ANALISIS GANGGUAN FONOLOGIS PADA PENYANDANG TUNARUNGU: STUDI KASUS MELALUI MEDIA SOSIAL
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini fokus pada gangguan berbahasa dalam kemampuan produksi fonologis, yaitu bunyi vokal dan konsonan dalam bahasa Indonesia pada penyandang tunarungu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini berupa tuturan yang dihasilkan penyandang tunarungu dalam berkomunikasi verbal. Sumber data penelitian ini adalah seorang kreator konten di media sosial Tik Tok yang bernama Assyifa Dindha dalam akun tiktoknya @assyiffadindha yang merupakan penyandang tunarungu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak dan catat. Dari data yang disajikan pada tabel, setiap pemahaman yang diucapkan mengalami perubahan dan hilangnya fonem di dalamnya. Jadi hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Assyifa Dindha kesulitan dalam melafalkan bunyi-bunyi fonem yang dihasilkan dari interaksi kedua bibir yang dikatupkan, dengan udara dikeluarkan dari rongga hidung atau disebut hidung (disengaukan).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akhyaruddin, Harahap, E. P., & Yusra, H. (2020). Bahan ajar fonologi.
Alpira Sapitri, N., Mukhlis, N., Ulum, F., Bayhaqi, B., & Firmansyah, D. (2023). Analisis gangguan berbicara pada penyandang tunarungu. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3, 6454–6463.
Dian Faradilla, N., & Purnamasari, D. (2023). Peran aplikasi TikTok dalam mengedukasi bahasa isyarat melalui komunikasi formal, informal, dan simbolik. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(1), 81–97. https://doi.org/10.21009/communicology.031.06
Haliza, N., Kuntarto, E., & Kusmana, A. (2020). Vocabulary acquisition by deaf children: Indonesian word classes in SDLB Karya Mulia II Surabaya: Psycholinguistics studies. Jermal, 1(2), 89–97.
Pohan, D. D., & Fitria, U. S. (2021). Types of communication. In Digital communication over fading channels (Vol. 2, pp. 45–79). https://doi.org/10.1002/0471715220.ch3
Siki, F. (2024). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia pada kegiatan story telling mahasiswa Universitas Terbuka Kefamenanu. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 4(2), 385–393. https://doi.org/10.37481/jmh.v4i2.805
Subihah, S., Rosidin, O. ., & Juansah, D. E. (2024). Analisis gangguan berbahasa pada penyandang tunarungu. Jurnal Basataka (JBT), 7(1), 181–187. https://doi.org/10.36277/basataka.v7i1.425
Sugiyono. (2020). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D.
Suriata, S. (2023). Pengembangan media Kotak Nusantara untuk meningkatkan kesadaran budaya siswa sekolah dasar di Kota Tarakan. Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo, 4(2), 42–50. http://ojs.borneo.ac.id/ojs/index.php/JBKB
DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v8i1.6473
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Borneo Humaniora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
E-ISSN: 2599-3305
P-ISSN: 2615-4331
Contact Person:
Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd
Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Universitas Borneo Tarakan
Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara
Email: ubthumaniora@gmail.com




