ANALISIS FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PRODUKTIFITAS BONGKAR MUAT PETI KEMAS DI PELABUHAN MALUNDUNG TARAKAN

Amanda Dian Prasiska, Muhammad Djaya Bakri

Abstract


ABSTRACT: Malundung Port in Tarakan is one of the key logistics hubs in North Kalimantan, serving container flows and cargo handling activities that directly influence the reliability of regional freight distribution. Improving container handling productivity at this port is essential to reducing logistics costs and strengthening the competitiveness of the regional supply chain, which requires a quantitative assessment of its determining factors. This study aims to analyse the influence of cargo handling equipment and the implementation of a Terminal Operating System (TOS) on container handling productivity and to identify the most dominant factor. Primary data were collected through a Likert-scale questionnaire distributed to 44 respondents, consisting of TOS operators and representatives of shipping and cargo companies selected using EMKL data. The data were processed using multiple linear regression with IBM SPSS 29. The results show that, simultaneously, handling equipment and TOS have a significant effect on container handling productivity (R = 0.776; R² = 0.602). However, in the initial model only equipment efficiency, equipment availability, and equipment condition and maintenance have a significant partial effect. The final regression model is Y = 2.708 + 0.202 Xa2 + 0.606 Xa3 + 0.049 Xa5, where Y denotes container handling productivity, Xa2 equipment efficiency, Xa3 equipment availability, and Xa5 equipment technology and innovation. This model indicates that equipment availability is the most dominant factor, while TOS-related dimensions have not yet shown a significant effect, so current productivity improvements are more dependent on the adequacy and operational readiness of reliable handling equipment, with TOS optimisation becoming a strategic next step.

Keywords: Cargo handling equipment, Terminal Operating System, Container handling productivity, Malundung Port, Multiple linear regression.

 

ABSTRAK: Pelabuhan Malundung Tarakan merupakan salah satu simpul logistik penting di Kalimantan Utara yang melayani arus peti kemas dan aktivitas bongkar muat yang berperan langsung terhadap kelancaran distribusi barang kawasan. Peningkatan produktivitas bongkar muat di pelabuhan ini menjadi penting untuk menekan biaya logistik dan memperkuat daya saing rantai pasok, sehingga diperlukan kajian yang mengukur secara kuantitatif faktor-faktor penentunya. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh peralatan bongkar muat dan penerapan Terminal Operating System (TOS) terhadap produktivitas bongkar muat peti kemas serta mengidentifikasi faktor yang paling dominan. Data primer diperoleh melalui kuesioner berskala Likert yang disebarkan kepada 44 responden, terdiri atas operator TOS dan perwakilan perusahaan pengguna jasa berdasarkan data EMKL. Data dianalisis melalui analisi regresi linier berganda menggunakan IBM SPSS 29. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan peralatan bongkar muat dan TOS berpengaruh signifikan terhadap produktivitas bongkar muat (R = 0,776; R² = 0,602), namun secara parsial hanya efisiensi peralatan, ketersediaan peralatan, serta kondisi dan perawatan peralatan yang terbukti signifikan pada model awal. Model akhir persamaan regresi yang diperoleh yaitu Y = 2.708 + 0.202 Xa2 + 0.606 Xa3 + 0.049 Xa5, dimana Y = produktivitas bongkar muat peti kemas, Xa2 = efisiensi peralatan bongkar muat, Xa3 = ketersediaan peralatan bongkar muat,  dan Xa5 = teknologi dan inovasi peralatan bongkar muat. Model ini menunjukkan bahwa ketersediaan peralatan merupakan faktor paling dominan, sedangkan dimensi TOS belum menunjukkan pengaruh signifikan, sehingga peningkatan produktivitas saat ini lebih ditentukan oleh pemenuhan jumlah dan kesiapan operasional peralatan yang andal, yang pada tahap berikutnya perlu didukung optimalisasi pemanfaatan TOS.

Kata kunci: Peralatan bongkar muat, Terminal Operating System, Produktivitas bongkar muat peti kemas, Pelabuhan Malundung, Regresi linier berganda.

