PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SETS (SCIENCE, ENVIRONMENT, TECHNOLOGY AND SOCIETY) PADA MATA PELAJARAN IPA TERHADAP LITERASI SAINS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 TARAKAN

Nurul Ulfah, Ibrahim Ibrahim, Vlorensius Vlorensius

Abstract


Kemampuan siswa dalam menguasai dan mempelajari ilmu pengetahuan berkaitan erat dengan perkembangan sains dan teknologi yang saat ini semakin pesat sehingga siswa dituntut agar memiliki kemampuan literasi sains yang baik. Salah satu pendekatan pembelajaran yang memungkinkan untuk digunakan di kelas dalam usaha meningkatkan literasi sains siswa ialah melalui pendekatan SETS (Science, Environment, Technology and Society). Titik pusat pembelajaran sains berwawasan SETS ialah penggabungan antara konsep sains yang dipelajari dan implikasinya terhadap lingkungan, teknologi dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan pendekatan SETS terhadap literasi sains siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian time series. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tarakan dan sampel penelitian adalah kelas VII J. Hasil penelitian uji homogenitas dan uji normalitas didapatkan hasil bahwa data homogeny dan normal. Analisis uji T sampel berpasangan diperoleh hasil dengan nilai signifikasi 0,000. Jika sig(2-tailed) <0,05 maka Ha diterima, kesimpulannya bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pretes dan postes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Pendekatan SETS berpengaruh dan terdapat perbedaan yang signifikan antara pretes pertama hingga keempat dengan postes pertama hingga keempat, 2) Grafik hasil penelitian menunjukkan hasil nilai rata-rata pretes stabil dan konsisten kemudian setelah diberikan perlakuan keadaannya meningkat secara konsisten pula.

 

Kata kunci: Literasi Sains, Pembelajaran IPA, Pendekatan SETS.


Full Text:

PDF

References


Adawiyah, R., & Wisudawati, A. (2017). Pengembangan instrumen tes berbasis literasi sains. Indonesian Journal of Curriculum and Educational Technology Studies, 5(2), 112-121.

Avci, D. E., Onal, N. S., & Usak, M. (2014). Turkish teachers’ opinions about science-technology-society-environment acquisitions in science and technology course curriculum. Journal of Baltic Science Education, 13(2), 216.

Firdaus, F. (2017). Pengembangan media pembelajaran bervisi SETS berbantuan komputer untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah. Indonesian Journal of Science and Education, 1(1), 17-29.

Komariah, S. (2015). Penerapan Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, Society) Dalam Pembelajaran Biologi Berbasis Imtaq Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Pencemaran Lingkungan Di SMA Negeri 8 Kota Cirebon. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Cirebon. Bandung.

Kurnia, W., Khomsiyah, K., & Sofie, S. (2014). Pengaruh Kompetensi, Independensi, Tekanan Waktu, dan Etika Auditor terhadap Kualitas Audit. Jurnal Akuntansi Trisakti, 1(2), 49-67.

Novaliyosi. (2019). Perkembangan Kemampuan Berpikir Logis Matematis Melalui Pendekatan CRA (Concrete-Representational-Abstract) Disertai Penilaian Portofolio. Disertasi. Universitas Negeri Jakarta.

OECD (2014). PISA 2014 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic and Financial Literacy (versi elektronik). Paris: OECD Publishing.

OECD (2016). PISA 2016 Assessment and Analytical Framework: Science, Reading, Mathematic and Financial Literacy (versi elektronik). Paris: OECD Publishing.

Poedjiadi, A. (2010). Sains Teknologi Masyarakat (Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Ragil, Z., & Sukiswo, S. E. (2011). Penerapan pembelajaran sains dengan pendekatan sets pada materi cahaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(1). 69-73.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Toharudin, U., Hendrawati, S. & Rustaman, A. (2011). Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humaniora.

Yager, S. O., Yager, R. E., & Lim, G. (2006). The advantages of an STS approach over a typical textbook dominated approach in middle school science. School science and Mathematics, 106(5), 248-260..

Yuniastuti, E. (2016). Pengaruh Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology and Society) terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII SMP Kartika V-1 Balikpapan Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Sains Terapan 2 (1), 72-78.




DOI: https://doi.org/10.35334/bjbe.v2i1.1737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Person :

Dewi Retnaningati, S.Pd., M.Sc.
Biology Education Departement

Faculty of Teacher Training and Education
University of Borneo Tarakan
Amal Lama St. No. 1
Tarakan City, North Kalimantan, Indonesia
Mobile Phone (Telp./WA): 082313986329

INDEXING BY:

 Dimensions CrossrefGoogle Scholar Garuda