Analisis Kemampuan Membaca di Sekolah Dasar
Abstract
Membaca adalah proses mendapatkan informasi dari tulisan dengan tujuan untuk mengenal huruf hingga kalimat, memahami arti kata-kata dan kalimat serta untuk memperdalam ilmu pengetahuan. Melalui membaca tersebut diharapkan siswa akan lebih mudah belajar. Permasalahan dalam penelitian ini masih rendahnya kemampuan membaca dilihat dari motivasi belajar siswa kelas II SDN 042 Tarakan. Oleh karena itu peneliti berupaya menganalisis kemampuan membaca siswa dilihat dari cara guru dan orang tua dalam memotivasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan membaca huruf, suku kata, kata, dan kalimat serta memahami makna kalimat melalui tes kemampuan membaca yang dilihat dari faktor motivasi belajar siswa kelas II SDN 042 Tarakan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah kelas II-C SDN 042 Tarakan sebanyak 20 siswa, dipilih menggunakan cara sampling jenuh. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan 1 siswa yang baik kemampuan membacanya dan memiliki motivasi belajar yang baik dan 19 siswa masih kurang kemampuan membacanya diantaranya yaitu siswa yang kurang dalam membaca pemahaman 13 orang, siswa yang belum lancar membaca huruf 4 orang, siswa yang belum lancar membaca kata 2 orang, salah satu diantaranya masih mengeja. Dengan demikian, motivasi belajar yang diberikan guru dan orang tua masih kurang.
Â
Kata Kunci: Membaca, Motivasi Belajar
Reading is the process of getting information from written forms with the aim of getting to know letters to sentences, understanding the meaning of words and sentences, and deepening knowledge. By reading it is expected that students will learn more easily. The Problem in this research was the low reading ability viewed from the learning motivation of the second-grade students of SDN 042 Tarakan. Therefore, this research was to analyze the students’ reading abilities viewed from the way teachers and parents motivate their students. This research aimed to determine the ability of the second-grade students of SDN 042 Tarakan to read letters, syllables, words, and sentences, and to understand the meaning of sentences through a reading ability test viewed from a learning motivation factor. This research employed a descriptive qualitative method. The research subjects were the second- grade students of SDN 042 Tarakan consisting of 20 students which were selected using a saturated sampling technique. Based on the results of the research, it was found that 1 student had good reading ability and good learning motivation, and 19 students till lacked the ability to read, including 13 students were lack of reading comprehension, 4 students were not fluent in reading letters, 2 students were not fluent in reading words, 1 of them was still learning to spell. Thus, the learning motivation provided by the teachers and parents was still not optimal.
Keywords: Reading, Learning Motivation
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aljena, S. C., Andari, K. D. W., & Kartini, K. (2020). Pengaruh Reward Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo, 1(2), 127–137.
Andari, H. &. (2020). PERBANDINGAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN METODE GLOBAL BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DI KELAS II SDN 045 TARAKAN Pendidikan Negara kemajuan Pendidikan mempersiapkan memiliki meningkatkan sehingga dapat sangat dalam penting suatu untuk penerus dalam tingg. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4, 11–24.
Andriana, E., Ramadayanti, S., & Noviyanti, T. E. (2020). Pembelajaran IPA di SD Pada Masa Covid 19. Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 3(1).
Novarina, Gheanurma Ekahasta; Santoso, A. F. (2019). Model Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(11), 1448–1456.
Özenç, M., Dursun, H., & Şahin, S. (2020). The effect of activities developed with web 2.0 tools based on the 5e learning cycle model on the multiplication achievement of 4th graders. Participatory Educational Research, 7(3). https://doi.org/10.17275/per.20.37.7.3
Rahman, A., Islam, P. A., Bekasi, U. I., Ipa, P., Padang, U. N., Jambi, U., Pendidikan, M., Islam, A., Uin, F., & Bonjol, I. (2023). Meta-Analisis : Pengaruh Pendekatan STEM berbasis Etnosains Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif Siswa. 3, 2111–2125.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.
Rismawati, R., Wahyuni Andari, K. D., & Kartini, K. (2020). Perbandingan Kemampuan Membaca Permulaan Antara Metode Suku Kata Dengan Metode Eja Berbantuan Media Kartu Kata. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 41–46. https://doi.org/10.24903/pm.v5i1.460
Sari, R. K. (2018). Peran Orang Tua dalam Penyelenggaraan Pendidikan di Sekolah Dasar Lab School UNNES.
Wahidin. (2019). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Anak Sekolah Dasar. Pancar, 3(1), 232–245.
Zakaria, L. M. A., Purwoko, A. A., & Hadisaputra, S. (2021). Brain-Based Learning Teaching Materials to Improve Critical Thinking Skills and Literacy Skills of Students. Proceedings of the 5th Asian Education Symposium 2020 (AES 2020), 566(Aes 2020), 178–181. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210715.038
DOI: https://doi.org/10.35334/eduborneo.v10i1.4165
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexing by :