PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM PERKULIAHAN PENGANTAR DASAR MATEMATIKA

Nurmala R

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development yang bertujuan untuk menghasilkan produk pembelajaran berbasis e-learning yang layak digunakan dalam perkuliahan Pengantar Dasar Matematika. Pengembangan  pembelajaran berbasis e-learning ini mengacu pada model Dick dan Carey yang memiliki 10 tahapan. Instrumen  yang digunakan  untuk  mengumpulkan  data  dalam  penelitian pengembangan  ini  adalah angket validasi ahli dan angket respon mahasiswa. Adapun hasil penelitiannya adalah produk yang dikembangkan yaitu pembelajaran berbasis e-learning layak digunakan dalam proses perkuliahan pengantar dasar matematika. Hal ini berdasarkan analisis data para ahli yaitu masing-masing ahli menunjukkan layak untuk digunakan dengan skor 3,0 untuk ahli media dan 3,2 untuk ahli materi. Respon mahasiswa pada saat dilakukan uji coba didapatkan skora rata-rata 3,2 dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk pembelajaran e-learning dapat dikatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran pengantar dasar matematika.


Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad dkk. (2011). Studi Pemanfaatan e-learning sebagai Media Pembelajaran Guru dan Siswa SMK di Yogyakarta. Yogyakarta : UNY.

Bloomsburg. (2006). E-Learning Concepts and Techniques. E Book. Institute for Interactive Technologies, Bloomsburg University of Pennsylvania, USA

Mardapi, Djamari. (2017). Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Prama Publising

Riduwan. (2002). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alpabeta.

Rusman. (2012). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Mengembangkan Profesional Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.

R, Nurmala, izzatin Maharani. (2018). Pengembangan bahan ajar perkuliahan pdm berbasis buku teks Untuk menumbuhkan kemandirian belajar mahasiswa Pendidikan matematika. JURNAL BORNEO SAINTEK Volume 1, Nomor 3, Oktober 2018 e-ISSN 2599-3313, p-ISSN 2615-434X




DOI: https://doi.org/10.35334/edu.v6i1.901

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing by :

 

View My Stats

  Flag Counter