DEFORMASI PELAT BERONGGA DUA ARAH SEBAGAI PERKERASAN KAKU PADA TANAH EKSPANSIF
Abstract
ABSTRACT: The purpose of this research is to develop a two-way hollow plate as an alternative pavement for roads on expansive soils with studies on the southern mountain road of Tarakan City, while the steps to be implemented are to modify the existing road pavement structure with the new type of structure offered, then the results of the new design will be compared with the existing design. The results obtained are that the deformation or settlement that occurs on the slab is very small, so that there is almost no difference in height between the plates that are loaded and those that are not, even though the soil in the subgrade is classified as soft (expansive) with CBR <4%. This shows that the strength capacity due to the reduction in strength that occurs in the two-way hollow plate system is still sufficient to serve the Heaviest Axis Load (MST) based on road class IIIB on Jalan Gunung Selatan, Tarakan City. It is hoped that this research can provide information and input to structural planners in designing buildings made of reinforced concrete, especially on rigid pavement structures, and then provide alternative types of pavement for roads in areas with expansive soil types.
Keywords: Rigid Pavement, Expansive Soil, Two-Ways Hollow Slab.
ABSTRAK: Tujuan dari penelitian ini adalah menemukembangkan pelat berongga dua arah sebagai alternatif perkerasan untuk jalan pada tanah ekspansif dengan studi pada jalan gunung selatan Kota Tarakan, adapun langkah-langkah yang akan dilaksanakan adalah dengan memodifikasi struktur perkerasan jalan eksisting dengan jenis struktur baru yang ditawarkan, lalu hasil dari desain baru tersebut akan dikomparasikan dengan desain eksisting. Hasil yang diperoleh yaitu deformasi atau penurunan yang terjadi pada pelat sangat kecil, sehingga hampir tidak ditemukan adanya selisih ketinggian antara bidang pelat yang terbebani dan yang tidak, meskipun tanah pada subgrade tergolong lunak (ekspansif) dengan CBR < 4%. Hal tersebut menunjukkan kapasitas kekuatan akibat reduksi kekuatan yang terjadi pada sistem pelat berongga dua arah masih cukup untuk melayani Muatan Sumbu Terberat (MST) berdasarkan kelas jalan IIIB yang ada pada Jalan Gunung Selatan Kota Tarakan. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi informasi dan masukkan kepada perencana struktur dalam mendesain bangunan berbahan beton bertulang, khususnya pada struktur perkerasan kaku, lalu memberikan alternatif jenis perkerasan untuk jalan di daerah dengan jenis tanah ekspansif.
Kata kunci: Perkerasan Kaku, Tanah Ekspansif, Pelat Rongga Dua Arah.Full Text:
PDF 97-108References
Bakri, M.D., 2019, Evaluasi Kondisi dan Kerusakan Perkerasan Lentur Dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) (Studi Kasus: Jalan Gunung Selatan Kota Tarakan Provinsi Kalimantan Utara). Borneo Engineering Jurnal Teknik Sipil Vol.3 No. 2 Desember 2019, hal. 81-96, ISSN: 2581-1134.
Departemen Pekerjaan Umum, Badan Litbang Prasarana Transportasi, 2005, Penanganan Tanah Ekspansif untuk Konstruksi Jalan, Bandung: Puslitbang Prasarana Transportasi.
Hardiyatmo, H.C, (2019), Perancangan Perkerasan Jalan dan Penyelidikan Tanah, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Hwang, S.J, Moehle, J.P, 2000, Models for Laterally Loaded Slab-Column Frames, ACI Structural Journal, V.97, No.2, Hal: 345-351.
Morisca,W, 2014, Evaluasi Beban Kendaraan Terhadap Derajat Kerusakan Dan Umur Sisa Jalan. Palembang: Jurnal Teknik Sipil dan lingkungan. 2(4), 692-699.
Prasetya, N.A, 2021, Perbandingan Sistem Pelat-Balok Konvensional Dengan Sistem Flat Plate Berongga Dua Arah Dari Segi Volume Beton Pada Gedung Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Borneo Tarakan, Borneo Engineering: Jurnal Teknik Sipil, Vol. 5 No.3, Hal: 330-334
Prasetya, N.A, 2017, Desain Tulangan Lentur Pelat Pada Struktur Flat Plate Ber-Hollow Dua Arah Dengan Metode Lebar efektif, INOVTEK POLBENG, Vol.7 No.2, Hal: 146-152
Surat, 2011, Analisis Struktur Perkerasan Jalan di Atas Tanah Ekspansif (Studi Kasus: Ruas Jalan Purwodadi-Blora), Surakarta, Universitas Sebelas Maret
Taskin. T, Peker, K, 2014, Design Factors and TheEconomical Application of Spherical Type Voids in RC Slabs, Proceedings of International Scientific Confrence People, Buildings and Environment 2014, Hal:448-458.
Yasir F, Surjandari N S, Purwana Y M. 2017. Analisis Lendutan Perkerasan kaku Pada Pembebanan Sudut dengan Metode Elemen Hingga, Jurnal Muara, Vol.1, No. 1, Hal:150-156.
DOI: https://doi.org/10.35334/cesj.v2i2.4681
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published By : Civil Engineering Department, Faculty of Engineering, University of Borneo Tarakan Jl. Amal Lama No 1, Tarakan 77115, Indonesia | All publications by Civil Engineering Scientific Journal are licensed under a |