ANALISIS KESADARAN FONOLOGIS SISWA SEKOLAH DASAR DITINJAU DARI KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN
Abstract
Permasalahan kemampuan membaca permulaan siswa dapat ditemukan pada kesadaran fonologisnya. Maka penelitian ini menganalisis kesadaran fonologis siswa yang ditinjau dari kemampuannya membaca permulaan. Pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode tes, observasi dan wawancara yang digunakan dalam penelitian ini untuk medapatkan data. Fokus penelitian ini terletak pada aspek ketepatan bunyi dan perubahan bunyi. Terdapat 6 orang siswa sebagai subjek penelitian ini dari tiga kategori kemampuan membaca permulaan yakni kategori tinggi, sedang dan rendah. Hasilnya diperoleh bahwa siswa yang berkategori tinggi ditemukan bahwa kesadaran fonologis dinyatakan sangat baik. Siswa yang berkategori sedang ditemukan bahwa kesadaran fonologis dinyatakan cukup baik, sedangkan siswa yang berkategori rendah ditemukan bahwa kesadaran fonologis dinyatakan sangat lemah. Hasil analisis dijelaskan bahwa terdapat beberapa subjek penelitian yang memiliki kesadaran fonologis, sebab subjek melakukan perubahan bunyi kata yang dibaca dan bunyi huruf pada saat membaca. Kesalahan perubahan bunyi huruf dan kata ini banyak ditemukan pada saat membaca kata yang memiliki huruf diftong dan konsonan rangkap. Kesalahan ini dipengaruhi oleh dialek siswa dan kelemahan dalam pengetahuan penyebutan bunyi bahasa.
Full Text:
PDFReferences
Chaer, A. (2012). Linguistik Umum (Edisi Revi). PT Rineka Cipta.
Christianti, M. (2015). Kajian literatur perkembangan pengetahuan fonetik pada anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 530–537. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12339
Fauziah A & Mulyaningsih I. (2016). Perubahan bunyi pada tuturan resmi yang digunakan mahasiswa IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Indonesian Language Education and Literature. 2(1), 50–59.
Daniata. I. (2015). Proses fonologis dalam pengadopsian kata bahasa indonesia ke dalam bahasa Cicia di Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. Jurnal Pena Indonesia, 1(1), 96.
Karoma, S. (2019). Peningkatan kemampuan mengenal lima huruf vokal melalui media bola huruf pada anak usia 3-4 tahun. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 1(1), 60-66.
Kustanti, W. A. (2019). Analisis pengaruh kesadaran fonologis terhadap pengenalan huruf melalui kartu gambar pada anak usia 4-5 tahun. Universitas Negeri Surakarta.
Lestari, S. (2017). Pembelajaran membaca dan menulis permulaan siswa kelas rendah SD 01 Ngemplak Tahun Pelajaran 2014/2015 ditinjau dari aspek fonologis. Jurnal Stilistika 3(2), 105–114.
Luissia, H. P. (2016). Tingkat keterampilan berbicara siswa kelas IV SD Negeri 203/I Sungai Rengas Kecamatan Marosebo Ulu Kabupaten Batang Hari. 15(2), 1–23.
Musawwir & Fahmi, M. (2018). Pengucapan dan perubahan bunyi bahasa Melayu Jambi Dialek Pulau Tengah Kecamatan Jangkat. Pelitra, 1(2), 71-83
Afina, N. dkk. (2021). Kesalahan fonetik artikulatoris pada pelafalan pembelajaran BIPA Korea sebagai bahan ajar BIPA. Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia.
Rahayu, P. (n.d.). Kesalahan pengucapan diftong dan vokal u pada pidato Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo Dalam Rangka HUT Ke-74 Republik Indonesia.
Rahim. W. (2020). Peningkatan kemampuan mengenal huruf vokal dan konsonan melalui media kartu huruf pada anak usia dini kelompok B KB Puncak Mewatang Kecamatan Bungin Kabupaten Enrekang. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 97-117
Soeparno. (2002). Dasar-dasar liguistik umum (Cet. I). Tiara Wacana Yogya.
Sumarti. (2017). Materi pengembangan bahasa indonesia tentang kesadaran fonemik (phonemic awarenes) untuk anak usia dini (4-5 tahun). Deiksis, 9(02), 222-239.
Unsiah, F., & Yuliati, R. (2018). Pengantar ilmu linguistik. Universitas Brawijaya Press.
Yenti, G., & Susanti, S. P. (2014). perbedaan hasil belajar siswa menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe student facilitator and explaining dengan metode pembelajaran ceramah pada mata pelajaran ekonomi kelas XI SMA Negeri 4 Padang. Pendidikan Ekonomi, 1(1), 29825.
DOI: https://doi.org/10.35334/judikdas%20borneo.v5i1.4209
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Suriati Suriati, Ady Saputra, Kadek Dewi Wahyuni Andari, Saipullah Saipullah
Contact Person:
A. Wilda Indra Nanna (Hp: 081253670923)
Ady Saputra (Hp: 082329693700)
Alamat Sekretariat:
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Gedung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Jl. Amal Lama No.1 Kota Tarakan, North Kalimantan (Kalimantan Utara) Indonesia
Â
View My Stats