Pengaruh Teknik Kontrak Perilaku Terhadap Perilaku Agresif Verbal Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Tanjung Palas Tengah
Abstract
Perilaku agresif verbal adalah bentuk perilaku atau keinginan yang diarahkan dengan tujuan untuk menyakiti dengan tindakan melukai orang lain secara verbal (kata-kata) secara langsung maupun tidak langsung, seperti mengumpat, mengejek, berkata kasar, fitnahan, bergunjing atau menyindir, kritikan, hinaan bahkan ancaman melalui kata-kata jika dibiarkan dan tidak diatasi sesegera mungkin sangat berpotensi untuk memicu perilaku agresif non verbal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan konseling kelompok dengan teknik kontrak perilaku berpengaruh terhadap perilaku agresif verbal siswa. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Tanjung Palas Tengah, penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Populasinya dalam penelitian ini sebanyak 45 siswa kelas IX. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling dengan jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 10 siswa. Analisis data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan infrensial. Uji hipotesis menggunakan uji paired sampel t.test dengan SPSS versi 26.0. Berdasarkan analisis disimpulkan bahwa nilai signifikansi sebesar (0,000 < 0,05) yang artinya terdapat pengaruh teknik kontrak perilaku terhadap perilaku agresif verbal siswa kelas IX di SMP Negeri 1 Tanjung Palas Tengah. Adapun gambaran dari penelitian ini menunjukan bahwa hasil pre-test dan post-test pada indikator memaki, mengejek, menghina, marah-marah, bergosip, adu domba mengalami perubahan nilai ditunjukan dengan penurunan perilaku pada saat pemberian pos-test
Kata Kunci:
Teknik Kontrak Perilaku, Perilaku Agresif Verbal
Full Text:
PDFReferences
Afriany, F., Alfarisi, I., Ade, S., Handayani, A., Sari, E., Luckvaldo, M., & Rudy. (2019). Agresif Verbal di Media Sosial Instagram. Jurnal Administrasi Sosial Dan Humaniora, 3(3)
Arraiani, F. (2014). Perilaku Agresif Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah, 8(2)
Aridhona, J,. Barnawi, Setia, R.D. (2022). Perilaku Agresi Verbal Pada Remaja. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1)
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Azwar, S. (2013). Validitas dan Reliabilitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Clarke, M., & Scurry, T. (2020). The role of the psychological contract in shaping graduate experiences: a study of public sector talent management programmes in the UK and Australia. The International Journal of Human Resource Management, 31(8).
Ferdiansa, G & Neviyarni. (2020). Analisis Perilaku Agresif Siswa. Jurnal Riset Tindakan Indonesia, 5(2).
Fikri, A., Sinring, A., & Pandang, A. (2022). Penerapan Teknik Kontrak Perilaku untuk Mengurangi Perilaku Membolos Siswa di SMA NEGERI 11 SIDRAP. PINISI JOURNAL OF EDUCATION.
Hady, AS., Abdul, S., & Asniar, K. (2020). Implementation of Behavior Contract to Reduce Aggressive Behavior of Students at SMP Negeri 3 Tanete Rilau. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling.
Haslinda, Jahada & Silondae, D.P. (2020) Faktor-Faktor Penyebab Agresi Verbal. Jurnal BENING, 4(1)
Hasnida, L.L. (2016). Konseling Kelompok. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Jamiluddin, M. (2020). Pengembangan Model Konseling kelompok Dengan Teknik Behavior Contract Untuk Mereduksi Perilaku Agresifitas Verbal Siswa MTs Di Kabupaten Kudus. Tesis. Universitas Negeri Semarang
Komalasari, Gantina, & Wahyuni, E. (2011). Teori dan Teknik Konseling. PT. Indeks: Jakarta
Kulsum, U, & Jauhar, M. (2014). Pengantar Psikologi Sosial. Jakarta: Prestasi Pustakanya.
Maba, A.P. (2018). Paradoxical Intention Whitin Group Counseling to Reduce Student Verbal Aggresion. Jurnal Fokus Konseling, 4(1).
Marisa, C., Yekti, W.B & Karneli, Y. (2020). Konseling Behavior Contract Untuk Mengurangi Perilaku Membolos Sekolah di Tingkat Menengah Kejuruan. Jurnal Bimbingan dan Konseling TERAPUTIK. 4(2).
Miltenberger, R. G. (2012). Behavior Modification: Principles and Procedures, Fifth Edition. In Behavior modification: Principles and procedures (2nd ed.).(5th ed.).
https://doi.org/10.1080/01431161.2016.1204478
Nisfiannor, M., & Yulianti, E. (2005). Perbandingan Perilaku Agresif Antara Remaja Yang Berasal Dari Keluarga Bercerai Dengan Keluarga Utuh. Jurnal Psikologi, 3(1).
PARAMITA, F. C. (2017). Penerapan Konseling Behavioristik Dengan Teknik Behaviour Contract Untuk Mengatasi Siswa Yang Sering Terlambat Sekolah Di Smk Wisudha Karya Kudus Tahun Pelajaran 2016/2017. UMK.
Prasetya, A., Fauzy, T., & Ramadhani, E. (2019). Pengaruh Lingkungan Terhadap Perilaku Agresif Verbal Siswa Dalam Berkomunikasi. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(2).
Prayitno, Erman. 2015. Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling Kelompok. Jakarta: PT Rineka Cipta
Qatrunnada, S. (2020). Efektivitas Konseling kelompok Behavioral Teknik Live Dan Symbolic Modeling Untuk mengurangi Perilaku Agresif Verbal Pada Siswa. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Magelang.
Sukarti, S., Kurniawan, K., & Mulawarman. (2018). Mengurangi Bulyying Verbal Melalui Konseling Kelompok Dengan Teknik Kontrak Perilaku. Jurnal Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application.
Sari, V.A., Lasan, B.B., & Sari, E.K.W. (2017). Keefektifan Teknik Sosiodrama Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Verbal Siswa Kelas VII di SMP Negeri 5 Kepanjen. Jurnal Konseling Indonesia 2(2).
Sarafino, E. P. (2012). Applied Behavior Analysis: Principles and Procedures in Behavior Modification. https://doi.org/10.1177/1069072715621532
Slamet. (2016). Layanan Konseling Kelompok Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa SMK Negeri 1 Depok Sleman. Jurnal Hisbah,13(71)
Smith, Bin Mardia. 2011. Pengaruh Layanan Konseling Kelompok TerhadapDisiplin Belajar Siswa Di SMA Negeri 1 Atinggola Kabupaten Gorontalo Utara. Jurnal Penelitian dan Pendidikan. 8 (1).
Sugiyono. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabet.
Victorique. 2012. Teknik Kontrak Perilaku. Diunduh tanggal 25 Maret 2023, dari http://animenekoi.blogspot.com/2012/03/teknik-kontrak-perilaku.html?m=1
Wahyuni, S. (2016). Peningkatan Kedisiplinan Siswa Melalui Kontrak Perilaku (Behavior Contract) Di TK Aba Pakis. Jurnal Pendidikan Guru Pendidik Anak Usia Dini.
Winarlin, R., Lasan, B.B., & Widada. (2016). Efektivitas Teknik Sosiodrama melalui Bimbingan Kelompok Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Verbal Siswa SMP. Urnal Kajian Bimbimgan Dan Konseling, 1(2).
Yuni. (2017). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Siswa keas VIII SMP Negeri 8 Kediri. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Inspirasi Bimbingan dan Konseling