PERAN CAREGIVER MENGEMBANGKAN KEMANDIRIAN HYGIENE ANAK BINAAN DI YAYASAN SOSIAL KOTA TARAKAN

Nurman Hidaya

Abstract


Kemampuan mandiri dalam hygiene merupakan faktor terpenting dalam mencegah covid-19. Untuk memahami strategi dan tindakan caregiver dalam mengembangkan kemandirian hygiene anak panti sosial. Penelitian kualitatif dengan desain fenomenologi yang melibatkan tujuh orang caregiver. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, menggunakan tematik Braun & Clarke dilakukan untuk menganalisis data. Hasil penelitian ini menemukan lima tema yang menggambarkan pengalaman caregiver dalam mengembangkan kemandirian hygiene anak saat pembatasan sosial skala besar meliputi : mewajibkan anak-anak waktu masuk panti setelah dari luar untuk mencuci tangan,  menjadi role model dalam menerapkan protokol kesehatan, Sosialisasi cara mencuci tangan yang baik, sosialisasi menjaga daya tahan tubuh, bersabar dalam mengajarkan dan mengingatkan. berusaha secara maksimal dalam meningkatkan kemandirian hygiene anak.


References


Afriyeni, N., & Sartana, S. (2017). Gambaran Tekanan Dan Beban Yang Dialami Oleh Keluarga Sebagai Caregiver Penderita Psikotik Di Rsj Prof. H.B. Sa’Anin Padang. Jurnal Ecopsy, 3(3), 115–120. https://doi.org/10.20527/ecopsy.v3i3.2671

Darmalaksana, Wahyudin, R Yuli Ahmad Hambali, and Ali Masrur.2020. “Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Movie-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 2,†12.

Kemenkes RI. (2020b). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus Disease (COVID-19). Pedoman Kesiapan Menghadapi COVID-19.

Kumayang Sari, A., Kurniah dan Anni Suprapti, N., Kurniah, N., & Suprapti, A. (2016). Upaya Guru Untuk Mengembangkan Kemandirian Anak Usia Dini Di Gugus Hiporbia. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(1), 1–6.

Mubarok, Z., Hafidhuddin, D., Tanjung, H., & Tamam, M. (2018). Pendidikan wirausaha bagi anak Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah dan pengaruhnya terhadap kemandirian anak. Jurnal Pendidikan Islam Ta’dinb, 7(2), 152–172. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v7i2.1359.

Muntaha, 2012. Pendidikan Kemandirian Anak-Anak Yatim Piatu Panti Asuhan Darul Hadlanah Blotongan Salatiga. Skripsi tidak dipublikasikan. Salatiga : Jurusan Tarbiyah STAIN Salatiga.

Mustari, Mohamad. (2014). Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Purwanto. (2009). Upaya guru untuk melatih kemandirian anak usia dini di TK islam Ar-rahman Papringan Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Rosidin, U., Sumarna, U., dan Eriyani, T. (2019). Determinan Pelaksanaan PHBS Rumah Tangga di Desa Jayaraga Tarogong Kidul Kabupaten Garut. Jurnal Keperawatan BSI, 7(1).

Tabi’in, A. (2020). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Anak Usia Dini Sebagai Upaya Pencegahan Covid 19. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 6(1), 58. https://doi.org/10.18592/jea.v6i1.3620

Taryatman. (2016). Budaya Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah Dasar Untuk Membangun Genersi Muda yang Berkarakter. Trihayu: Jurnal Pendidikan, 3(1), 8–13.

Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 pasal 79 tentang Kesehatan.

Wiyani, Novan Ardy. 2013. Bina Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: ArRuzz Media.




DOI: https://doi.org/10.35334/borticalth.v4i1.1676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal Of Borneo Holistic Health Indexed by:

image hostimage host

  

JOURNAL OF BORNEO HOLISTIC HEALTH

FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS BORNEO TARAKAN

JL. AMAL LAMA, NOMOR 1, KELURAHAN PANTAI AMAL, KOTA TARAKAN 77123

 

Phone : 085246694869

Email : borticalth@gmail.com

Laman : jurnal.borneo.ac.id/index.php/borticalth 

Lisensi Creative Commons
JOURNAL OF BORNEO HOLISTIC HEALTH disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.