PENERAPAN MEDIA TEKA-TEKI SILANG DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN SISWA KELAS II DI SDN 029 TARAKAN

Asmawati Asmawati, Ady Saputra, Degi Alrinda Agustina, Kartini Kartini, Mety Toding Bua, Sivora Sivora

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa dengan
menerapkan media Teka-Teki Silang. Jenis penelitian ini digunakan jenis penelitian tindakan
kelas dalam pembelajaran tahun pembelajaran 2021/2022 dengan subjek penelitian kelas II D
yang terdiri dari 28 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus dengan prosedur
siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa dengan penerapan media teka-teki silang dapat meningkatkan
kemampuan membaca permulaan siswa kelas II di SDN 029 Tarakan. Pada siklus I hasil tes
kemampuan membaca permulaan siswa diperoleh nilai sebesar 64% siswa yang tuntas dari
jumlah keseluruhan siswa, pada aspek afektif diperoleh data sebesar 61% siswa yang tuntas,
dan aspek psikomotorik diperoleh data sebesar 78% siswa yang tuntas. Kemudian pada siklus
II mengalami peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa mencapai nilai sebesar 82
% siswa yang tuntas dari hasil tes, pada aspek afektif diperoleh data sebesar 82% siswa yang
tuntas dan aspek psikomotorik diperoleh data sebesar 89% siswa yang tuntas. Adapun hasil
tes kemampuan membaca permulaan siswa, aspek afektif dan aspek psikomotorik telah
mencapai indikator keberhasilan sehingga penelitian ini dikatakan berhasil dalam
meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II di SDN 029 Tarakan.

Keywords


Membaca; Media; Bahasa

Full Text:

PDF

References


Agustin dkk. (2021). Kajian Tentang

Keaktikan Belajar Siswa Dengan

Media Teka-Teki Silang Pda

Pembelajaran IPS SD. Vol. 8, No.1

Amir, M. F., & Sartika, S. B. (2017). Buku

Ajar Metodologi Penelitian Dasar

Bidang Pendidikan. Umsida Press.

Ardiyanti, Lia. (2015). Peningkatan

Keterampilan Membaca Permulaan

Melalui Metode Kata Lembaga

Siswa Kelas I SD Karanggayan

Kecamatan Pleret Kabupaten

Bantul.

Arikunto dkk. (2014). Penelitian tindakan

kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Elfanany, B. (2013). Penelitian tindakan

kelas. Yogyakarta : Penerbit Araska.

Irdawati, I., Yunidar, Y., & Darmawan, D.

(2014). Meningkatkan Kemampuan

Membaca Permulaan Dengan

Menggunakan Media Gambar Kelas

di Min Buol. Jurnal Kreatif

Online, 5(4).

Munthe, A. P., & Sitinjak, J. V. (2018).

Manfaat Serta Kendala Menerapkan

Flashcard Pada Pelajaran Membaca

Permulaan. Jurnal Dinamika

Pendidikan, 11(3), 210-288.

Musodah, A. (2014). Peningkatan

Kemampuan Membaca Permulaan

Melalui Media Kartu Kata

Bergambar Pada Anak Kelompok

B2 Ra Ma’arif Nu Karang Tengah

Kartanegara Purbalingga.

Oktavia, A. (2017). Meningkatkan Hasil

Belajar Siswa Mata Pelajaran

Matematika Menggunakan Metode

Demonstrasi di Kelas VB SD

Negeri 2 Sukajawa Bandar

Lampung.

Pramesti, U. D. (2015). Peningkatan

Penguasaan Kosakata Bahasa

Indonesia Dalam Keterampilan

Membaca Melalui Teka-Teki Silang

Di Kelas VI SDN Surakarta 2,

Kecamatan Suraneggala, Kabupaten

Cirebon, Jawa Barat. Jurnal Puitika,

Volume 11 No, 1.

Purwanto. (2016). Evaluasi Hasil Belajar.

Yogyakarta

Rantika, R. (2016). Penggunaan Media

Teka Teki

Silang Dalam

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Kelas II Pada Pembelajaran Bahasa

Arab Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul

Iman Pengabuan Kabupaten Pali.

Septiyani, W. (2019). Pengaruh Metode

Kata Lembaga Dengan Media Big

Book Bergambar Terhadap

Keterampilan Membaca Permulaan.




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v5i2.2944

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Borneo Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN: 2599-3305

P-ISSN: 2615-4331

 

Contact Person:

Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd

Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Borneo Tarakan

Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Email: ubthumaniora@gmail.com