MENINGKATKAN SKOR TOEFL LISTENING MAHASISWA MELALUI GROUP INVESTIGATION BAGI MAHASISWA SEMESTER EMPAT JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan skor TOEFL pada bagian Listening melalui Group Investigation bagi mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Borneo Tarakan. Subyek pada penelitian ini adalah mahasiswa semester empat (IV). Untuk mengetahui perbedaan hasil pretest dan posttest sebelum diberi perlakuan, data dianalisis menggunakan desain pre-experiment one group pretest-posttest. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa pengajaran TOEFL Listening Test menggunakan model pembelajaran Group Investigation memberikan hasil yang baik dengan meningkatnya nilai TOEFL pada pretest sebesar 37,68 dan posttest sebesar 45,16. Berdasarkan uji hipotesis menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,000 < 0,05).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
__________. 2003. Educational Research: an introduction 7th edition. United States: Pearson Education, Inc.
Gall, Meredith, Joyce, P, dan Borg, Walter R. 2007. Educational Research: an introduction 8th edition. United States: Pearson Education, Inc.
Hinkel, Eli. 1994. TOEFL Test Strategies. New York: Barron’s.
Suryati, Junaidi Matsum, dan Nuraini Asriati, 2016: Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Power Point dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran UNTAN
Susy Pransiska, Rayandra Asyhar, dan Asrial, 2016. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP dalam Pembelajaran IPA Terpadu pada Materi Asam, Basa, dan Garam. Edu-Sains Volume 5 No. 2.
DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v1i2.868
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Borneo Humaniora
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-ISSN: 2599-3305
P-ISSN: 2615-4331
Contact Person:
Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd
Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Borneo Tarakan
Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara
Email: ubthumaniora@gmail.com