ANALISIS POTENSI EKONOMI KABUPATEN TANA TIDUNG

Agus Tri Darmawanto, Mahdyana Tanra Setyaningrum

Abstract


Penelitian ini memiliki tiga tujuan utama yaitu untuk mengetahui sektor basis ekonomi yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Tana Tidung, untuk mengetahui sektor ekonomi yang mempunyai potensi daya saing kompetitif di Kabupaten Tana Tidung, dan untuk mengetahui sektor ekonomi yang mempunyai potensi daya saing kompetitif dan spesialisasi di Kabupaten Tana Tidung. Metode  penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah expost facto. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh Kabupaten/Kota DI Provinsi Kalimantan Utara. Sedangkan Sampel dalam penelitian ini adalah Kabupaten Tana Tidung. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakkan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini adalah data sekunder. Analisis dalam penelitian ini menggunakan LQ, MRP, Analisis Overlay dan Analisis Shift Share. Luaran yang ditargetkan dalam penelitian ini adalah artikel jurnal nasional ber ISSN. Hasil dalam penelitian ini Analisis LQ menunjukkan bahwa di Kabupaten Tana Tidung mempunyai 4 sektor basis, yaitu, sektor pertanian, sektor pertambangan, sektor konstruksi, dan sektor administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial. Analisis MRP dan Overlay menunjukkan bahwa sektor pertambangan merupakan sektor spesialisasi kegiatan ekonomi Kabupaten Tana Tidung. Adapun sektor yang kurang mempunyai daya saing kompetitif di Kabupaten Tana Tidung adalah sektor jasa perusahaan. Analisis Shift-Share menunjukkan bahwa sektor di Kabupaten Tana Tidung yang mempunyai kompetitif adalah sektor pertambangan; dan sektor jasa perusahaan, sedangkan sektor yang termasuk dalam keunggulan spesialisasi adalah sektor pertanian, sektor pertambangan, sektor konstruksi dan sektor adminitrasi pemerintahan.


Keywords


Analysis Overlay; Analysis Shift Share; Location Quotient (LQ); Metode Rasio Pertumbuhan (MRP); Potensi Ekonomi

Full Text:

PDF

References


Basuki, Agus Tri.2009. Analisis Potensi Unggulan Kabupaten Kepulauan Yapen dalam Menopang Pembangunan Provinsi Papua Tahun 2004-2008 dalam Unisia Vol XXXII No. 71. h. 5-19

Sabana, Choliq.2007. Analisis Pengembangan Kota Pekalongan sebagai Salah Satu Kawasan Andalan di Jawa Timur†Tesis S-2. Semarang: Jurusan Magister Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Program Pascasarjana Universitas Diponegoro Semarang.

Sugiyono, 2005. Metode Penelitia Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2014. Metode Penelitia Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v3i2.1867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Borneo Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN: 2599-3305

P-ISSN: 2615-4331

 

Contact Person:

Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd

Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Borneo Tarakan

Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Email: ubthumaniora@gmail.com

 

Indexing By:

DimensionsGarudaGoogle Scholar