Pengembangan Data Logger Berbasis Mikrokontroler Sebagai Pengukur Suhu di Lingkungan Kering

Rustam Efendi, Herlina Herlina, Arjal Tando, Welly Liku Padang, Muhlin Aries

Abstract


Pemantauan suhu adalah elemen kritis dalam berbagai aplikasi dan penelitian yang melibatkan lingkungan, peralatan, dan material. Dalam upaya untuk mengembangkan alat pemantauan suhu yang akurat dan dapat diandalkan. Tujuan penelitian ini adalah pengembangan data logger suhu menggunakan sensor Adafruit MCP9808. Data logger suhu ini dirancang untuk mengukur, merekam, dan menyimpan data suhu dalam interval waktu tertentu, dengan akurasi tinggi dan kemampuan adaptasi dalam berbagai konteks aplikasi. Metode penelitian mencakup pemilihan komponen, perancangan perangkat keras, pengembangan perangkat lunak, dan uji fungsional. Sensor suhu MCP9808 digunakan untuk mengakuisisi data suhu melalui protokol I2C dan diintegrasikan dengan platform mikrokontroler yang sesuai. Kode perangkat lunak dikembangkan untuk membaca data suhu, merekamnya ke dalam Micro SD, dan mengatur interval pengambilan data. Pengujian dilakukan dengan pengukuran suhu keluaran udara kipas laptop ASUS K43SJ buatan tahun 2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data logger dapat mengukur suhu keluaran kipas laptop. Kisaran suhu yang terukur sebesar 47-51℃. Data suhu yang terukur adalah data yang bersifat real time. Selain itu, Data logger ini memiliki potensi aplikasi yang luas dalam berbagai bidang, seperti ilmu lingkungan, teknik mesin, biologi, dan industri. Dengan memberikan solusi yang akurat dan efisien dalam pemantauan suhu, penelitian ini memberikan sumbangan penting bagi pengembangan alat pemantauan dan penelitian yang melibatkan aspek suhu.


Full Text:

PDF

References


S. Kekäläinen, Development of a Quadcopter Sensor System for Measuring Thermal Profiles of the Lower Atmosphere. Bachelor’s [Thesis]. Degree Programme in Energy and Environmental Engineering, Energy and Environmental Engineering, Wolffskavägen, 2016.

J. Trevathan, S. Schmidtke, “Open-source Internet of Things remote aquatic environmental sensing,†HardwareX, vol. 12, 2022.

J. Martinos, T. Martinos, Digital Thermometer Using Arduino and MCP9808 Digital Temperature Sensor. 2018.

A. W. Jarrell, The Eclipse Ballooning Project at Vanderbilt University and the construction of custom equipment. MSc Master [Thesis]. Mechanical Engineering, Graduate School of Vanderbilt University, Nashville, Tennessee, 2017.

S. Wolf, M. Iskandar, “Extending a Dynamic Friction Model with Nonlinear Viscous and Thermal Dependency for a Motor and Harmonic Drive Gear,†in 2018 IEEE International Conference on Robotics and Automation (ICRA), 21-25 May 2018 2018, pp. 783-790.

K. Ioannou, D. Karampatzakis, P. Amanatidis, V. Aggelopoulos, I. Karmiris, “Low-Cost Automatic Weather Stations in the Internet of Things,†vol. 12, no. 4, p. 146, 2021.

M. Sulzer, A. Christen, A. Matzarakis, “A Low-Cost Sensor Network for Real-Time Thermal Stress Monitoring and Communication in Occupational Contexts,†vol. 22, no. 5, p. 1828, 2022.

J. Trevathan, R. Johnstone, “Smart Environmental Monitoring and Assessment Technologies (SEMAT)—A New Paradigm for Low-Cost, Remote Aquatic Environmental Monitoring,†vol. 18, no. 7, p. 2248, 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Journal BEARINGS published by Mechanical Engineering Department, Faculty of Engineering, Universitas Borneo Tarakan