ANALISIS URGENSI PENGEMBANGAN BOOKLET PADA MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN KELAS XI SMA/MA

Utari Akhir Gusti, S. Syamsurizal

Abstract


Abstrak

Pendidikan merupakan bagian terpenting dalam membentuk manusia yang berkualitas. Kesiapan guru dalam meningkatkan pembelajaran dilihat dari sumber belajarnya. Buku sebagai sumber belajar yang pada umumnya digunakan guru dan peserta didik. Buku yeng relatif tebal dan berat mengakibatkan peserta didik malas mempelajarinya. Booklet adalah buku kecil dan sederhana yang dapat digunakan dalam pembelajaran biologi khusunya pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Pada materi ini terbilang sulit oleh peserta didik, sehingga dibutuhkan pengembangan booklet pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pentingnya pengembangan booklet pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Jenis penelitan yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dan studi literatur. Jenis pengumpulan data dari hasil angket observasi peserta didik, guru dan hasil ulangan harian peserta didik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan sebesar 100% guru membutuhkan dan setuju dikembangkan booklet pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Sebesar 90,3% peserta didik setuju dikembangkan booklet struktur dan fungsi jaringan tumbuhan.

Kata kunci

Booklet, Pengembangan, Struktur dan fungsi jaringan tumbuhan

Abstract

Education is essential part of forming a quality human being. Teachers' readiness to improve learning is seen from the learning source. Books as a learning resource are generally used by teachers and students. Teachers and students generally use books as a learning resource. Books are relatively thick and heavy, resulting in students being lazy to learn them. Booklets are small and simple books that can be used in learning biology, especially plant tissue structure and function. This material is fairly difficult for students, so the development of a booklet on the structure and function of plant tissue is needed. The type of research used is descriptive qualitative and literature studies. This type of data collection is from the results of the student's observation questionnaire, the teacher and the results of the student daily tests. Based on research conducted, 100% of teachers needed and agreed to develop a booklet on the structure and function of plant tissue. A total of 90.3% students agreed to develop a booklet on the plant tissues structure and function.

Keywords

Booklet, Development, Plant tissues Structure and function

 


Full Text:

PDF

References


Adam, S., & Syastra, M. T. (2015). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X SMA Ananda Batam. CBIS Journal, 3(2), 78-90.

Alimah, S. (2013). Kearifan Lokal dalam Inovasi Pembelajaran Biologi: Strategi Membangun Anak Indonesia yang Literate dan Berkarakter untuk Konservasi Alam. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Andriyani, F., Saraswati, R. R., Melasari, D., Putri, A., & Sumardani, D. (2020). Monopoly Learning Media : Education Media in Structure and Function of Plant Tissue Theory Media Pembelajaran Monopoli : Media Edukasi Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Jurnal Pendidikan Biologi Nukleus, 6(1), 81–87.

Dewa Ayu Indra Wahyuni, I Ketut Adnyana Putra, dan I. W. D. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Time Token terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(3), 154–161.

Fatmawati, D. P. (2020). Implementasi Media Booklet Timbul Berbasis Braile Materi Kenampakan Alam Provinsi Jawa Timur. Jurnal Skripta, 6(1) : 13-19.

Hamidah, I., & Ratnasari, A. (2020). Spizaetus : Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi. Spizaetus : Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, October.

HARAHAP, I. A. (2013). PENGEMBANGAN BOOKLET SISTEM PERNAPASAN MANUSIA SEBAGAI SUPLEMEN BAHAN AJAR IPA KELAS VIII SMP. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Huang, R., Yang, J., & Chang, T.-W. (2020). Handbook on Facilitating Flexible Learning During Educational Disruption: The Chinese Experience in Maintaining Undisrupted Learning in COVID-19 Outbreak 15 Mac 2020. International Research and Training Center for Rural Educationâ€, 1–48.

Octiana, Neli. 2019. “Pengembangan Booklet Pola Pewarisan Sifat pada Hukum Mendel sebagai Suplemen Pembelajaran Genetika di SMAâ€.Skripsi, 160 Hal., Universitas Negeri Padang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Padang, Agustus 2019.

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring. Seminar Nasional Teknologi Komputer Dan Sains (SAINTEKS), 56–60.

Samhuliya, D. (2019). Pola-pola hereditas pada makhluk hidup sebagai suplemen bahan ajar genetika di sma.

Sarah, R. A. P., & Effendi, Z. M. (2019). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Biologi Kelas X Sma. Wahana Didaktika: Jurnal Ilmu Kependidikan, 17(3), 356-365.

Sari, M. D. L., Suniasih, N. W., & Suadnyana, I. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi Menggunakan Media Booklet terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 1(3), 154-161.

Susanto, H., & Akmal, H. (2019). Media Pembelajaran Sejarah Era Teknologi Informasi : Konsep Dasar, Prinsip Aplikatif, Dan Perancangannya. In Media Pembelajaran.

Tari, Indah Kusuma. (2019). Pengembangan Booklet Insekta Sebagai Media Pembelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Di Sma Negeri 12 Semarang. Universitas Islam Negeri Walisongo.

Yulianti, Nanda Ayu Fitri Diva Maharani, F. N. K. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA E-BOOKLET MATERI ZAT UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER SISWA SD ISLAMIC GLOBAL SCHOOL MALANG. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 6(2), 112-119.

Zhang, W., Wang, Y., Yang, L., & Wang, C. (2020). Suspending Classes Without Stopping Learning: China’s Education Emergency Management Policy in the COVID-19 Outbreak. Journal of Risk and Financial Management, 13(3), 55.




DOI: https://doi.org/10.35334/bjbe.v3i1.1896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Person :

Dewi Retnaningati, S.Pd., M.Sc.
Biology Education Departement

Faculty of Teacher Training and Education
University of Borneo Tarakan
Amal Lama St. No. 1
Tarakan City, North Kalimantan, Indonesia
Mobile Phone (Telp./WA): 082313986329

INDEXING BY:

 Dimensions CrossrefGoogle Scholar Garuda