PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN MENGGUNAKAN PERPADUAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM DENGAN GOOGLE MEET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PAJAK PENGHASILAN PASAL 21

Murniyati Nurdin

Abstract


Dunia dikejutkan dengan mewabahnya virus corona yang berasal dari Cina tepatnya di kota Wuhan. Pada bulan Oktober 2019 virus corona meluluh lantakkan Cina, kemudian dalam sekejap sudah merebak ke seluruh penjuru dunia. COVID-19 (Corona Virus Disease 2019) oleh organisasi kesehatan dunia (WHO) dinyatakan sebagai pendemi internasional. Pembelajaran yang awalnya dilakukan secara tatap muka kini harus dilakukan secara daring.Pendekatan inkuiri merupakan metode pembelajaran yang berupaya menanamkan dasar-dasar berfikir ilmiah pada diri siswa, sehingga dalam proses pembelajaran ini siswa lebih banyak belajar sendiri, mengembangkan kreativitas dalam memecahkan masalah. menerapkan pendekatan pembelajaran inkuiri dengan materi PPh pasal 21 siswa berada dirumah mengerjakan tugas dengan mencari sendiri jawaban dimasa pandemi covid-19 ini mengerjakan dirumah menjawab persoalan dan tugas yang diberikan dengan menggunakan daring melalui aplikasi Google Classroom dengan Google Meet untuk meningkatkan hasil belajar siswa di era Pandemi ini. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) dengan empat kegiatan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan, observasi,  dan  refleksi.  Alasan  memilih  PTK karena  dapat  meningkatkan kinerja guru sehingga menjadi   profesional. Teknik   pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes kepada siswa dan dengan observasi pada aktivitas guru dan siswa yang dilakukan oleh seorang observer. Berdasarkan hasil penelitan   peningkatan ketuntasan hasil belajar materi PPh pasal 21 dari 64 % pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 88 % pada siklus II. Aktivitas guru berdasarkan data observasi dari 66 % pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 73 % pada siklus II. Aktivitas siswa dari 84 % pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 90 % pada siklus II. dari data kenaikan ketuntasan hasil belajar sebesar 88 % .Dari  hasil penelitian ini adalah Penerapan Pendekatan Pembelajaran Inkuiri dengan Menggunakan Perpaduan Aplikasi Google Classroom dengan Google Meet mengalami peningkatkan Hasil Belajar Materi Pajak Penghasilan Pasal 21 kelas XI  Akuntansi dan Keuangan Lembaga 1 di SMK Negeri 1 Tarakan.

Keywords


Pembelajaran Inkuiri; Google Classroom; Google Meet; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Arends R .I. 2008. Learning to teach. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.

Arifin, Arifin. "Pendidikan Multikultural: Ideologi Pembelajaran Dan Pengajaran di Sekolah." Jurnal Borneo Humaniora 4.2 (2021): 96-102.

Azhar Arsyad, M.A. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Djamarah, BS dan A. Zain. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. 2003. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Iskandar, 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jambi Gaung Persada Press

Jusuf, Al Haryono, 2002. Dasar-DasaAkuntansi. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu ekonomi YKPN.

Mutiara, N., Daniel, D., & Arifin, A. (2022). The Ninth-Grade Students'perception on Teaching English Through Jigsaw Method In Efl At Smpn 1 Tarakan. Jurnal Cakrawala Ilmiah, 2 (4), 1381-1390.

Prayitno. (2012). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: FIP Universitas Negeri Padang

Purba, R., Siregar, A., & Siahaan, R. (2020). Pembelajaran Berbasis Google Classroom, Geoogle Meet Dan Zoom Guru Smp Negeri 2 Batubara BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 410-416.

Riyanto, Yatim. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Kuningan: SIC

Ruang muda (tt) Menggunakan Google Meet. Retrieved from https://ruangmuda.com/cara- menggunakan-google-meet/ Diakses 10 Oktober 2020

Rohmah, S., Masruri, M., Alwi, M., Arini, I., & Arifin, A. (2022). Manajemen Pendidikan Berbasis Moderasi Beragama Dan Implementasi Praktisnya Di Era Digital. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 6062-6071.

Sabran, & Sabara, E. (2019). Keefektifan Google Classroom sebagai media pembelajaran.

Siswono, 2008 Tindakan Kelas untukGuru dan Calon guru: Surabaya. Unesa University Press.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT Asdi Mahasatya

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiono, 2006. Metode Penelitian Administrasi : Bandung: Alfabet

Trianto. 2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik.Jakarta:PrestasiPustaka.

Trianto. 2011. Mendesain model pembelajaran inovatif progresif. Jakarta: Kencana Predana media.

Uno, H. B. 2007. Teori Motivasi dan Pengukurannya “Analisis di Bidang Pendidikanâ€. Jakarta: Bumi Aksara.

Umi Hartati, Widada. 2012. Aneka Permainan Seru Pendidikan karakter.Yogyakarta : Pustaka Diantara.

Wahidmurni, mustikawan, Ridho. 2010. Evaluasi Pembelajaran kompetensi danPraktek. Yogyakarta : Nuha litera.




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v6i1.3606

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Borneo Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN: 2599-3305

P-ISSN: 2615-4331

 

Contact Person:

Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd

Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Borneo Tarakan

Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Email: ubthumaniora@gmail.com