TREN TOPIK ARTIKEL ILMIAH MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN YANG DIPUBLIKASIKAN TAHUN 2015-2021

Nur Mulya Astuti, Fadhlan Muchlas Abrori, Zulfadli Zulfadli

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tren topik artikel ilmiah Mahasiswa Prodi
Pendidikan Biologi Universitas Borneo Tarakan yang dipublikasikan tahun 2015-2021.
Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif dengan jenis penelitian Studi Pustaka
(Library Research). Subjek dalam penelitian ini adalah artikel ilmiah Mahasiswa Prodi
Pendidikan Biologi Universitas Borneo Tarakan yang dipublikasikan tahun 2015-2021.
Kategori yang dilihat adalah topik penelitian, tahun publikasi, jurnal publikasi,
pendekatan dan jenis penelitian. Artikel ilmiah yang terkumpul berdasarkan data yang
dipublikasikan di jurnal publikasi yaitu 53 dokumen artikel ilmiah. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa Tren topik artikel ilmiah Mahasiswa Pendidikan Biologi UBT
adalah terkait Media, Bahan ajar, Sumber Belajar dengan persentase rata-rata 18.9%,
Etnobiologi dengan persentase rata-rata 17.0%, dan Strategi pembelajaran & Pengajaran
dengan persentase rata-rata 15.1%. Selanjutnya, pendekatan yang paling banyak
digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan nilai persentase 38% dan jenis penelitian
Survei. Publikasi artikel ilmiah yang tertinggi dalam enam tahun terakhir (2015-2021)
berada pada tahun 2019. Sedangkan, untuk distribusi jurnal publikasi yang memuat karya
ilmiah Pendidikan Biologi Universitas Borneo Tarakan, terdapat 12 jurnal publikasi yang
dipilih oleh mahasiswa untuk menerbitkan karya ilmiahnya. 

Kata kunci

Identifikasi, Tren topik, Artikel Ilmiah

 

Abstract

This study aims to identify trends in the topic of scientific articles by students of the
Biology Education Study Program at the University of Borneo Tarakan which were
published in 2015-2021. This research uses a qualitative approach with the type of library
research. The subject of this research is a scientific article by students of the Biology
Education Study Program at the University of Borneo Tarakan which was published in
2015-2021. The categories seen are research topics, year of publication, journal of
publication, approach and type of research. The scientific articles collected are based on data published in published journals, namely 53 scientific article documents. The results showed that the trend of scientific article topics for Biology Education Students at UBT was related to Media, Teaching Materials, Learning Resources with an average percentage of 18.9%, Ethnobiology with an average percentage of 17.0%, and Learning & Teaching Strategies with an average percentage of 15.1%. Furthermore, the most widely used approach is the quantitative approach with a percentage value of 38% and the type of research is Survey. The highest publication of scientific articles in the last six years (2015-2021) was in 2019. Meanwhile, for the distribution 
of publication journals containing scientific papers on Biology Education at the University of Borneo Tarakan, there were 12 publication journals selected by students to publish their scientific works.

Keywords
Identification, Topic Trends, Scientific Articles


Full Text:

PDF

References


Adnan, Zifirdaus dan I Zifirdaus. 2005. Merebut Hati Audiens Internasional: Strategi Ampuh Meraih Publikusi di Jurnal Ilmiah. Jakarta: Gramedia.

Chang, Y.H, Tseng Y.H, and Ye, C. 2010. Trends of Science Education Research: An Automatic Content. Analysis.J Sci Educ Technol 19, 315–331.

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa (Jakarta: PT Gramedia Pustaka, 2008), h. 1289.

Duit, R. (2007). Science education research internationally: Conception, research methods, domain of research. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education.

Dwiyantoro. 2020. Tren Topik Penelitian Jurnal Terakreditasi Peringkat Sinta 2 Bidang Ilmu Perpustakaan dan Informasi di Indonesia Periode 2013-2019 (Analisis Subjek Menggunakan Pendekatan Bibliometrik Co-Word). Media Pustakawan Vol 27 No. 1

Dwiyantoro, & Junandi, S. (2019). Tren Topik Penelitian dan Kajian Bibliometrik Prosiding Bidang Ilmu Perpustakaan di Indonesia Periode 2015-2017.26(3), 199–209.

Failasuf, Chakam. 2015. Analisis Kecenderungan Penelitian Mahasiswa Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta. Al-Ma’Rifah. Vol. 12 No.1, April 2015.

Firdaus L.N. dan Arief, R. H. (2014). Trend 25 Tahun (1988-2012) Penelitian Tugas Akhir Mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau. Jurnal Biogenesis, Vol. 10, Nomor 2, Februari 2014.

Gul, S., & Sozbilir, M. (2015).Biology education research research in Turkey.Eurasia Journal of Mathematics Science & Technology Education, 11 (1), 93-109.

Hasanah, Mila. 2014. Analisis Kecenderungan Penelitian Skripsi Mahasiswa PGMI sebagai Revitalisasi Bidang Keahlian Guru MI (Suatu Pendekatan Meta-Analisis).Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Iblidaiyah. Vol IV (01)

Haviz, M & Ridho, M. 2019. Tren Penelitian Pendidikan Biologi 2012-2017: Analisis Konten Paper di Jurnal Terseleksi dari Indeks Publikasi Indonesia. IAIN : EDUSAINS. Volume 11 Nomor 02 Tahun 2019, 222-232.

