UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DAN BUDI PEKERTI (PAK BP) MATERI NILAI-NILAI KRISTIANI DALAM KEHIDUPAN KELUARGA DENGAN PENDEKATAN BERBASIS INKUIRI SISWA KELAS XI TKPI SMK NEGERI 3 TARAKAN
Karisma Rara Butungan
Abstract
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan suatu proses pengkajian masalah pembelajaran di dalam kelas melalui berbagai tindakan terencana, lalu menganalisis pengaruh dari setiap perlakuan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar melalui model pembelajaran dengan pendekatan berbasis Inkuiri. Subjek penelitian ini yaitu hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran dengan pendekatan berbasis inkuiri. Kelas yang digunakan adalah kelas XI TKPI SMKN 3 Tarakan yang berjumlah 11 orang siswa laki-laki. Kelas ini terpilih karena peneliti menjadi guru mata pelajaran PAK dan BP dikelas tersebut. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tindakan dan dokumentasi. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan tiga kali pertemuan mengajar. Penggunaan dua siklus dilakukan supaya dapat diketahui dengan pasti peningkatan hasil belajar siswa dalam memahami pembelajaran menggunakan model pembelajaran dengan pendekatan berbasis inkuiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran dengan pendekatan berbasis inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa, terlihat dengan adanya peningkatan hasil belajar disetiap siklus dan setiap akhir pertemuan mengajar. Pada siklus I menunjukan peningkatan 54,55% sedangkan pada siklus ke II meningkat menjadi 90,91%. Namun demikian, masih ada 1 orang siswa atau 9,09% belum mencapai ketuntasan dalam pembelajaran sehingga diberikan remedial secara khusus, maka semua siswa kelas XI TKPI mengalami ketuntasan dalam pembelajaran. Kesimpulannya adalah model pembelajaran dengan pendekatan berbasis inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar siswa sehingga disarankan kepada guru untuk mempersiapkan model pembelajaran dan media yang tepat ketika mengajar, guna mendukung terlaksananya proses pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan siswa.
Keywords
Hasil Belajar; Pendekatan Inkuiri
References
, Alkitab, Lembaga Alkitab Indonesia, Jakarta
Kosasih E. 2018. Strategi Belajar dan Pembelajaran. Bandung: YramaWidya
Anam, Khoirul. 2017. Pembelajaran Berbasis Inkuiri. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Depdikbud. 2006. Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Balai Pustaka
Non-Serano, Pdt. Janse Belandina, dkk. 2018. Buku Guru
Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas XI. Jakarta: Kementrian Pendidikandan Kebudayaan Republik Indonesia
Non-Serano, Pdt. Janse Belandina, dkk. 2018. Buku Siswa Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti Kelas XI. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Daryanto, dkk. 2017. Pembelajaran Abad 21.Yogyakarta: Gava Media
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. www.depdiknas.go.id
Winataputra, Udin S dan Rosita, Tita. 2008. Belajar dan Pembelajaran modul 1-6, Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah
DOI:
https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v3i2.1662
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Borneo Humaniora
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-ISSN: 2599-3305
P-ISSN: 2615-4331
Contact Person:
Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd
Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Borneo Tarakan
Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara
Email: ubthumaniora@gmail.com