aras

Abstract


Kesulitan menulis merupakan suatu ketidakmampuan seseorang dalam menuangkan pikiran, ide dan gagasannya menjadi sebuah tulisan. Keterampilan menulis tidak dapat berdiri sendiri, melainkan saling berkaitan dengan kemampuan lainnya yaitu, membaca, berbicara dan menyimak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesulitan menulis yang dialami siswa kelas IV pada muatan pelajaran Bahasa Indonesia materi gagasan pokok dan gagasan pendukung. Penelitian ini dilakukan di kelas IV-A SDN 035 Tarakan. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapaun tahapan analisis data dilakukan yaitu: 1) Data reduction, 2) Data Display, 3) Conclusion. Dari hasil penelitian ini dapat dipahami bahwa kesulitan menulis yang dialami siswa pada materi gagasan pokok dan gagasan pendukung yaitu kurangnya pemahaman siswa terhadap materi dimana rendahnya minat membaca siswa, serta belum mampu membedakan antara gagasan pokok dan gagasan pendukung. Dalam kegiatan menulis terdapat kesulitan menulis yang dialami siswa yaitu dalam kegiatan menulis dengan tangan/menulis permulaan, mengeja dan ekspresif.

Full Text:

PDF

References


Arfeni, A. S. 2020. Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214-224.

Else P. S, dkk. 2020, Kesulitan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Korpus, 4(3), 292-302.

Gusnaini. 2019. Peningkatan Keterampilan Menulis Dengan Pendekatan Komunikatif Pragmatik Pada Muatan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas IV SDN 04 Tapi Selo. Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1), 73-82.

Marinus. 2016. Penerapan Strategi Drta (Directed Reading Thinking Activity) Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Mencari Gagasan Pokok Karangan Narasi Pada Siswa Kelas IV SDN 003 Pagaran Tapah Darussalam dalam Jurnal Primary. 5(3), 42-50.

Moleong, L. J. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyono. A. 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Republik Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Republik Indonesia. 2006. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2006 Tentang Standar Kompetensi Lulusan.

Rohana, S. 2021. Keterampilan Bahasa Indonesia Pendidikan Dasar. Universitas Negeri Makassar.

Salim, S. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Ciptapustaka Media.

Sihabuddin. 2019. Terampil Berbicara dan Menulis Untuk Mahasiswa, Guru, Dosen, dan Umum. Yogyakarta: Sekar Bakung Residence.

Yunita. F. 2017. Peningkatan Kemampuan Menulis Rangkuman Buku Ilmu Pengetahuan Populer Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah. jurnal Diksatrasia. 1(1), 17-24




DOI: https://doi.org/10.35334/judikdas%20borneo.v4i2.2934

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Erda Jayanti Sandala'bi', Ady Saputra, Irianto Aras



Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar by Universitas Borneo Tarakan is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Based on a work at http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/judikdas/index.

Contact Person:

A. Wilda Indra Nanna (Hp: 081253670923)

Ady Saputra (Hp: 082329693700)

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Jl. Amal Lama No.1

Tarakan, North Kalimantan (Kalimantan Utara)

Indonesia

 

 

View My Stats