PENGARUH MEDIA LITERASI VISUAL DALAM MENULIS TEKS PADA SISWA KELAS IV SD INPRES BUNGASUNGGU KECAMATAN BIRING BULU KABUPATEN GOWA

Sri Rahayu, Ady Saputra

Abstract


Literasi visual menjadi hal penting dalam pemahaman suatu teks bahasa. Masalah utama dalam penelitian ini yaitu kurangnya pemanfaatan media dalam pembelajaran. Jenis Penelitian Eksperimen ini mendeskripsikan bagaimana pengaruh media literasi visual dalam menulis teks siswa Kelas IV SD Inpres Bungasunggu Kabupaten Gowa dan bertujuan untuk mengetahui Penggunaan Media literasi visual terhadap menulis teks siswa Kelas IV SD Inpres Bungasunggu Kabupaten Gowa. Sampel dan populasi adalah murid kelas IV SD Inpres Bungasunggu Kabupaten Gowa yang masing-masing berjumlah 10 murid. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media literasi visual terhadap siswa. Hasil penelitian adalah pembelajaran dengan media literasi visual telah terlaksana dengan baik, murid yang termasuk dalam kriteria minat belajar tinggi mencapai 90%, diperoleh t Hitung = 1,811 dan t Tabel = 2,262 maka diperoleh t Hitung > t Tabel atau 1,811 > 2,262 Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media literai visual dalam pembelajaran berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks  siswa kelas V SD Inpres Bungasunggu Kabupaten Gowa.


Keywords


Literasi Visual; Keterampilan Menulis Teks

Full Text:

PDF

References


Barokah, E. (2021). Penerapan Penggunaan Telegram dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Meningkatkan Kemampuan dan Hasil Belajar pada Teks Hikayat. Jurnal Pendidikan Dan Kewirausahaan, 9(2), 309–325. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i2.248

Daulay, S. H. (2021). Literasi Digital: Pentingkah di Masa Pandemi Covid-19. Waktunya Merdeka Belajar, 179–187.

Hardiyanti, T., Sari, T. N., Fitriansah, N., & Inayah, A. A. (2012). APLIKASI MASTER OF TEACHER WEBSITE (MOTWeb) BERBASIS E‐LEARNING SEBAGAI SISTEM PENINGKATAN KOMPETENSI GURU UNTUK MEMPERBAIKI KUALITAS GURU INDONESIA. Pelita - Jurnal Penelitian Mahasiswa UNY, 7(1).

Mukhid, A. (2021). Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif. Jakad Media Publishing.

Porter, D., & Tarigan, M. (n.d.). PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI STRATEGI MEMBACA EKSPRESIF.




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v5i1.2710

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Borneo Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN: 2599-3305

P-ISSN: 2615-4331

 

Contact Person:

Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd

Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Borneo Tarakan

Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Email: ubthumaniora@gmail.com

 

Indexing By:

DimensionsGarudaGoogle Scholar