ANALISIS INFORMASI PASAR KOMODITI MANGGA DI WILAYAH PERBATASAN INDONESIA MALAYSIA (SEBUAH KASUS DI DESA AJI KUNING KECAMATAN SEBATIK TENGAH )
Abstract
Usahatani hortikultura khususnya buah-buahan di Indonesia selama ini hanya dipandang sebagai usaha sampingan yang sederhana serta ditanam di pekarangan atau areal sempit, penerapan teknik budidaya, dan penanganan pasca panen yang masih sederhana. Permintaan pasar terhadap buah baik dari pasar lokal maupun pasar ekspor yang menghendaki mutu tertentu, ukuran seragam dan pasokan buah yang berkesinambungan. Salah satu faktor yang mendukung keberhasilan usaha tani adalah aspek pemasaran.Aspek pemasaran berfungsi untuk meningkatkan nilai kegunaan suatu produk. Sebagai salah satu wilayah pengembangan buah mangga di wilayah Kalimantan Utara, Pulau Sebatik memiliki potensi strategis sebagai penghasil komoditi durian dan berbatasan dengan dengan wilayah negara Malaysia. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis saluran pemasaran dan peran sistem informasi pasar pada tataniaga komoditas mangga di Desa Aji Kuning Kecamatan Sebatik Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunaka dua elemen yaitu elemen informasi pasar dan manajemen informasi pasar dan dianalisis dengan menggunakan frekuensi distribusi relative menurut kategori jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua model pemasaran komoditi durian dan sistem informasi pasar yang terbentuk merupakan interaksi antara penawaran dan permintaan. Dan mayoritas responden menggunakan sistem informasi yang bersifat informal yaitu dari mulut ke mulut dan cenderung lebih mempercayai sumber informasi dari pedagang pengumpul.
Keywords
Informasi, Mangga, Pasar, Pemasaran, Saluran
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.35334/borneo_saintek.v2i1.636
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Borneo Saintek