nilai-nilai gotong royong dalam tradisi pabalian suku bugis letta dikota tarakan

Putri Putri, Siti Rahmi, Nurul Fadilah

Abstract


Tradisi pabalian merupakan tradisi yang berasal dari suku Bugis Letta yang diwariskan secara turun temurun oleh para leluhur. Tradisi pabalian merupakan kegiatan saling menolong dan saling membantu antar sesama untuk meringankan pekerjaan pemilik acara dengan bertujuan untuk menyukseskan acara. Fokus dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai-nilai gotong royong dalam tradisi pabalian suku Bugis Letta di Kota Tarakan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif, yang terdiri dari tiga informan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data dengan model Milles dan Huberman yakni, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dengan mendeskripsikan hasil penelitian ini berdasarkan hasil wawancara dan dokumentasi terdapat empat nilai-nilai yang mencerminkan gotong royong yaitu kerja sama, saling menolong, solidaritas dan kekeluargaan. Nilai-nilai gotong royong dalam tradisi pabalian suku Bugis Letta ini sejalan dengan karakteristik serta kode etik yang diperlukan seorang konselor ataupun guru bimbingan dan konseling yang ideal.


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Rulam. (2020). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta:Ar-Ruzz Media

Hayati, R. K., & Utomo, A. C. (2022). Penanaman Karakter Gotong Royong Dan Tanggung Jawab Melalui Metode Pembiasaan Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6419-6427.

Marhamah, S. H. B., & Lutfiana, R. F. (2022). Analisis Karakter Gotong Royong Dalam Ekstrakurikuler Pramuka. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 7(1), 94-100.

Maulana, I. (2020). Manajemen pendidikan karakter gotong royong‎. Jurnal Isema: Islamic Educational Management, 5(1), 127-138.

Oktavia, Y. (2022). Upaya Lembaga Kerapatan Adat Nagari Salimpaung Kabupaten Tanah Datar dalam Membina Keluarga Sakinah. Jurnal AHWAL AL SYAKHSHIYYAH

Pratama, B. D., Hidayah, R. N., & Hargiyansari, T. (2019, March). Peran Pendidik Dalam Menumbuhkan Perilaku Prososial Anak Dengan Media Permainan Tradisional. In Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Lppm Universitas Pgri Madiun (Pp. 20-23).

Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 1(2), 202-224.

Rahardjo, S., & Kusmanto, A. S. (2017). Pelaksanaan Kode Etik Profesi Guru Bimbingan Dan Konseling SMP/MTS Kabupaten Kudus. Jurnal Konseling GUSJIGANG3, 2.

Rahmawati, N. R., Izazi, S. Z., Muna, N., Ni’mah, U., & Fawzi, T. (2020). Bentuk Kolaborasi Guru Bimbingan dan Konseling Dengan Guru Mata Pelajaran dalam Mengatasi Permasalahan Peserta Didik. Al-Tazkiah: Jurnal Ilmiah dalam Kajian Bimbingan dan Konseling Islam, 9(2), 155-172.

Saidang, S., & Suparman, S. (2019). Pola pembentukan solidaritas sosial dalam kelompok sosial antara pelajar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2), 122-126.

Srywahyunengsi, S. (2021). Revitalisasi Kawasan Bersejarah Goa Mandu Sebagai Objek Wisata Di Desa Letta Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang. (Doctoral Dissertation, Iain Parepare).

Sugiyono, (2019). Metodologi Penelitian Kuanlitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wauran, K. J., Lamadirisi, M., & Singal, Z. H. (2020). Tradisi Perayaan Imlek Pada Masyarakat Etnis Tionghoa Di Kota Manado. Jurnal Paradigma: Journal Of Sociology Research And Education, 1(2), 42-45.

Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan Dan Konseling. Quanta, 2(2), 83-91.

Yulitri, R., & Hardi, E. (2020). Profil Perilaku Altruistik Mahasiswa dan Implikasinya terhadap Program Pelatihan Kompetensi Kepribadian Calon Konselor. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 5(2), 39-46.

Zurahmah, Z. (2023). Menilik Nilai Tradisi Mappatettong Bola Dalam Merawat Semangat Gotong Royong Sebagai Sumber Pembelajaran Ips. IAIN Parepare Nusantara Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Inspirasi Bimbingan dan Konseling