ANALISIS KINERJA RUAS JALAN TERHADAP U-TURN DI KOTA PEKANBARU

Husni Mubarak Husni, Doni Rinaldi Basri, Delka Octiriani

Abstract


ABSTRACT: As a result of the closure of the U-Turn, the people around Jalan HR. Soebrantas complained because the travel time they took was very long and there was a buildup of vehicles at the U-Turn intersection of Jalan Manggis. The problem in this study is how is the condition of the U-Turn in front of the handsome Nurul Huda Mosque today . and how to overcome the U-Turn delay in front of the Nurul Huda Mosque . The method used in this study is analysis of existing traffic performance, analysis of traffic performance, applying 3 alternatives , proposing alternative problem solving, alternative problem solving based on the results of HR Road Performance Comparison. Soebrantas, it is obtained that the average degree of road saturation is 0.80, and the service level is D: The flow is approaching unstable, the speed is still tolerable. Alternative 2, the solution to the problem for this research, namely by widening the road in front of the shops This plan affects traffic performance to run smoothly as happened on the Purwodadi road section, but this is still hampered due to land acquisition if it is carried out along the HR road. Soebrantas. Alternative 3, using vissim simulation for U-Turn closure This plan is the final plan, but if this plan is carried out, you must plan for a Fly Over at the Tobek Godang red light intersection

Keywords: Alternative , U-Turn, Road performance

ABSTRAK: Akibat dari penutupan U-trun membuat masyarakat sekitar jalan HR.Soebrantas yang mengeluh dikarenakan waktu tempuh yang mereka jalani sangat lama dan terjadi penumpukan kendaraan disimpang U-Turn Jalan Manggis. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana kondisi U-Turn  depan Masjid Nurul Huda tampan saat ini. dan Bagaimana cara untuk mengatasi waktu tundaan U-Turn depan Masjid Nurul Huda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Analisis Kinerja lalulintas Exsisting, Analisis kinerja lalulintas, menerapkan 3 Alternatif , Usulan Alternatif Penyelesaian Masalah, alternatif pemecahan masalah Berdasarkan hasil Perbandingan Kinerja Jalan HR. Soebrantas, maka didapatkan rata-rata derajat kejenuhan jalan menjadi 0,80, dan tingkat pelayanan menjadi D: Arus mendekati tidak stabil, kecepatan masih dapat di tolerir. Alternatif 2,  pemecaah masalah untuk penelitian ini , yakni dengan membuka pelebaran jalan di depan pertokoan Rencana ini mempengaruhi kinerja lalu lintas menjadi lancar seperti yang terjadi pada ruas jalan purwodadi , namun hal ini masih terhambat akibat pembebasan lahan jika dilakukan di sepanjang jalan HR. Soebrantas. Alternatif 3, menggunakan simulasi vissim untuk penutupan U-Turn Rencana ini adalah rencana terakhir namun jika rencana ini dilakukan harus merencanakan Fly Over di simpang lampu merah Tobek Godang

Kata kunci: Alternatif , U-Turn, Kinerja jalan


Full Text:

PDF 1-8

References


Standart Perencanaan Geometri Untuk Jalan Perkotaan : (1992) Direktorat Jendral Bina Marga.

Kassan, M. M, dan Listiawati, H. 2005. Pengaruh U-Turn Terhadap Karakteristik Arus Lalu Lintas Di Ruas Jalan Kota Palu. (Studi Kasus Jl. Moh. Yamin Palu). Jurnal SMARTek (3): 146-159

Tri, Tjahjono. 1995. Kursus Singkat Manajemen Lalu Lintas. Jakarta: Universitas Indonesia

Utami, Y. T., Ariyadi, T., & Mayuni, S. 2018. Kajian Putar Balik (U-Turn) Terhadap Arus Lalu Lintas (Studi Kasus: Jalan Gajah Mada Pontianak). Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Tanjungpura, Vol. 5, No. 2.

Manual Kapasitas Jalan indonesia 1997 (MKJI 1997).

Pedoman Kontruksi dan Bangunan. 2004. Departemen dan Prasarana Wilayah, https://pu.go.id.

Lalu Wira Surijaya. 2013. Kajian Efektifitas U-Turn Pada Jalan Sriwijaya (Studi Kasus Di Depan Toko Niaga Mataram).

Tamin, O.Z. 2000. Perencanaan dan Permodelan Transportasi. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Bura, Yohanes Putra. 2016. Analistis Pengaruh Fasilitas U-Turn Terhadap Kinerja Ruas Jalan (Studi Kasus U-Turn Jalan Laksada Adisucipto-Depan Hotel Sri Wedari).

Muhyie Muliawan. 2016. Pengaruh Adanya U-Turn Terhadap Kinerja Arus Lalu Lintas Pada Ruas Jalan A. Yani Km. 37-38 Kota Banjarbaru.

Fuad, Yasir. 2017. Analisis Kemacetan Lalu Lintas di Jalan Maleran Jaya

Adris Ade Putra, Ady Sarwono Sarewo. 2018. Pengaruh Pergerakan U-Turn (Putaran Balik Arah) Terhadap Kecepatan Arus Lalu Lintas Menerus (Studi Kasus Jalan Brigjen Myoenoes, Kota Kendari).

Syahputra Irfan. 2019. Pengaruh U-Turn Pada Persimpangan Empat Kayu Besar Terhadap Kelancaran Arus Lalu Lintas (Studi Kasus).

Syahputra, Irfan. 2019. Pengaruh U-Turn Pada Persimpangan Empat Kayu Besar Terhadap Kelancaran Arus Lalu Lintas

Penggolongan Kendaraan Berdasar Pedoman Teknis No. Pd.T-19-2004-B. Penggolongan Kendaraan Berdasar PT. Jasa Marga (Persero)

Jusnaini. 2020. Analisa pengaruh Jarak U-Turn Terhadap Kinerja Jalan (Studi Kasus Jalan Majapahit, Kekalik, Kota Mataram)




DOI: https://doi.org/10.35334/cesj.v2i1.3324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By :

Civil Engineering Department, Faculty of Engineering, University of Borneo Tarakan

Jl. Amal Lama No 1, Tarakan 77115, Indonesia
E-Mail : borneo.cesj@gmail.com
Web : http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/CESJ/index
Telp : 081233242398 Faks. (0551) 2052558

All publications

by Civil Engineering Scientific Journal

are licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.