ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN NELAYAN PERIKANAN TANGKAP DI KECAMATAN TARAKAN TENGAH

Agus Tri Darmawanto, Djuanda Hatta, Meylin Rahmawati

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan faktor modal, faktor biaya, dan faktor lamanya melaut terhadap pendapatan nelayan perikanan tangkap di Kecamatan Tarakan Tengah. Jenis penelitian ini dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis dan sumber data dalam penelitian menggunakan data primer dan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini dengan jumlah 1.358 rumah tangga nelayan, dengan sampel 93 responden. Analisis penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dalam penelitian ini, faktor modal, faktor biaya, dan faktor lama melaut secara simultan berpengaruh signifikan terhadap pendapatan nelayan. Faktor modal dan faktor biaya secara parsial berpengaruh signifikan terhadap pendapatan nelayan. Sedangkan, faktor lama melaut secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan nelayan.  


Keywords


Faktor Modal; Faktor Biaya; Faktor Lama Melaut; Pendapatan

Full Text:

PDF

References


Adi, Marsiti, Oksiana. 2007. Pengembangan Kemampuan Siswa Mengkonstruksi Konsep IPS Melalui Pembelajaran INQUIRI. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 3 (2) 58-79.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Herdy. 2010. Model-Model Pembelajaran Inkuiri, (Online),(http://herdy07.word-press.com/2010/05/27/model-pembelajaran-inkuiri/), diakses 19 Maret 2013.

Jauhar, Muhammad. 2011. Implementasi PAIKEM dari Behavioristik sampai Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Kundrati, Retno. 2007. Meningkatkan Keaktifan Menyampaikan Pendapat Pada Siswa Kelas Bahasa SMAN Purwosari Dengan Menggunakan Pembelajaran Tugas Individu Yang Dipresentasikan Pada Sub-Pokok Bahasan Demokrasi Terpimpin. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 3 (1) 1-12.

Mustafa, Sriyanti. 2010. Penerapan Strategi Inkuiri sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Pare-Pare. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPs UM.

Purwanto, Edy. 2007. Strategi Belajar Mengajar Bidang Studi Geografi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sumaatmadja, N., 1997. Metodologi Pengajaran Geografi. Jakarta: Bumi Aksara.

Suyudi, Agus & Yuliati, Lia. 2010. Penerapan Pembelajaran Inqury Training Model Dalam Upaya Meningkatkan Hands-On Activity Siswa SMPN 4 Malang. Jurnal Sains, 38 (02): 103-204.

Syarif, Erman. 2010. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Geografi Fmipa Unm Melalui Penerapan Metode Pemberian Tugas Secara Individu Untuk Analisis Data Kependudukan. Tesis tidak diterbitkan. Malang: PPS UM.




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v3i1.1308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Borneo Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN: 2599-3305

P-ISSN: 2615-4331

 

Contact Person:

Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd

Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Borneo Tarakan

Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Email: ubthumaniora@gmail.com

 

Indexing By:

DimensionsGarudaGoogle Scholar