ANALISIS VALIDITAS DAN RELIABILITAS ANGKET SIKAP MATEMATIS BIOLOGIS SISWA SMA PADA MATERI HEREDITAS MANUSIA

Waliyyatu Azzahra, Sariwulan Diana, Eni Nuraeni

Abstract


Pembelajaran biologi yang diintegrasikan dengan matematika terkadang menyebabkan kesulitan bagi siswa dalam memahaminya. Memahami sikap matematis biologis siswa perlu dipelajari oleh guru untuk membantu mereka mempersiapkan diri menghadapi tantangan dalam ilmu pengetahuan dan karier di abad ke-21 yang semakin terintegrasi dan kompleks. Penelitian ini bertujuan menganalisis kualitas instrumen angket sikap matematis biologis SMA pada materi hereditas pada manusia untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya agar layak digunakan dalam penelitian yang lebih luas. Analisis dilakukan terhadap tiga indikator sikap matematis biologis, yaitu interest, utility value, dan perceived cost. Analisis menggunakan program SPSS dengan jumlah pernyataan angket sebanyak 15 butir dalam bentuk skala Likert. Hasil analisis menunjukkan bahwa semua butir pernyataan dinyatakan valid dibuktikan dengan nilai rhitung > rtabel. (0,463). Nilai rhitung terbesar yaitu 0.922 dengan kategori validitas sangat tinggi dan terkecil sebesar 0.668 dengan validitas tinggi, Sementara itu, reliabilitas angket ditunjukkan oleh nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,923 dengan kategori sangat tinggi. Hasil pengembangan dan analisis instrumen angket ini memberikan keyakinan kepada peneliti bahwa data yang dikumpulkan menggunakan instrumen tersebut dapat diandalkan untuk mengetahui sikap matematis biologis siswa dan diharapkan dapat digunakan dalam penelitian lebih lanjut.

Full Text:

PDF

References


Andrews, S. E., Runyon, C., & Aikens, M. L. (2017). The math-biology values instrument: Development of a tool to measure life science majors’ task values of using math in the context of biology. CBE Life Sciences Education, 16(3): 1–12. https://doi.org/10.1187/cbe.17-03-0043

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azzahra, W., & Dwiputra, D. F. K. (2024). Trends in the Implementation of Brain-Based Learning in Indonesia: A Systematic Literature Review. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 7(2), 86- 101. https://doi.org/10.20961/ijpte.v0i0.78793

Çimer, A. (2012). What makes biology learning difficult and effective: Students’ views. Educational Research and Reviews, 7(3), 61-71.

Diana, S. & Rachamatulloh, A. (2017). Genetics concept mastery of high school biology teachers in simeulue archipelago through guided teaching strategy. 57 (ICMSEd 2016), 195–199. https://doi.org/10.2991/icmsed-16.2017.42

Elmas, C & Altunglu, B., D. (2023). The Cognitive-affective Distinction in Achievement Goal: The Development and Validation of the Achievement Questionnaire for Biology Learning. Science Education International, 34(3): 177-189.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hakim, R., A., Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas dan Reliabilitas Angket Motivasi Berprestasi. FOKUS. 4(4): 263-268.

Hester, S., Buxner, S., Elfring, L., and Nagy, L. (2014). Integrating Quantitative Thinking into An Introductory Biology Course Improves Students’ Mathematical Reasoning in Biological Contexts. CBE Life Sciences Education. 13(1): 54–64. https://doi.org/10.1187/Cbe.13-07-0129.

Kisoglu, M. (2018). An examination of science high school students’motivation towards learning biology and their attitude towards biology lessons. International Journal of Higher Education, 7(1), 151-164.

Kurniawan, H. (2021). Pengantar Praktis Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Deepublish.

Nuraeni, E., Soesilawaty, S., A., Permana, I., & Rahmania, S. (2019). Students’ Biological-Mathematical Attitude in Quantitative Literacy-Based Learning on the Topic of Ecosystem. Proceeding MSCEIS 2019, October 12, Bandung, Indonesia.

Poladian, L. (2013). Engaging Life-Sciences Students with Mathematical Models: Does Authenticity Help? International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 44(6): 865–876. https://doi.org/10.1080/0020739x.2013.811301.

Rindiasari, P., Hidayat, W., & Yuliani, W. (2021). Uji Validitas dan Reliabilitas Angket Kepercayaan Diri. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 4(5), 367-372. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i5.7257

Setiyawan, A. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Reliabilitas Tes. Jurnal An Nur, 6(2): 341-354.

Setyawati, R. (2018). Instrumen Angket Self-Esteem Mahasiswa Ditinjau dari Validitas dan Reliabitas. Phenomenon: Jurnal Pendidikan MIPA, 7(2), 174-186. https://doi.org/10.21580/phen.2017.7.2.1932

Siregar, H. M. (2022). Pengembangan Instrumen Angket Persepsi Mahasiswa Pendidikan Matematika Terhadap Pembelajaran Daring. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 11(2): 971-985.

Slamet, R. & Wahyuningsih, S. (2022). Validitas dan Reliabilitas Terhadap Instrumen Kepuasan Kerja. Aliansi: Jurnal Manajemen & Bisnis. 17(2): 51-57.

Steen, L.A. (2001). Mathematics and Democracy: The case for quantitative literacy. Princeton, NJ: National Council on Education and the Dissciplines.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Thompson, K. V., Cooke, T. J., Fagan, W. F., Gulick, D., Levy, D., Nelson, K. C., Presson, J. (2013). Infusing quantitative approaches throughout the biological sciences curriculum. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 44(6), 817–833. https://doi.org/10.1080/0020739x.2013.812754.

Thorndike, R., M. (2005). Measurement and Evaluation in Psychology and Education Seventh Edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Wachsmuth, L., P., Runyon, C., R., Drake, J., M., & Dolan, E., L. (2017). Do Biology Students Really Hate Math? Empirical Insights into Undergraduate Life Science Majors’ Emotions About Mathematics, CBE Life Sciences Education 16(3): 1–10. https://doi.org/10.1187/Cbe.16-08-0248.




DOI: https://doi.org/10.35334/bjbe.v6i1.5169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Person :

Dewi Retnaningati, S.Pd., M.Sc.
Biology Education Departement

Faculty of Teacher Training and Education
University of Borneo Tarakan
Amal Lama St. No. 1
Tarakan City, North Kalimantan, Indonesia
Mobile Phone (Telp./WA): 082313986329

INDEXING BY:

 Dimensions CrossrefGoogle Scholar Garuda