PERAN PT PERMODALAN NASIONAL MADANI (PT PNM) DALAM PEMBIAYAAN PELAKU USAHA AGRIBISNIS DI KOTA TARAKAN

Sekar Inten Mulyani, Afnan Afnan

Abstract


Lembaga  ULaMM mendukung pembiayaan pelaku usaha di Kota Tarakan sejak tahun  2016 sampai sekarang telah melayani 99 pelaku usaha diberbagai bidang usaha jasa dan barang. Pelaku usaha dibidang agribisnis yang terlayani sebanyak 30 nasabah yang memiliki usaha di bidang subsistem hilir agribisnis. Tujuan penelitian ini: 1) Mengetahui peranan PT PNM bagi pelaku usaha agribisnis di Kota Tarakan, 2) Mengetahui persepsi  pelaku usaha terhadap  layanan PT PNM di Kota Tarakan, dan 3).Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi nasabah pada  pelayanan PT PNM. Penelitian ini dilaksanakan di Kota Tarakan dengan objek kajian di Unit Layanan Modal Mikro (ULaMM) PT. Permodalan Nasional Madani (PNM). Waktu Penelitian Bulan September – Desember 2019.  Responden ditentukan dengan mengunakan metode purposive sampling dengan pertimbangan pada penentuan kriteria responden, diambil sebanyak 30 responden yang merupakan nasabah ULaMM yang bergerak disektor usaha agribisnis. Analisis data yang digunakan untuk tujuan pertama dengan metode deskriptif kualitatif. Sedangkan tujuan kedua Mengetahui persepsi  pelaku usaha terhadap  layanan PT PNM di Kota Tarakan. Faktor – faktor yang mempengaruhi persepsi nasabah dianalisis menggunakan regresi berganda melalui aplikasi SPSS  sehingga dapat diketahui seberapa besar pengaruh (R2) kualitas layanan (tangible, realibility, responsiveness, assurance dan emphaty). Hasil menunjukan peranan PT PNM bagi pelaku usaha di Kota Tarakan adalah sebagai lembaga pembiayaan modal usaha dan memberikan bimbingan serta pelatihan bagi nasabah PT PNM. Persepsi nasabah terhadap kualitas layanan PT PNM di kota Tarakan 97% menyatakan kualitas layanan yang diberikan dalam kategori baik. Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi kualitas pelayanan memiliki R2 sebesar 97,1% dan secara parsial x1,x2,x3,x4 dan x5 berpengaruh signifikan terhadap Y.

Keywords


Peran; Persepsi; Pelayanan

Full Text:

PDF

References


Cahyani DP, 2016. Tingkat Kepuasan Nasabah Terhadap Kualitas Layanan Perbankan Syariah di Yogyakarta. Jurnal Bisnis dan Manajemen . Vol 6 (2). Hal 151-162.

Juliansyah, 2012. Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis dan Disertasi Karya Ilmiah. Cetakan Kedua ,Kencana Prenada Media, Jakarta.

Layyinaturrabaniyah dan Muizu, 2017. Pendampingan Pengelolaan Keuangan Usaha Mikro di Desa Purwodadi Barat dan Pasirbungur Kabupaten Subang. Pekbis Jurnal Vol 9 (2) hal 91 -103.

Sugiyono, 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Alfabeta, Bandung.




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_saintek.v3i1.1409

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Borneo Saintek

POSKOBET

POSKOBET

POSTOTO787

POSTOTO787

EMAS787

EMAS787

Slot thailand

SUNDA787

Bandar Togel

ASIABET777

ASIABET777

https://mega888slots.com

https://www.thecarecommunity.com

https://dikporanganjuk.org

https://dikporapapua.org

4d

diamond murah

https://vouchergame.net/