Full Text:

PDF 157-169

References


Badarusman, B., Fadillah, U., Batubara, S., & Nasution, S. (2018). Analisis Terminal Peti Kemas Dan Kapal Serta Arus Peti Kemas Pelabuhan Tarakan. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi Dan Logistik, 5(1), 51–60. Retrieved from http://library.itltrisakti.ac.id/jurnal/index.php/JMBTL/ article/view/190/186

Bakri, M. D., Mansur, A. Z., & Bunga, S. (2020). Analisis Kinerja Bongkar Muat di Pelabuhan Tengkayu II Tarakan. Siklus, Jurnal Teknik Sipil, 6(2), 204–215. https://doi.org/10.31849/siklus.v6i2.4475

Defrianto, S. B., & Purwasih, R. (2023). Analisa Kinerja Bongkar Muat Di Terminal Petikemas Makassar New Port. Riset Sains Dan Teknologi Kelautan, 6(1), 67–74. https://doi.org/10.62012/sensistek.v6i1.24251

Fauzi, A. Z. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Bongkar/Muat Di Terminal Petikemas Surabaya (STIA DAN MANAJEMEN KEPELABUHANAN BARUNAWATI SURABAYA). Retrieved from http://repositori.stiamak.ac.id/id/eprint/398/

Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Univesritas Diponegoro.

Karubaba, O. C. (2024). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Terminal Kontainer di Pelabuhan Sorong. Jurnal Cahaya Mandalika, 05(2), 468–476.

Liauw, J. K., Utami, D., & Pandapotan, D. (2018). Penerapan IPC Terminal Operating System dan Layanan Peti Kemas Pelabuhan Tanjung Priok. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi Dan Logistik (JMBTL), 4(3), 317–322. https://doi.org/10.54324/j.mbtl.v4i3.826

Likert, R. (1932). A Technique for The Measurement of Attitudes. New York: Archives of Psychology.

Lintang, Y. M., Nugraha, B., & Gupron, A. K. (2024). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Standar Waktu Pelayanan Truck Round Time PT Terminal Peti Kemas Surabaya. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(4), 241–263. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i4.3296

Malisan, J. (2016). Potensi Pengembangan Pelabuhan Tarakan Untuk Konsolidasi Barang Bagi Wilayah Kalimantan Utara Dan Sekitarnya. Jurnal Penelitian Transportasi Laut, 18(2), 52–62. https://doi.org/https://doi.org/10.25104/transla.v18i2.1386

Muhammad Rangga Hidayat, Rizky Yudi Prasetyo, & Arif Rachman Dillah. (2023). Peninjauan Terhadap Implementasi Sistem TOS Nusantara di Area Tanjung Priok. Jurnal MIMBAR ADMINISTRASI, 20(1), 43–50. https://doi.org/10.56444/mia.v20i1.654

Rusmiyanto, D., & Dessixson, W. T. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Produktivitas Bongkar Muat Peti Kemas Di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. Jurnal Universal Technic, 1(1), 67–86.

Safuan, S. (2022). Penerapan Teknologi Digital di Pelabuhan Indonesia untuk Menurunkan Biaya Logistik Nasional. Jurnal Manajemen Transportasi & Logistik (JMTRANSLOG), 9(3), 213–220. https://doi.org/10.54324/j.mtl.v9i3.738

Sulistyono, & Sulistiyowati, W. (2017). Peramalan Produksi dengan Metode Regresi Linier Berganda. PROZIMA (Productivity, Optimization and Manufacturing System Engineering), 1(2), 82–89. https://doi.org/10.21070/prozima.v1i2.1350

Suryantoro, B., Purnama, D. W., & Haqi, M. (2020). Tenaga Kerja, Peralatan Bongkar Muat Lift On/Off, Dan Efektivitas Lapangan Penumpukan Terhadap Produktivitas Bongkar Muat Peti Kemas. Baruna Horizon, 3(1), 156–169.

Yani, T. E., & Agung, M. (2023). Efektivitas Pelayanan Prima Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Panjang). Jurnal Kompetitif Bisnis, 1(10), 768–780




DOI: https://doi.org/10.35334/cesj.v4i3.7120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published By :

Civil Engineering Department, Faculty of Engineering, University of Borneo Tarakan

Jl. Amal Lama No 1, Tarakan 77115, Indonesia
E-Mail : borneo.cesj@gmail.com
Web : http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/CESJ/index
Telp : 081233242398 Faks. (0551) 2052558

All publications

by Civil Engineering Scientific Journal

are licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.