ANALISIS GANGGUAN FONOLOGIS PADA PENYANDANG TUNARUNGU: STUDI KASUS MELALUI MEDIA SOSIAL

Novya Lucky

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini fokus pada gangguan berbahasa dalam kemampuan produksi fonologis, yaitu bunyi vokal dan konsonan dalam bahasa Indonesia pada penyandang tunarungu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini berupa tuturan yang dihasilkan penyandang tunarungu dalam berkomunikasi verbal. Sumber data penelitian ini adalah seorang kreator konten di media sosial Tik Tok yang bernama Assyifa Dindha dalam akun tiktoknya @assyiffadindha yang merupakan penyandang tunarungu. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak dan catat. Dari data yang disajikan pada tabel, setiap pemahaman yang diucapkan mengalami perubahan dan hilangnya fonem di dalamnya. Jadi hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Assyifa Dindha kesulitan dalam melafalkan bunyi-bunyi fonem yang dihasilkan dari interaksi kedua bibir yang dikatupkan, dengan udara dikeluarkan dari rongga hidung atau disebut hidung (disengaukan).


Keywords


Kata kunci: Fonologis; gangguan; tunarungu.

Full Text:

PDF

References


Akhyaruddin, Harahap, E. P., & Yusra, H. (2020). Bahan ajar fonologi.

Alpira Sapitri, N., Mukhlis, N., Ulum, F., Bayhaqi, B., & Firmansyah, D. (2023). Analisis gangguan berbicara pada penyandang tunarungu. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3, 6454–6463.

Dian Faradilla, N., & Purnamasari, D. (2023). Peran aplikasi TikTok dalam mengedukasi bahasa isyarat melalui komunikasi formal, informal, dan simbolik. Communicology: Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(1), 81–97. https://doi.org/10.21009/communicology.031.06

Haliza, N., Kuntarto, E., & Kusmana, A. (2020). Vocabulary acquisition by deaf children: Indonesian word classes in SDLB Karya Mulia II Surabaya: Psycholinguistics studies. Jermal, 1(2), 89–97.

Pohan, D. D., & Fitria, U. S. (2021). Types of communication. In Digital communication over fading channels (Vol. 2, pp. 45–79). https://doi.org/10.1002/0471715220.ch3

Siki, F. (2024). Analisis kesalahan berbahasa Indonesia pada kegiatan story telling mahasiswa Universitas Terbuka Kefamenanu. AKADEMIK: Jurnal Mahasiswa Humanis, 4(2), 385–393. https://doi.org/10.37481/jmh.v4i2.805

Subihah, S., Rosidin, O. ., & Juansah, D. E. (2024). Analisis gangguan berbahasa pada penyandang tunarungu. Jurnal Basataka (JBT), 7(1), 181–187. https://doi.org/10.36277/basataka.v7i1.425

Sugiyono. (2020). Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D.

Suriata, S. (2023). Pengembangan media Kotak Nusantara untuk meningkatkan kesadaran budaya siswa sekolah dasar di Kota Tarakan. Jurnal Bimbingan dan Konseling Borneo, 4(2), 42–50. http://ojs.borneo.ac.id/ojs/index.php/JBKB




DOI: https://doi.org/10.35334/borneo_humaniora.v8i1.6473

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Borneo Humaniora

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN: 2599-3305

P-ISSN: 2615-4331

 

Contact Person:

Farid Helmi Setyawan, S.Pd., M.Pd

Mardyanto Barumbun, S.Pd., M.Sc

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Universitas Borneo Tarakan

Jalan Amal Lama No. 1, Kelurahan Pantai Amal, Kecamatan Tarakan Timur, Kota Tarakan, Kalimantan Utara

Email: ubthumaniora@gmail.com