PERAN PEMERINTAH DESA DALAM MENDUKUNG PENDIDIKAN ANAK-ANAK DESA TERPENCIL

wahyudi wahyudi, Mahdiansyah Mahdiansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pemerintah desa dalam mendukung pendidikan Masyarakat Desa Terpencil melalui berbagai program kegiatan yang dilakukan secara terstruktur. Jenis Penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan model studi kasus pada Desa Long Pada Kecamatan Sungai Tubu Kabupaten Malinau sebagai salah satu desa dengan kategori wilayah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) atau terpencil. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah kepala desa, aparat desa, dan masyarakat Long Pada khususnya yang masuk usia sekolah. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui kondisi pendidikan di Desa Long Pada yang memiliki banyak masalah seperti kurangnya sarana-prasarana pendidikan dan putus sekolah. Peran Pemerintah Desa dalam menyelesaikan  masalah antara lain sebagai motivator dengan memberikan motivasi kepada orang tua siswa dan anak-anak agar tetap rajin sekolah agar dapat meraih cita-cita, sebagai mobilisator yaitu menggerakkan masyarakat agar sadar dan peduli pentingnya pendidikan dengan cara saling membantu, dan sebagai fasilitator yaitu memberikan layanan pendidikan kepengurusan Surat keterangan tidak mampu dan surat rekomendasi untuk kepengurusan program Paket maupun program beasiswa “Desa Sarjanaâ€.


Keywords


Pemerintah Desa, Pendidikan, Daerah Terpencil

Full Text:

PDF

References


Arsita, I., Syafruddin., & Ilyas, M. (2022). Anak putus sekolah. (studi kasus di Masyarakat Desa Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat. Jurnal Pendidikan Sosial Keberagaman, 9(1), 43–48. https://doi.org/htpps://doi.org/10.29303/jidiksiam.v 9i1.182.

Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. (2018). Research Methods in Education (8th ed.). Routledge.

Downes, N & Robert, P. (2018). Revisiting The Schoolhouse: A Literature Review On Staffing Rural, Remote and Isolated Schools In Australia 2004-2016. Australian and International Journal of Rural Education, 28(1), 31–54. https://doi.org/https://doi/10.3316/informit.266568991636396.

Falah, A.1 & Hadna, A. (2022). Problematika Pendidikan Masa Pandemi di Indonesia pada Daerah 3-T (Terluar, Tertinggal, Terdepan). Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(2), 164–185. https://doi.org/https://doi.org/10.24832/jpnk.v7i2.2997

Fatmawati, N., Mappincara, A., & Habibah, S. (2019). Pemanfaatan Dan Pemeliharaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan. (studi kasus SMP Negeri 7 Makassar).. Jurnal Ilmu Pendidikan Keguruan Dan Pembelajaran, 3(2), 115–121. https://ojs.unm.ac.id.

Firdaus, Sulfasyah, & Nur, H. (2018). Diskriminasi Pendidikan Masyarakat Terpencil. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 6(1), 33–43. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v6i1.1796

Hasdinawati., Syamsuddin., & Syufarma. (2022). Keterlibatan Pemerintah Desa dalam Mendukung Kualitas Pendidikan di Desa Polewali. Jurnal Ilmiah Administatia, 13(1), 45–52.

Hermino & Arifin, I. (2020). Contextual Character Education for Students in The Senior High School. European Journal of Educational Research, 9(3), 1009–1023. https://doi.org/https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.3.1009.

Kurnisar., Mulyadi., & Rahmatullah, E. (2017). Tugas dan Wewenang Kepala Desa dalam Pendidikan Formal di Desa Ulak Kembahang 2 Kecamatan Pemulutan Barat Kabupaten Ogan Ilir. (Study Kasus Desa Ulak Kembahang 2 Kecamatan Pemulatan Barat Kabupaten Ogan Ilir). Jurnal Association Profession Of Pancasila And Sivic Education., 6(3), 108–115. https://doi.org/https://doi.org/10.36706/jbti.vi2.4544.

Mirna, W., & Rossa, M. (2021). Pemanfaatan Dana Desa dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Gampong Simpang Beutong Kecamatan Muara Tiga Kabupaten Pidie. (Studi Kasus Gampong Beutong Kecamatan Muara Tiga Kabupaten Pidie). Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 9(2), 537–544. https://unduksha.ac.id/journal.php

Nugroho, E.D., & Vlorensius. (2018). Pemberdayaan Masyarakat Desa Long Bila Dan Desa Pulau Sapi Kabupaten Malinau Melalui Optimalisasi Potensi Lokal Melalui Revolusi Mental Mewujudkan Desa Mandiri Dan Melayani. JPMB: Jurnal Pengabdian Masyarakat Borneo, 2(1), 2(1), 51–59. https://doi.org/https://doi.org/10.35334/jpmb/v2i1.423.

Pawestri, A., & Nugroho, L. D. (2017). Penguatan Peran Pemerintah Desa Untuk Mendorong Kesadaran Masyarakat dalam Menempuh Pendidikan Minimal 12 Tahun Sebagai Bagian dari Perwujudan Hak Anak (Study Pada Kabupaten Bangkalan). Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 10(2), 112–121. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/pamator.V 1012.4145.

Puslitjakdikbud. (2018). Model Penyelenggaraan Pendidikan untuk Daerah 3T berbasis Kearifan Lokal. Kementrian Pendidikan Kebudayaan.

Raharjo, M. (2022). Adminitrasi Pemerintah Desa di Indonesia, Teori, Regulasi, dan Implementasi. Gama Media.

Setiawan, A. (2022). Pemerintah Desa (Partisipasi dalam Perencanaan Pembangunan Daerah. Deepublish.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Syam, A.B., & Ramlawati. (2017). Efektivitas Peran Pemerintah Desa Dalam Menekan Angka Putus Sekolah Di Desa Batulappa Kecamatan Patimpeng Kabupaten Bone. Jurnal Administratia, 8(2), 95–110.




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v6i2.4926

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Borneo Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN: 2599-3305

P-ISSN: 2615-4331

 

Contact Person:

Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd

Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Borneo Tarakan

Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Email: ubthumaniora@gmail.com