FAKTOR-FAKTOR AFEKTIF YANG MEMPENGARUHI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SEKOLAH MENENGAH

Ulfa Lu'luilmaknun, Nilza Humaira Salsabila, Ratna Yulis Tyaningsih

Abstract


 

 

This study aims to discuss several research results regarding the understanding of mathematical concepts that are influenced by affective factors possessed by high school students. Sources of data obtained from 9 research results consisting of 3 results of research on the effect of independent learning on students' understanding of mathematical concepts, and 3 results of research on the effect of self-confidence on students' understanding of mathematical concepts. From several research results, it can be concluded that motivation, learning independence, and self-confidence partially affect the understanding of high school students' mathematical concepts.

Keywords: Mathematic Concept Understanding, Motivation, Self-regulated Learning, Self-confidence

 

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk membahas beberapa hasil penelitian mengenai pemahaman konsep matematika yang dipengaruhi oleh beberapa faktor afektif yang dimiliki oleh siswa sekolah menengah. Sumber data diperoleh dari 9 hasil penelitian yang terdiri dari 3 hasil penelitian mengenai pengaruh motivasi belajar terhadap pemaham konsep matematika siswa, 3 hasil penelitian mengenai pengaruh kemandirian belajar terhadap pemaham konsep matematika siswa, dan 3 hasil penelitian mengenai pengaruh kepercayaan diri terhadap pemaham konsep matematika siswa. Dari beberapa hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar, kemandirian belajar, dan kepercayaan diri berpengaruh secara parsial terhadap pemahaman konsep matematika siswa sekolah menengah. 

Kata kunci: Pemahaman Konsep Matematika, Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, Kepercayaan Diri


Full Text:

PDF

References


Belanisa, S. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Berfikir Kritis terhadap Pemahaman Konsep Matematika (Survei Pada Mts Swasta di Kota Tangerang Selatan). ALFARISI: Jurnal Pendidikan MIPA, 2(1).

Dini, M., Wijaya, T. T., & Sugandi, A. I. (2018). Pengaruh Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematik Siswa Smp. JURNAL SILOGISME: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, 3(1), 1-7.

Ferryansyah, F., & Anwar, A. (2020). Hubungan Kemampuan Awal Matematika dengan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VIII SMP 12 Tarakan. Mathematics Education and Application Journal (META), 2(1), 8-14. https://doi.org/10.35334/meta.v2i1.1630.

Lu’Luilmaknun, U., & Wutsqa, D. U. (2019, October). Does the use of e-learning media with guided discovery method affect students’ understanding of mathematics concept?. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1320, No. 1, p. 012087). IOP Publishing.

Nurhandita, N., Marniati, M., & Farman, F. (2021). Analisis Kepercayaan Diri Siswa dalam Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 202-212.

Pradipta, D. A. (2018). Pengaruh Minat Belajar dan Komunikasi Matematis Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. EKUIVALEN-Pendidikan Matematika, 31(1).

Purba, O. N., & Sirait, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dengan Model LAPS-Heuristic di SMA Shafiyyatul Amaliyah. Jurnal Mathematic Paedagogic, 2(1), 31-39.

Riana, R., Kartinawati, T., & Suhito, S. (2019, February). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar Siswa SMP Negeri 11 Semarang Melalui Model Group Investigation Berbantuan Colour Ball. In PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 2, pp. 64-71).

Risqilah, R. (2017). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Motivasi Belajar Melalui Model Examples Non Examples Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Materi Kubus dan Balij di MTs Gondang Wonopringgo. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 58-64.

Royong, J. A. Y. L. G. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran LAPS-Heuristic. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7 (3), 417-425.

Rusliah, N. R., & Islami, A. (2020, February). Pengaruh Self Confidence Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. In Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika dan Nilai-Nilai Islami) (Vol. 3, No. 1, pp. 187-193).

Samsudin, A., Ningsih, E. F., & Trisnawati, T. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika (Eksperimen pada Siswa SMP Swasta di Kabupaten Lebak). Abacus, 2(01), 17-29.

Schunk, D. H. (2012). Teori-teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Setiawan, W. A., & Anawati, S. (2021). Pengaruh Konsep Diri dan Kemandirian Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 7(1), 381-390.

Winata, R., Friantini, R. N., & Sukirno, S. (2021). E-Learning: Kemandirian Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Pada Pembelajaran dengan Google Classroom. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 148-157.

Yuliana, Y., Surahmat, S., & Fathani, A. H. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Kemandirian Belajar pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Peserta Didik Kelas VIII MTs Ash-Sholihuddin Dampit. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 16(12), 64-73.




DOI: https://doi.org/10.35334/meta.v3i2.2398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mathematics Education and Application Journal (META)



Publisher : Jurusan Pendidikan Matematika Universitas Borneo Tarakan


Mailing Address :

Mathematics Education and Application Journal (META)
Faculty Teaching and Learning Education, Borneo Tarakan University
Jl. Amal Lama No 1, Tarakan 50275, Indonesia
E-Mail : metajournalubt@gmail.com
Web : http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta
Telp : 085250104307 (Azwar Anwar) Faks. (0551) 2052558

 

 Creative Commons License

Mathematics Education and Application Journal by http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/meta is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.