Herlanti, Yanti. 2020. Trend Riset Pendidikan Biologi. Seminar Nasional Pembelajaran Biologi di Era Revolusi Industri 4.0. Jawa Barat : Universitas Kuningan.

Ibnu, Suhadi (2000) “Penulisan Artikel Konseptual dan Artikel Hasil Penelitian†Menulis Artikel Untuk Jurnal ilmiah. Malang: UM Press.

Indriani, Ari. 2019. Analisis Kecenderungan Metode Penelitian Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika di IKIP PGRI Bojonegoro (Diakses tanggal 20 Juni 2021. Jam 16.40 WITA)

Kemendikbud. (2019). Hasil PISA (Programme for International Student Assessment) Indonesia 2018. Jakarta : Kemendikbud. (Diakses tanggal 2 Maret 2021. Jam: 18.05 WITA).

https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2019/12/hasil-pisa-indonesia-2018-akses-makinmeluas-saatnya-tingkatkan-kualitas

Kharis, F. A., & Kurniawan, A. T. (2016).Pemetaan Ilmu Perpustakaan Berdasarkan Kata Kunci Pada Majalah Visi Pustaka Tahun 2000-2014. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 1 No 1, 34–49.

Khatibah, K. (2011). Penelitian kepustakaan. Iqra': Jurnal Perpustakaan dan Informasi,, 5(01), 36-39.

Kriswanto, Y Yudi, Dwi W R, Dwininda K., dkk.(2019). Kecenderungan topik penelitian di bidang ilmu perpustakaan dan informasi denganpendekatan Kaidah Zipf.Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, Vol. 15 No. 1, Juni 2019 ISSN 2477-0361

Lin, C. T., Lin, J. T., & Tsai, C. C. (2014). Research trend in science education from 2008-2012: asistematics content analysis of publication in selected journals. International Journal of Science Education ,36 (8), 1346-1372.

Maryati, 2010. Statistika Ekonomi dan Bisnis, Edisi Revisi Cetakan Kedua Yogyakarta (UPP) AMPYKPN.

Mathar,Taufik, dkk.2017. Tren Publikasi Jurnal Ilmiah Online di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Khizanah al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, dan Kearsipan. (5)2, 222-231.

Muhiddin. 2018. Analisis Tren Penelitian Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Kelas Internasional di Universitas Negeri Makassar. Skripsi dipublikasikan

Nursaeni. 2016. Tema Kajian Skripsi Mahasiswa Fakultas Tarbiyah IAIN Palopo (Deskripsi Kecenderungan Pilihan Tema-tema Penelitian Pendidikan).Journal of Islamic Education Management. Vol 1(1): 56-72

Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Pendidikan Bahasa. STIBA : Surakarta

Pardjono, dkk. 2017. Analisis Faktor-Faktor Penghambat Produktivitas Publikasi Karya Ilmiah Mahasiswa Pps Uny Pada Jurnal Internasional Terindeks. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin. Volume 2 Nomor 2 Oktober 2017 hal 139-147 e-ISSN: 2548-7590

Prihayati, Ary. 2007. Studi tentang kecenderungan pemilihan judul skripsi mahasiswa seni rupa fkip uns tahun 1995-2005. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UNS.

Renkema, J. (2004). Introduction to Discourse Studies. Amsterdam: John Benjamins Publishing Company (Terjemahan).

Rustaman, Nuryani.Y. 2007. Pendidikan Biologi dan Trend Penelitiannya. Makalah Kunci Prosiding Seminar Nasional Biologi. Diakses tanggal 7 Februari 2021, Jam 20.30 WITA (Online).

Satiawardana, Tri Hardian danEko Nugroho.2019. Analisis Tren dan Perkembangan Tesis Bidangteknologi Pendidikan Universitas Sebelas Maret Menggunakan Teknik Science Mapping.ISSN 0125-9008 (Print); ISSN 2301-8593 (Online).SK Dirjen Risbang Kemristekdikti No 21/E/KPT/2018 (Peringkat 2 SINTA)

Sari, Milya & Asmendri. 2020. Penelitian kepustakaan (Library research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. 6 (1), 2020, (41-53) . ISSN: 2715-470X (Online), 2477 – 6181(Cetak).

Silalahi, Ulber. 2010. Metode Penelitian Sosial. Bandung : Refika Aditama.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryoputro, Gunawan., Sugeng R, dan Ali Sya’ban. 2012. Menulis Artikel untuk Jurnal Ilmiah. Jakarta : Uhamka Press.

Widodo, A. (2009). Gambaran penelitian pendidikan biologi: Perkembangan penelitian di Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI. Asimilasi, 1(1), 54:61

Zubaidah, Siti. (2018). Trend Penelitian Pendidikan Biologi. FMIPA Universitas Negeri Malang.




DOI: https://doi.org/10.35334/bjbe.v4i1.2545

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Person :

Dewi Retnaningati, S.Pd., M.Sc.
Biology Education Departement

Faculty of Teacher Training and Education
University of Borneo Tarakan
Amal Lama St. No. 1
Tarakan City, North Kalimantan, Indonesia
Mobile Phone (Telp./WA): 082313986329

INDEXING BY:

 Dimensions CrossrefGoogle Scholar Garuda