KAJIAN NILAI PANCASILA DALAM TRADISI SENGUYUN MASYARAKAT DAYAK KENYA DI DESA SAJAU KECAMATAN TANJUNG PALAS TIMUR

Robert Robert, Jimmy N

Abstract


Rendahnya kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap Pancasila dan diikuti tidak adanya pengamalan Pancasila ke dalam kehidupan sehari-hari. Melemahnya sikap sosialis dan meningkatnya sikap individualis, melemahnya pemahaman masyarakat tentang nilai-nilai Pancasila dan menguatnya pemahaman radikalis, pembangunan berorientasi jangka pendek (pragmatis) dan partisipasi masyarakat tanpa pola serta kering dari spirit moralitas. Dalam jangka panjang kondisi ini dapat memperlemah pilar-pilar kehidupan berbangsa dan bernegara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi nilai-nilai Pancasila yang terdapat dalam tradisi dan nilai-nilai yang memperkuat kehidupan berbangsa dan bernegara melalui tradisi Senguyun masyarakat Dayak Kenya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bermaksud untuk memahami dan mendeskripsikan fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian secara holistik. Data berasal dari data primer dan sekunder yang diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi  masyarakat dalam tradisi senguyun. Hasil penelitian ini menemukan bahwa nilai – nilai Pancasila terdapat dalam tradisi Senguyun.

Keywords


Pancasila; Senguyun, Dayak Kenya

Full Text:

PDF

References


Mulyono. 2016. Pancasila Sebagai Orthodoksi Dan Orthopraksis Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara. Jurnal Humanika Vol. 23 No. 2 (2016) 40-48 ISSN 1412-9418.

Djiwandono, Soedjati. 1995. Setengah Abad Negara Pancasila (Tinjauan Kritis Ke Arah Pembaharuan). Jakarta. CSIS.

Kaelan & Zubaidi, Ahmad. 2007. Pendidikan Kewarganegaraan untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta. Paradigma.

Asmaroini. 2016. Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa Di Era Globalisasi. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan Vol. 4, No. 2, April 2016.

Supardan, Dadang. 2011. Pengantar Ilmu Sosial Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Jakarta. PT Bumi Aksara.

Najiyati, Sri dkk. 2005. Pemberdayaan Masyarakat di Lahan Gambut. Bogor. Wetlands International – Indonesia Programme.

Harlianingtyas, Margono & Winarno. (____). The Value Of Pancasila Reflected In The Ulur-Ulur Telaga Buret Traditional Ceremony, Sawo, Campurdarat District Tulungagung. Malang. Jurusan Hukum Dan Kewaganegaraan Prodi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang.

Damanhuri, dkk. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa. Untirta Civic Education Journal. Vol. 1, No. 2, Desember 2016, Hal. 185-198 ISSN : 2541-6693.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Hamidi. 2004. Metode Penelitian Kualitatif: Aplikasi Praktis Pembuatan Proposal dan Laporan Penelitian. Malang. UMM Press.

Bungin, Burhan. 2003. Analisa Data Penelitian Kualitatif: Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta. Raja Grafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v3i1.1314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Borneo Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN: 2599-3305

P-ISSN: 2615-4331

 

Contact Person:

Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd

Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Borneo Tarakan

Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Email: ubthumaniora@gmail.com