PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI VOLUME BANGUN RUANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD SISWA KELAS VIA SDN 015 TARAKAN

Dewi Puspitasari

Abstract


Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Matematika materi volume bangun ruang pada siswa kelas VIA SDN 015 Tarakan. Penelitian ini digunakan untuk menjawab permasalahan, apakah penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi volume bangun ruang pada siswa kelas VIA SDN 015 Tarakan.

Subjek dalam penelitian ini  adalah siswa kelas VIA semester 2 SDN 015 Tarakan yang berjumlah 22 siswa, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 4 bulan mulai bulan Januari 2020 sampai bulan April 2020. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 3 kali siklus pembelajaran yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yakni, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes hasil belajar. Data dianalisis secara statistic deskriptif  menggunakan rumus persentase.

Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi volume bangun ruang pada siswa kelas VIA SDN 015 Tarakan tahun pelajaran 2019/2020. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan klasikal pada siklus I pertemuan 1 yang tuntas hanya 13 orang siswa atau 59,09%, sedangkan pada pertemuan berikutnya terjadi peningkatan yang signifikan hingga pada siklus III pertemuan 6 terdapat 20 siswa atau 90,91% mencapai ketuntasan dalam pembelajaran, demikian juga terjadi aktivitas siswa dan guru sangat aktif sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa telah mengalami peningkatan melalui model pembelajaran kooperatif Tipe STAD materi matematika bangun ruang siswa kelas VIA SD Negeri 015 Tarakan.


Keywords


Peningkatan hasil belajar; Kooperatif Tipe STAD

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.

Arikunto, Suharsimi & Suharjono & Supardi. 2006, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Burhanuddin. 1996. Pengantar Pedagogik. Bandung : Alfabeta.

Departemen Agama RI. 2001. Bahan Penataran (Modul Metodologi Pendidikan Agama Islam). Jakarta : Direktorat Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam.

Departemen Agama RI. 2004. Strategi Pembelajaran Matematika untuk Tingkat Madrasah Aliyah. Jakarta : Badan Litbang Agama dan Diklat Keagamaan Pusdiklat Teknis Keagamaan. Bandung : Kaifa.

De Porter, Bobbi. 2001. Quantum Teaching. Ba

Dinas Pendidikan Kota Tarakan. 2005. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Kelas VI Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah. Dinas Pendidikan Kota Tarakan

Hasibuan & Mujiono. 2004. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Ibrahim, dkk. 2002. Kegiatan Belajar Mengajar. Bandung : Rosdakarya.

James and James, Van. 1976. Mathematic Dictionary. Nostrand Rienhold : Johnson and Rising

Johnson dan Rising. 1972. Math on Call : A Mathematics Hanbook, Great Source. Education Group, Inc

Nor, Muhammad. 1998. Teori Pembelajaran Kognitif. Surabaya : PPS IKIP Surabaya.

Undang – Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003

Reys, dkk. 1984. Dasar – Dasar Matematika. Jakarta : Bumi Aksara

Riyanto, Yatim. 2001. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya : Penerbit SIC.. Jakarta : Cemerlang.

Suherman, Erman, dkk. 2001. Strategi Pembelajaran Matematika. Bandung : Alfabeta.

Wardani, I.G.A.K. 2005. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional.

Yuwono, Trisno & Abdullah Pius. 1994. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Praktis. Surabaya : Arkola.




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v5i1.2709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Borneo Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN: 2599-3305

P-ISSN: 2615-4331

 

Contact Person:

Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd

Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Borneo Tarakan

Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Email: ubthumaniora@gmail.com

 

Indexing By:

DimensionsGarudaGoogle Scholar