EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MENGGUNAKAN SOSIODRAMA DALAM MENGURANGI KECEMASAN BERKOMUNIKASI REMAJA DI NAGARI PANTI SELATAN KABUPATEN PASAMAN

Rezy Widya Fatma, Alfi Rahmi

Abstract


ABSTRACT

This study departs from the phenomenon of the existence of teenagers who experience communication anxiety where teenagers are nervous when communicating with new people, shaking and hesitating when expressing opinions in front of a crowd and their facial color changes when asked to talk to a crowd. The aim of this study is to determine the effectiveness of group guidance services using sociodrama in reducing communication anxiety among adolescents in the southern village of the Pasaman Regency.

This research is a pre-experimental research with One Group Pretest Posttest Design model. The population is several youths of the southern village village, while the research sample is teenagers who experience high communication anxiety based on the purposive sampling technique and the results of the pretest. The data collection instrument is a Liker scale. The data analysis technique uses the homogeneity test and the Wilcoxon test, while the data analysis requirements use the SPSS version 15 hypothesis test.

The research results that have been known from the Wilcoxon test results show differences between the pretest and posttest scores. From the calculation results of the Wilcoxon test, a significant p-value of 0.005 was obtained. Based on the applicable provisions, it is known that the Wilcoxon Sig p-value test result is 0.005 < (0.05) which means Ha is accepted and Ho is rejected. From the calculation results of the Wilcoxon test, it can be concluded that there is a decrease in adolescent communication anxiety for pretest and posttest through group guidance services using sociodrama.

 

Keywords: Group Guidance Services Using Sociodrama, Communicating Anxiety

 

ABSTRAK

 Penelitian ini beranjak dari fenomena terdapatnya remaja yang mengalami kecemasan berkomunikasi dimana remaja gugup ketika berkomunikasi dengan orang yang baru dikenal, gemetar dan ragu-ragu ketika menyampaikan pendapat dihadapan orang banyak serta adanya rona wajah yang berubah saat disuruh untuk berbicara dengan orang banyak. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas layanan bimbingan kelompok menggunakan sosiodrama dalam menggurangai kecemasan berkomunikasi remaja di nagari panti selatan kabupaten pasaman.

Penelitian ini adalah penelitian Pre Ekperimen model One Group Pretest Posttest Design. Populasi adalah beberapa remaja nagari panti selatan, sedangkan sampel penelitian adalah remaja yang mengalami kecemasan berkomunikasi yang tinggi berdasarkan teknik pusposive sampling dan hasil dari pretest. Instrument pengumpulan data adalah skala liker. Teknik analisis data menggunakan uji homogenitas dan uji Wilcoxon, sedangkan persyaratan analisis data menggunakan uji hipotesis SPSS versi 15.

Hasil penelitian yang telah diketahui dari hasil uji Wilcoxon menunjukkan perbedaan anatara nilai pretest dan posttest. Dari hasil perhitungan uji Wilcoxon di peroleh nilai signifikan p-value sebesar 0,005. Berdasarkan ketentuan yang berlaku diketahui hasil uji Wilcoxon Sig p-value sebesar 0,005 < α (0,05) yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil perhitungan uji Wilcoxon sapat disimpulkan bahwa terdapat penurunan kecemasan berkomunikasi remaja untuk pretest dan posttest melalui layanan bimbingan kelompok menggunakan sosiodrama.


Kata kunci: Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Sosiodrama, Kecemasan Berkomunikasi


Full Text:

PDF

References


Atkinson. 2010. Pengantar Psikologi. Jakarta: Erlangga

Apriyenti. 2014. “Efektifitas restrukturisasi Kognitif untuk Mereduksi kecemasan Komunikasi pada Remaja: Penelitian Pra-Eksperimen Terhadap Peserta Didik Kelas X Pasunda 2 Bandung Tahun Ajaran 2013/2014â€. (Bandung: Skripsi)

Apriyenti, Seli. 2014. “ Efektivitas Teknik Restrukturitas Kognitif untuk Mereduksi Kecemasan Komunikasi pada Remajaâ€. (Bandung: Skripsi, )

A Muri Yusuf, 2014. Metodologi Penelitian (kuantitatif, kualitatif dan penelitian gabungan), Padang: UNP Press

Burhan Bungin, 2006. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta:Jakarta Putra Grafika

Dona Fitri Annisa and Ifdil Ifdil, ‘Konsep Kecemasan (Anxiety) Pada Lanjut Usia (Lansia)’, Konselor, 5.2 (2016), 93 https://doi.org/10.24036/02016526480-0-00

Eka Nur Septiana, Alfi Rahmi, and Rahmawati Wae, ‘Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Analisis Transaksional Untuk Mereduksi Kecemasan Berbicara Di Depan Kelas Di SMPN 8 Bukittinggi’, Educational Guidance and Counseling Development Journal, 3.2 (2020), 69–75.

Hartono dan Boy Soedarmadji, 2012. Psikologi Konseling, Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Intan Sari, Layanan Bimbingan Kelompok untuk Pencegahan Paham Radikalisme di Perguruan Tinggi Islam. Jurnal Kajian Keagamaan dan Kemasyarakatan. Vol. 03 No 02 (2019), 122 http://ejournal.iainbukittinggi.ac.id/index.php/fuaduna/index.

Jonathan Sarwono, 2006. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif, Yogyakarta: Graha Ilmu

Marabonggala Mukafih Siregar. Penerapan Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan Kemampuan Interpersonal Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Depok Slamen Yogyakarta Tahun Ajaran 2014. (Yogyakarta: Skripsi)

Prayitno. 2001. Panduan Pengawasan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta

Prayitno. 2012. Jenis layanan dan kegiatan pendukung konseling. Padang: FIP-UNP

Prayitno dan Erman. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Asdi Mahasatya

Prayitno. 2004. Seri Kegiatan pendukung Konseling. Padang: Rajawali Pres

Rahmahidayat Sari, 2018. Metodologi Penelitian. Bukittinggi: Suci Percetakan & Photocopy,

Rayyan Rey “ Teknik Sosiodrama didalam Bimbingan dan Konseling Sosial†(online) tersedia http://rayyanrey.blogspot.com.id/2019/12/teknik-sosiodrama.html

Ririn, Asmidir dan Marjohan, Jurnal Konselor, Volume 2 No.1. 2013. hlm. 273. Hubungan antara Keterampilan Komunikasi dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum, diakses pada tanggal 24 juli 2020, pukul: 11.32

Shagita, D.S, Titin. Self-Efficacy dengan Kecemasan Komunikasi pada Mahasiswa dalam Mempresentasikan Tugas didepan Kelas. Jurnal

Suharsimi Arikunto. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Sumadi Suryabrata. 2012. Metode Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Sofyan. 2015. Pengaruh kecemasan berkomunikasi terhadap prestasi akademik mahasiswa. Jurnal Biotek, Vol 3 No. 2

Yeni Afrida, 2015. Efektifitas Teknik Sosiodrama untuk Mengembangkan Kertarikan Sosial Siswa: Studi Kuasi Eksperimen terhadap Siswa Gifted Kelas Unggualan di Pondok Pesantren Modern Almaarif Bukittinggi. Universitas Pendidikan Indonesia




DOI: https://doi.org/10.35334/jbkb.v3i2.2339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo



View My Stats