KEEFEKTIFAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASERTIF UNTUK MENCEGAH KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA
Abstract
The purpose of this study is to determine the effectiveness of group counseling services using assertive techniques to prevent addiction to playing online games. This research method is pre-experimental using a one-group pre-test and post-test research design. This research was conducted at One Roof Middle School 1 Sakra Timur. The instrument in this research is a questionnaire. 6 grade VIII students were sampled in this study because of reasons that indicated online game addiction. This data was obtained based on the results of interviews with the Guidance and Counseling teacher. The conclusion of this study is seen from the results of W count and W table 35 > 0, it can be concluded that the provision of group guidance services using assertive techniques is effective in preventing addiction to playing online games in students
Keywords :Group guidance services, Assertive Techniques, addiction in playing online games
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengatahui keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik asertif untuk mencegah kecanduan bermain game online. Metode penelitian ini adalah Pre-eksperimental dengan menggunakan desain penelitian one-group pre-terest dan post-test. Penelitian ini dilakukan di SMPN Satu Atap 1 Sakra Timur. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket. 6 orang siswa kelas VIII dijadikan sampel dalam penelitian ini karna alasan terindikasi kecanduan game online data ini diperoleh berdasarkan hasil wawancara dengan guru Bimbingan dan Konseling. Kesimpulan penelitian ini dilihat dari hasil W hitung dan W tabel 35 >0 , dapat di simpulkan bahwa pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik asertif efektif mencegah kecanduan bermain game online pada siswa.
Kata Kunci : Layanan bimbingan kelompok, Teknik Asertif, kecanduan bermain game online
Full Text:
PDFReferences
Adiningtiyas, S. W. (2017). Peran guru dalam mengatasi kecanduan game online. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 4(1).
Andriyani, Y. F. Y. P. T. (2018). Pengaruh kecanduan game online terhadap perilaku konsumtif siswa pengguna game online. Jurnal Riset Terapan Akuntansi, 2(2), 169–180.
Aqila, S. (2010). Cara Cerdas Mengatasi Anak Kecanduan Game, Jogjakarta. A plus books.
Ariantoro, T. R. (2016). Dampak Game Online Terhadap Prestasi Belajar Pelajar. JUTIM (Jurnal Teknik Informatika Musirawas), 1(1).
Erlangga, E. (2017). Bimbingan kelompok meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa. PSYMPATHIC: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 149–156.
Ismi, N., & Akmal, A. (2020). Dampak Game Online Terhadap Perilaku Siswa di Lingkungan SMA Negeri 1 Bayang. Journal of Civic Education, 3(1), 1–10.
Kustiawan, A. A., Or, M., Utomo, A. W. B., & Or, M. (2019). Jangan suka game online: Pengaruh game online dan tindakan pencegahan. CV. Ae Media Grafika.
Muliawan, J. U. (2009). Tips Jitu Memilih Permainan Positif Dan Kreatif Untuk Anak Anda. Banguntapan Jogjakarta: Diva Press.
Prasetiawan, H. (2016). Upaya mereduksi kecanduan game online melalui layanan konseling kelompok. Jurnal Fokus Konseling, 2(2).
Prayitno, Afdal, Ifdil, & Ardi, Z. (2017). Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok yang Berhasil: Dasar dan Profil.
Rohman, K. (2018). Agresifitas Anak Kecanduan Game Online. Martabat, 2(1), 155–172.
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (A. Nuryanto (ed.); 3rd ed.). Alfabeta, cv.
Syahran, R. (2015). Ketergantungan online game dan penanganannya. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 1(1).
Wiguna, R. I., Menap, H., Alandari, D. A., & Asmawariza, L. H. (2020). Hubungan Kecanduan Bermain Game Online Dengan Motivasi Belajar Pada Anak Usia 10-12 Tahun. Jurnal Surya Muda, 2(1), 18–26.
Young, K. S. (2009). Internet addiction: The emergence of a new clinical disorder. Cyberpsychology & Behavior, 1(3).
Zuhria, N. L., & Mulyani, S. (2019). Implementasi Penanganan dan Penyikapan Bimbingan Konseling Terhadap Suatu Kasus di SMA Ma’arif Sukorejo. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(1), 67–79.
DOI: https://doi.org/10.35334/jbkb.v5i1.4063
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Baiq Mahyatun, Dewi Yulianti, Eka Lili A lmayanti
View My Stats