PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF POWER POINT PADA MATERI KESEIMBANGAN EKOSISTEM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VI DI SDN 016 TARAKAN

Donna Rhamdan, Angga Siftufila Helly Rindi, Andi Iting

Abstract


Salah satu kendala dalam proses pembelajaran adalah penggunaan media yang belum mampu menarik perhatian siswa. Penelitian bertujuan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas VI di SDN 016 Tarakan dengan penggunaan media pembelajaran interaktif power point pada materi keseimbangan ekosistem. Metode penelitian menggunakan korelasi atau penelitian sebab akibat. Berdasarkan hasil, dapat disimpulkan bahwa: Hasil analisis tabel descriptive statistics menampilkan rata-rata hitung (mean) dari distribusi penggunaan media 38,79 dan motivasi belajar rata-rata hitung (mean) sebesar 39,25. Dapat digambarkan jawaban responden dalam kategori kuat. Hasil perhitungan penggunaan media dalam meningkatkan motivasi belajar, dengan nilai masing-masing sebesar 0,708, r tabel N 28 = 0,423, berarti rhitung > rtabel. Untuk itu dapat dinyatakan bahwa penggunaan media dapat meningkatkan motivasi belajar. Hasil t hitung penggunaan media sebesar 5,118, menganalisis t tabel, dengan taraf signifikan 0,05 dk =28 maka t tabel sebesar 1,701 (5,118 > 1,976) berarti Ho di tolak dan Hi di terima, untuk itu Penggunaan Media dapat meningkatkan Motivasi Belajar.


Keywords


Penggunaan Media; Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Apriyanti dan Rikmasari. 2014. Pengaruh Penggunaan Media Kartunterhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Eksperimen Pada Siswa Kelas III Di SDN Jayasakti 06 Kecamatan Muaragembong Kabupaten Bekasi). Pedagogik Vol. II, No. 2.

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Azhar Arsyad. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Khoirul Anam. 2015. Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di Smp Bani Muqiman Bangkalan. Tadarus: Jurnal Pendidikan Islam/Vol. 4, No. 2. Kustandi, Cecep, dan Bambang Sutjipto. 2011. Media Pembelajaran; Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nawawi, Hadari. Hadari Martini. 2011. Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nunu Mahnun. 2012. Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam; Vol. 37, No. 1.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susilana, R. & Riyana, C. 2009. Media Pembelajaran : Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV. Wacana Prima.

Taniredja, Tukiran dan Hidayati Mustafidah. 2011. Penelitian Kuantitatif; Sebuah Pengantar. Jakarta: Alfabeta.

Uno, H. B. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v3i1.1315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Borneo Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN: 2599-3305

P-ISSN: 2615-4331

 

Contact Person:

Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd

Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Borneo Tarakan

Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Email: ubthumaniora@gmail.com

 

Indexing By:

DimensionsGarudaGoogle Scholar