IDENTIFIKASI TINGKAT KERUSAKAN JALAN KENANGA KOTA TARAKAN DENGAN METODE BINA MARGA

Muafiruddin Pamungkas, Muhammad Djaya Bakri

Abstract


ABSTRACT: This study aims to assess the condition of the road pavement using the Bina Marga method. The condition of the road pavement examined includes the type and level of damage so that the value of the condition of the road pavement and alternatives for handling the road damage can be identified. The research location is the Kenanga road section which is a secondary collector road located in a densely populated residential area in Karang Anyar Village, Tarakan City, which functions as an alternative axis road connecting the West Tarakan District and Central Tarakan District, North Kalimantan Province. This Bina Marga method examines the volume of traffic and the type of damage that occurs on the road pavement. The results of the road pavement condition assessment are then used as a reference and selection of alternative road damage repairs. The results showed that the road damage found on the Kenanga road section was potholes, depression, patching end utility cut patching, and polished aggregate, then the results of the analysis used the Bina Marga method. a score of 10 is obtained for the right side and a value of 11 for the left side which means that the road section needs to be repaired in the drainage system component by including it in the periodic maintenance program.

Keywords: Bina Marga Method, Road Damage, Road Handling Method

ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan menilai kondisi perkerasan jalan menggunakan metode Bina Marga. Kondisi perkerasan jalan yang diperiksa meliputi jenis dan tingkat kerusakan sehingga dapat diketahui nilai kondisi perkerasan jalan dan alternatif penanganan kerusakan jalan tersebut. Lokasi penelitian dilakukan pada ruas jalan Kenanga yang merupakan jalan kolekter sekunder yang berada pada kawasan permukiman padat penduduk di Kelurahan Karang Anyar Kota Tarakan, berfungsi sebagai jalan poros alternatif menghubungkan wilayah Kecamatan Tarakan Barat dan Kecamatan Tarakan Tengah Provinsi Kalimantan Utara. Metode Bina Marga ini meninjau volume lalu lintas serta jenis kerusakan yang terjadi pada perkerasan jalan. Hasil penilaian kondisi perkerasan jalan selanjutnya digunakan sebagai acuan dan pemilihan alternatif perbaikan kerusakan jalan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan kerusakan jalan yang ditemukan  pada ruas jalan Kenanga adalah kerusakan lubang (potholes), kerusakan amblas (Depression), kerusakan tambalan (Patching end Utility Cut Patching), dan kerusakan pengausan agregat (polised agregat), selanjutnya hasil analisa dengan metode Bina Marga diperoleh nilai 10 untuk sisi kanan dan nilai 11 untuk sisi kiri yang berarti bahwa ruas jalan tersebut perlu dilakukan perbaikan-perbaikan pada komponen sistim drainase dengan memasukan kedalam program pemeliharaan berkala.

Kata kunci: Metode Bina Marga, Kerusakan Jalan, Penanganan Kerusakan Jalan


Full Text:

PDF 48-57

References


Bakri, M.D., 2019. Evaluasi Kondisi dan Kerusakan Perkerasan Lentur Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) (Studi Kasus: Jalan Gunung Selatan Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara). Borneo Engineering Jurnal Teknik Sipil Vol.3 No. 2 Desember 2019, hal. 81-96, ISSN: 2581-1134

Bolla, M. E. 2012. Perbandingan Metode Bina Marga dan Metode PCI (Pavement Condition Index) Dalam Penilaian Kondisi Perkerasan Jalan (Studi Kasus Ruas Jalan Kaliurang, Kota Malang). Jurnal Teknik Sipil, 1(3), 104-116.

Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga, Manual Pemeliharaan Jalan, Penerbit Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga 1983.

Direktorat Jenderal Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum Republik Indonesia. 1990. Petunjuk Teknis Perencanaan dan Penyusunan Program Jalan Kabupaten No. 77/KPTS/Db/1990. Jakarta.

Direktorat Jenderal Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum Republik Indonesia. 1995. Manual Pemeliharaan Rutin Untuk Jalan Nasional dan Provinsi No. 001/T/Bt/1995 Metode Survei. Jakarta.

Direktorat Pembinaan Jalan Kota Direktorat Jenderal Bina Marga Departemen Pekerjaan Umum Republik Indonesia. 1990. Tata Cara Penyusunan Program Pemeliharaan Jalan Kota No. 018/T/BNKT/1990. Jakarta.

Hendra, O, J., Haris, V, T., Rahmat, H. 2021. Analisis Kerusakan Perkerasan Jalan Menurut Bina Marga dan Alternatif Penanganannya (Studi Kasus Ruas Jalan Utama Bunsur – Mengkapan), Jurnal Teknik. 16(1), 58-66.

Lasarus, R., Lalamentik, L,G, J., Waani, J, E. 2021. Analisa Kerusakan Jalan dan Penanganannya dengan Metode PCI (Pavement Condition Index) Studi Kasus: Ruas Jalan Kauditan Airmadidi; STA 0+770-STA 3+770, Jurnal Sipil Statik. 8(4), 645-654.

Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia. 2011. Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia Nomor: 13/PRT/M/2011 Tentang Tata Cara Pemeliharaan Jalan dan Penilikan Jalan. Jakarta.

Mubarak, H, 2016. Analisa Tingkat Kerusakan Perkerasan Jalan Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) Studi Kasus : Jalan Soekarno Hatta Sta. 11+150 s.d 12+150, Jurnal SAINTIS Universitas Islam Riau

Nawir, D., dan Mansur, A. Z., 2017. Rancangan Perkerasan Jalan, Penerbit Rinra Publishing, Makassar, ISBN: 978-602-18440-5-2.

Taufikkurrahman. 2021. Analisa Kerusakan Jalan Berdasarkan Metode Bina Marga (Studi kasus jalan Mangliawan-Tumpang Kabupaten Malang), Jurnal Ilmu -Ilmu Teknik, 17(1), 45-53.




DOI: https://doi.org/10.35334/cesj.v2i1.4131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By :

Civil Engineering Department, Faculty of Engineering, University of Borneo Tarakan

Jl. Amal Lama No 1, Tarakan 77115, Indonesia
E-Mail : borneo.cesj@gmail.com
Web : http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/CESJ/index
Telp : 081233242398 Faks. (0551) 2052558

All publications

by Civil Engineering Scientific Journal

are licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.