PENERAPAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II DI SDN 029 TARAKAN
Abstract
menerapkan media Teka-Teki Silang. Jenis penelitian ini digunakan jenis penelitian tindakan
kelas dalam pembelajaran tahun pembelajaran 2021/2022 dengan subjek penelitian kelas II D
yang terdiri dari 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan prosedur
siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa dengan penerapan media teka-teki silang dapat meningkatkan
kemampuan membaca permulaan siswa kelas II di SDN 029 Tarakan. Pada siklus I hasil tes
kemampuan membaca permulaan siswa diperoleh nilai sebesar 64% siswa yang tuntas dari
jumlah keseluruhan siswa, pada aspek afektif diperoleh data sebesar 61% siswa yang tuntas,
dan aspek psikomotorik diperoleh data sebesar 78% siswa yang tuntas. Kemudian pada siklus
II mengalami peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa mencapai nilai sebesar 82
% siswa yang tuntas dari hasil tes, pada aspek afektif diperoleh data sebesar 82% siswa yang
tuntas dan aspek psikomotorik diperoleh data sebesar 89% siswa yang tuntas. Adapun hasil
tes kemampuan membaca permulaan siswa, aspek afektif dan aspek psikomotorik telah
mencapai indikator keberhasilan sehingga penelitian ini dikatakan berhasil dalam
meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II di SDN 029 Tarakan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin dkk. (2021). Kajian Tentang
Keaktikan Belajar Siswa Dengan
Media Teka-Teki Silang Pda
Pembelajaran IPS SD. Vol. 8, No.1
Amir, M. F., & Sartika, S. B. (2017). Buku
Ajar Metodologi Penelitian Dasar
Bidang Pendidikan. Umsida Press.
Ardiyanti, Lia. (2015). Peningkatan
Keterampilan Membaca Permulaan
Melalui Metode Kata Lembaga
Siswa Kelas I SD Karanggayan
Kecamatan Pleret Kabupaten
Bantul.
Arikunto dkk. (2014). Penelitian tindakan
kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Elfanany, B. (2013). Penelitian tindakan
kelas. Yogyakarta : Penerbit Araska.
Irdawati, I., Yunidar, Y., & Darmawan, D.
(2014). Meningkatkan Kemampuan
Membaca Permulaan Dengan
Menggunakan Media Gambar Kelas
di Min Buol. Jurnal Kreatif
Online, 5(4).
Munthe, A. P., & Sitinjak, J. V. (2018).
Manfaat Serta Kendala Menerapkan
Flashcard Pada Pelajaran Membaca
Permulaan. Jurnal Dinamika
Pendidikan, 11(3), 210-288.
Musodah, A. (2014). Peningkatan
Kemampuan Membaca Permulaan
Melalui Media Kartu Kata
Bergambar Pada Anak Kelompok
B2 Ra Ma’arif Nu Karang Tengah
Kartanegara Purbalingga.
Oktavia, A. (2017). Meningkatkan Hasil
Belajar Siswa Mata Pelajaran
Matematika Menggunakan Metode
Demonstrasi di Kelas VB SD
Negeri 2 Sukajawa Bandar
Lampung.
Pramesti, U. D. (2015). Peningkatan
Penguasaan Kosakata Bahasa
Indonesia Dalam Keterampilan
Membaca Melalui Teka-Teki Silang
Di Kelas VI SDN Surakarta 2,
Kecamatan Suraneggala, Kabupaten
Cirebon, Jawa Barat. Jurnal Puitika,
Volume 11 No, 1.
Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar.
Yogyakarta
Rantika, R. (2016). Penggunaan Media
Teka Teki
Silang Dalam
Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Kelas II Pada Pembelajaran Bahasa
Arab Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul
Iman Pengabuan Kabupaten Pali.
Septiyani, W. (2019). Pengaruh Metode
Kata Lembaga Dengan Media Big
Book Bergambar Terhadap
Keterampilan Membaca Permulaan.
DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v5i2.2944
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Borneo Humaniora
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-ISSN: 2599-3305
P-ISSN: 2615-4331
Contact Person:
Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd
Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Borneo Tarakan
Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara
Email: ubthumaniora@gmail.com