PERBANDINGAN STRATEGI PEMBELAJARAN KNOW WANT TO KNOW-LEARNED (KWL) BERBANTUAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR DENGAN METODE BUNYI TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA SEKOLAH DASAR

nina rahmawarti, Kadek Dewi Wahyuni Andari

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan membaca permulaan dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Know-Want To Know-Learned (KWL) Berbantuan Media Buku Cerita Bergambar Dengan Metode Bunyi. Jenis penelitian ialah eksperimen semu yang dilaksanakan pada semester ganjil TA 2019/2020. Dengan populasi siswa kelas II dan sampel yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas II-B sebagai kelas eksperimen dan kelas II-A sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan membaca permulaan dengan menerapkan Strategi Pembelajaran Know-Want To Know-Learned (KWL) berbantuan Media Buku Cerita Bergambar dengan Metode Bunyi. Hasil uji coba independent sample t-test pada kemampuan membaca permulaan diperoleh thitung = 2,216 pada taraf signifikansi 0,05 dan df = 54, diperoleh ttabel = 2,004 berarti thitung > ttabel. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan membaca permulaan dengan menerapkan strategi pembelajaran Know-Want To Know-Learned (KWL) berbantuan media buku cerita bergambar dengan metode bunyi di kelas II SDN 006 Tarakan.

 

Kata Kunci: Membaca Permulaan, Media Buku Cerita Bergambar, Strategi Pembelajaran KWL

 

 

ABSTRACT

 

This study aimed to investigate if there was a difference in early reading ability between learners taught with the strategy of Know-Want To Know-Learned (KWL) which was assisted with Media Picture Story Book and those taught with sound method. This was a quasi-experimental research conducted in the 2019/2020 odd semester. The second grade students of SDN 006 Tarakan was the population of the study. The sample consisted of two classes, class II-B as the experimental group and class II-A as the control group. The results of independent sample t-test showed that the value of calculated t was 2.216, the significance level was 0.05, the df was 54, and the critical t was 2.004. it was known that the value of calculated t was greater than that of critical t. Thus, it was concluded that there was a difference in early reading ability between the second grade learners taught with the Know-Want To Know-Learned (KWL) learning method assisted with picture story book media and those taught with the sound method at the SDN 006 Tarakan.

 

Keywords: Early Reading, Media Picture Story Book, KWL Learning Strategies

Keywords


Early Reading, Media Picture Story Book, KWL Learning Strategies

Full Text:

PDF

References


Andari, K. D. W., Kartini, K., Agustina, D. A., & Febriani, N. (2020). Pengaruh Pembelajaran Saintifik Terhadap Keterampilan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Borneo Journal Of Biology Education (BJBE), 2(2), 101-112.

Aqib, Zainal. 2016. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Istiani, Romadhoni, Ninuk Sri Hartini, Rina Oktasari dan Herawati. 2018. Pengaruh pemberian media buku cerita bergambar terhadap peningkatan pengetahuan sayur dan buah pada siswa kelas dasar. Jurnal ilmu pendidikan. (Online), (eprints.poltekkesjogja.ac.id), diakses pada tanggal 24 februari 2019.

Handayani, D., Andari, K. D. W., & Bua, A. T. (2020). Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantuan Media Papan Baca Pintar Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan. Jurnal Pena Karakter (Jurnal Pendidikan Anak dan Karakter), 2(2), 8-15.

Herianti, H., Andari, K. D. W., & Boa, A. T. (2020). Perbandingan Kemampuan Membaca Permulaan Antara Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) Dengan Metode Global Berbantuan Media Gambar Di Kelas II SDN 045 Tarakan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 11-24.

Kharizmi. 2015. Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi. Jurnal ilmu pendidikan. (Online), (https://media.neliti.com), diakses pada tanggal 08 Maret 2019.

Mahmudi, Ihwan. 2019. Rubrik Analitik Penilaian Hasil Belajar Praktik Pendidikan Agama Islam. Jurnal ilmu pendidikan. (Online), (jurnalfai-uikabogor.org), diakses pada tanggal 25 April 2019.

Nurhadi. 2009. Dasar-Dasar Teori Membaca. Surabaya: JP Books.

Pemerintah Republik Indonesia. 2003. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasionalâ€.

Rahayuni, Ni Putu Arni, Agung Sri Asri dan Ni Wayan Suniasih. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Pair Check Berbasis Penilaian Kinerja Terhadap Kompetensi Pengatuan PKn. Jurnal ilmu pendidikan. (Online), (https://ejournal.undiksha.ac.id), diakses pada tanggal 25 April 2019.

Rahim, Farida. 2018. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sari, Irine Ananta Puspita. 2019. Model Pembelajaran Membaca pada Anak Usia Dini (Studi Kasus di Taman Kanak-Kanak Al-Hidayah Surabaya). Skripsi. (Online), (digilib.uinsby.ac.id), diakses pada tanggal 10 April 2019.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, Aini. 2015. Kemampuan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas II SDN 64/1 Muara Bulian. Skripsi. (Online), (https://www.google.com/url), diakses pada tanggal 13 Maret 2019.

Tarigan, Henry Guntur. 2015. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Taufina. 2017. Sumber Belajar Penunjang PLPG 2017 Kompetensi Profesional Mata Pelajaran : Guru Kelas SD. Jurnal ilmu pendidikan. (Online), (https://www.usd.ac.id), diakses pada tanggal 12 April 2019.




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v4i2.2247

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Borneo Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN: 2599-3305

P-ISSN: 2615-4331

 

Contact Person:

Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd

Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Borneo Tarakan

Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Email: ubthumaniora@gmail.com