DESAIN MODEL PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBAHASA BAGI SISWA SEKOLAH DASAR SE-KALIMANTAN UTARA
Abstract
Keterampilan Berbahasa perlu diajarkan sejak dini bagi siswa sekolah dasar. Keterampilan berbahasa perlu diajarkan bagi siswa SD kelas rendah dan kelas tinggi, sesuai kebutuhan pengajaran di kelas. Pengajaran keterampilan berbahasa bagi siswa SD baik kelas rendah maupun kelas tinggi dapat dilakukan pada pembelajaran bahasa Indonesia. Dalam pembelajaran bahasa di sekolah dasar, adakalanya guru kurang memperhatikan pentingnya keterampiln berbahasa yang meliputi menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.tujuan penelitian ini mendeskripsikan desain model pembelajaran keterampilan berbahasa bagi siswa SD se Kalimantan Utara,metoda/pendekatan dalam penelitian ini melaksanakan tahapan dari Miles dan Huberman dalam menganalisis data. dan hasil penelitian ini berupa penerapan model pembelajaran keterampilan berbahasa (menyimak, berbicara, membacadan menulis) yang digunakan oleh sebagian besar guru SD di Kalimantan Utara masih konvensional (di dominasi oleh ceramah di kelas). Selain itu, penggunaan media pembelajaran belum sepenuhnya memadai dan maksimal. Demikian juga kegiatan pembelajaran di kelas berkaitan dengan keterampilan berbahasa yang dilakukan oleh guru belum memenuhi empat aspek keterampilan berbahasa yaitu berbicara, menyimak, membaca dan menulis. Rata-rata guru hanya sebatas menerapkan dua atau tiga aspek keterampilan berbahasa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Iskandarwarsid.2009. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Jazuli, dkk.. 2014. Cara praktis Belajar Membaca Untuk Anak-anak 4-6 Tahun, Jakarta: PT. Kawan Pustaka.
Joyce dan Weil. 2000. Models Of Teaching. Fourth Edition Massa Chusettes: Allyn and Bacon Publishing Company.
Kemdikbud. 2016. Materi Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan No.103 tahun 2014 tentang pembelajaran pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.
Rahim, Farida. 2005.Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.Rusman. 2014. Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Sadhono, Kundharu. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia (Teori dan Aplikasi). Bandung: Karya Putra Darwati.
Sagala, Syaiful.2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Slamet. 2009. Dasar-Dasar Keterampilan Berbahasa Indonesia. Surakarta: UNS Press.
Slameto.2003. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta:Rineka Cipta.
Sugandi, Achmad, dkk. 2004. Teori Pembelajaran. Semarang:UPT MKK UNNES.
Sugandi, Achmad, dkk.2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang:IKIP PRESS.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Toeti Soekamto dan Winataputra. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: UT.
Trianto.2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 20.
Warsita. 2008. Teknologi Pembelajaran dan Aplikasinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Zuchdi, Darmiyati. 2008. Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca: Peningkatan Membaca. Yogyakarta: FBS IKIP Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v1i2.872
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Borneo Humaniora
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-ISSN: 2599-3305
P-ISSN: 2615-4331
Contact Person:
Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd
Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Borneo Tarakan
Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara
Email: ubthumaniora@gmail.com